Terapi Mata Minus – Penglihatan menjadi hal penting bagi setiap orang untuk bisa menjalankan aktivitasnya dengan baik. Gangguan penglihatan tentu akan memengaruhi aktivitas yang sedang anda lakukan. Dewasa ini, mata minus menjadi salah satu masalah serta gangguan penglihatan yang umum terjadi. Bahakan anak-anak sudah mulai menderita mata minus di usia yang masih muda. Untuk itu, diperlukan pengetahuan yang cukup mengenai mata minus dan langkah pencegahannya.

Apa Itu Mata Minus?

Mata minus adalah suatu kelainan refraksi yang memungkinkan individu melihat objek dari dekat, sedangkan objek yang jauh tampak buram dan tidak fokus.  Alasan kesalahan fokus ini bisa terjadi adalah bentuk mata. Pada saat mata berkembang dan tumbuh, mata bisa memanjang atau permukaan bola mata bisa melengkung. Hal tersebut yang kemudian menyebabkan sinar cahaya yang masuk terfokus pada suatu titik di depan retina, bukan langsung pada permukaannya. Mata minus bisa didiagnosis dengan pemeriksaan mata dasar, yaitu pemeriksaan yang meliputi penilaian refraksi dan pemeriksaan untuk kesehatan mata.

Pengobatan Untuk Mata Minus

Tujuan mengobati mata minus adalah untuk meningkatkan penglihatan. Ini dilakukan dengan membantu mata memfokuskan cahaya pada retina Anda melalui penggunaan lensa korektif dan lainnya. Mengelola kondisi mata minus juga mencakup pemantauan rutin. Yaitu untuk mengetahui komplikasi kondisi, termasuk glaukoma, katarak, robekan dan pelepasan retina, dan kerusakan pada area retina sentral. Berikut ini pengobatan umum yang dilakukan untuk penderita mata minus.

·       Kacamata

Ini adalah cara sederhana dan aman untuk mempertajam penglihatan yang buram akibat mata minus.

·       Lensa kontak

Lensa ini biasanya dikenakan tepat di mata dan tersedia dalam berbagai bahan dan desain, termasuk lunak dan kaku. Kemudian lensa permeabel gas yang dikombinasikan dengan desain bola, toric, dan multifokal.

·       Orthokeratology

Ini adalah prosedur non bedah yang juga mennggunakan lensa, namun lensa yang digunakan adalah lensa khusus. Lensa ini memperlambat perpanjangan bola mata rabun jauh, yang mengurangi mata minus.

Baca Juga: Simak Penjelasan Mengenai Amblyopia dan Vision Therapy yang Bisa Diterapkan

Pengendalian Mata Minus Dengan Terapi Mata Minus

Terdapat sejumlah perawatan yang ditawarkan dan mungkin bisa digunakan untuk memperlambat perkembangan mata minus. Perawatan ini dapat membantu terjadinya perubahan pada struktur dan fokus mata untuk mengurangi stres dan kelelahan yang terkait dengan perkembangan mata minus. Memperlambat perkembangan mata minus dapat mencegah anak Anda mengembangkan rabun jauh tingkat tinggi yang membutuhkan kacamata korektif tebal. Mata minus tinggi juga telah dikaitkan dengan masalah mata yang serius di kemudian hari, seperti katarak dini atau lainnya. Berikut adalah beberapa jenis senam mata untuk pengendalian mata minus.

  1. Perubahan fokus

Latihan ini bekerja dengan memperbaiki fokus Anda. Latihan harus dilakukan dari posisi duduk dengan cara:

  • Tahan jari telunjuk dengan jarak beberapa inci dari mata anda.
  • Fokuslah pada jari anda.
  • Secara perlahan gerakkanlah jari menjauh dari wajah, dan tahan fokus anda.
  • Berpalinglah sejenak pada suatu kejauhan.
  • Fokuslah pada jari anda yang terulur dan secara perlahan arahkan kembali ke mata.
  • Alihkan pandangan anda dan mulai fokus pada sesuatu yang berada di kejauhan.
  • Ulangi kegiatan tersebut kurang lebih tiga kali.
  1. Fokus dekat dan jauh

Ini adalah latihan fokus yang juga harus dilakukan dari posisi duduk dengan cara:

  • Pegang ibu jari dengan jarak sekitar 10 inci dari wajah dan fokuslah pada jari selama 15 detik.
  • Temukan sebuah objek dengan jarak kira-kira 10 hingga 20 kaki jauhnya, dan fokuslah pada objek tersebut selama 15 detik.
  • Kembalikan fokus anda menuju pada ibu jari.
  • Ulangi lima kali.
  1. Terapkan aturan 20-20-20

Jika anda sering bekerja di depan komputer, maka terapkanlah aturan 20-20-20. Ini akan membantu mencegah terjadinya ketegangan mata digital. Anda bisa beristirahata setiap 20 menit, kemudian lihat sesuatu dengan jarak 20 kaki dengan waktu 20 detik.

Vio Optical merupakan klinik mata terpercaya yang menghadirkan pelayanan kesehatan mata terlengkap dengan alat canggih serta staff professional. Anda dapat memperoleh terapi mata minus seperti ortho-k, kacamata, ataupun kontak lens yang sesuai dengan kondisi anda. Pemeriksaan lengkap meliputi screening retina, screening, katarak dan screening glukoma. Segera dapatkan pelayanan kesehatan mata terpercaya dan lengkap bersama Vio Optical Clinic.