Low Vision – Penurunan ketajaman penglihatan bisa menghambat seseorang melakukan aktivitasnya. Seperti yang terjadi pada kasus kehilangan penglihatan akibat low vision, yang mana seringkali tidak dapat diperbaiki. Meski begitu, kondisi tersebut bukanlah kebutaan atau kehilangan visual secara total. Karena pada kasus low vision masih ada penglihatan terbatas yang tersisa. Penting mencegah low vision untuk tetap mempertahankan kemampuan visual secara optimal.

Apa Pengertian dari Low Vision?

Low vision atau yang diketahui juga sebagai penglihatan rendah merupakan kondisi kehilangan penglihatan secara signifikan. Penurunan ketajaman penglihatan tersebut umumnya terjadi bertahap dan tidak bisa diperbaiki hanya dengan penanganan konvensional. Masalah penglihatan low vision membutuhkan penanganan yang lebih intensif seperti rehabilitasi penglihatan rendah. Terjadinya penurunan ketajaman penglihatan hingga kehilangan penglihatan ini tidak termasuk dalam kategori kebutaan total. Ini karena pada kasus low vision masih ada sebagian penglihatan dan terkadang masih dapat diperbaiki menggunakan alat bantu penglihatan.

Low vision yang disebut juga dengan penglihatan rendah mencakup berbagai tingkat kehilangan penglihatan. Dimana tingkat kehilangan penglihatan tersebut mulai dari titik buta, penglihatan malam yang buruk, permasalahan silau hingga kehilangan penglihatan yang hampir seluruhnya. Secara umum, low vision didefinisikan menjadi dua kategori yaitu terlihat Sebagian dan legally blind. Pada kondisi terlihat Sebagian, seseorang memiliki ketajaman visual antara 20/70 dan 20/200. Sedangkan pada kategori legally blind, seseorang memiliki ketajaman visual tidak lebih baik dari 20/200 dengan koreksi konvensional.

Siapa Saja yang Berisiko Mengalami Low Vision?

Low vision bisa dialami oleh siapa saja. Meski demikian, risiko low vision lebih tinggi beberapa kasus. Seperti kondisi tertentu dan cedera yang dapat mempengaruhi kemampuan visual. Kelainan mata terkait dengan usia seperti degenerasi makula, glaukoma dan katarak juga berisiko terhadap munculnya low vision. Dimana gangguan penglihatan low vision lebih sering terjadi pada orang dewasa dengan usia 45 tahun ke atas. Dan resikonya lebih tinggi pada lansia serta mereka yang memiliki riwayat medis gangguan kesehatan mata.

Kenali Jenis Low Vision

Ada banyak penyebab low vision yang bisa memunculkan gejala berbeda. Mulai dari gangguan mata atau cedera yang dapat mempengaruhi mata. Penyebab paling umum low vision termasuk degenerasi makula terkait usia, diabetes dan glaukoma. Tidak hanya itu, kanker mata, cedera otak, atau gangguan mata bawaan juga bisa menyebabkan low vision. Dimana kemudian hal tersebut bisa memunculkan jenis low vision yang berbeda, seperti:

Baca Juga: Pelajari tentang Mata Minus dan Berbagai Tandanya

  • Kehilangan penglihatan sentral, dimana pada pusat penglihatan terdapat titik buta
  • Kehilangan penglihatan tepi (samping) yang menyebabkan seseorang tidak bisa untuk melihat apapun di kedua sisi, di atas, atau di bawah ketinggian mata.
  • Kebutaan malam yang mengakibatkan seseorang tidak dapat untuk melihat pada area yang kurang cahaya seperti teater, serta di luar pada malam hari.
  • Penglihatan kabur yang menyebabkan objek dekat maupun jauh tampak tidak fokus.
  • Seluruh bidang penglihatan terlihat seperti ditutupi film atau silau.

Low Vision Treatment Solusi Penglihatan Rendah

Bagi anda dengan masalah penglihatan low vision, maka penting untuk segera melakukan Tindakan pengobatan. Sehingga, anda masih bisa mempertahankan kemampuan penglihatan dengan sebaik mungkin. Solusi untuk permasalahan penglihatan tersebut yaitu dengan low vision treatment. Low Vision Treatment atau bisa disebut sebagai rehabilitasi mata bertujuan untuk memperbaiki gangguan penglihatan lemah.

Low Vision Treatment merupakan salah satu cara yang efektif untuk dapat memaksimalkan penglihatan yang ada. Pada prosedur pengobatan ini akan digunakan optical device seperti teleskop untuk melihat jauh lebih jelas. Low Vision Device disediakan untuk membantu terlaksananya rehabilitas penglihatan rendah secara maksimal yang disesuaikan dengan kebutuhan penglihatan pasien.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata.