Klinik Mata Jakarta – Beberapa perubahan penglihatan dapat terjadi seiring bertambahnya usia. Mungkin terdapat pergeseran dalam cara Anda melihat warna atau cara mata Anda fokus. Anda mungkin membutuhkan lebih banyak cahaya untuk membaca atau mengemudi. Banyak orang bertanya-tanya bagaimana cara memperbaiki penglihatan mereka setelah mereka menyadari perbedaan-perbedaan ini. Berbagai gangguan penglihatan tersebut apabila tidak diobati dengan baik, maka bisa berujung pada low vision. Untungnya, meskipun perubahan kecil merupakan bagian normal dari penuaan, banyak gangguan penglihatan yang dapat dicegah dan diobati.

Beberapa perubahan penglihatan yang berkaitan dengan usia dapat dikoreksi dengan pembedahan, kacamata atau lensa kontak. Anda juga dapat menjaga penglihatan Anda tetap tajam dengan menjaga kesehatan Anda sebelum timbul masalah serius. Beberapa latihan sederhana bahkan dapat menjaga penglihatan Anda tetap sehat.  Banyak masalah penglihatan yang dapat diobati atau ditangani jika ditemukan sejak dini. Namun, begitu kehilangan penglihatan mulai terjadi, hal ini mungkin tidak dapat dipulihkan. Ambil langkah-langkah untuk merawat mata Anda hari ini untuk membantu melindungi penglihatan Anda jauh di masa depan.

Kondisi Mata yang Umum

Jenis masalah mata yang paling umum adalah kelainan refraksi. Kondisi ini memengaruhi bagaimana cahaya difokuskan pada mata Anda, dan meliputi:

  • Silindris
  • Rabun dekat
  • Rabun jauh
  • Presbiopi

Sebagian besar kelainan refraksi terjadi pada masa kanak-kanak dan disebabkan oleh masalah pada bentuk mata. Pengecualiannya adalah presbiopi, yang disebabkan oleh hilangnya kelenturan dan kekuatan yang berkaitan dengan usia.   Usia juga dapat menjadi faktor dalam kondisi mata lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan parah bahkan hingga low vision, tetapi bukan merupakan bagian alami dari penuaan. Kondisi ini sering kali dapat diobati atau diperlambat. Namun, kondisi ini dapat menyebabkan kehilangan penglihatan yang signifikan jika tidak terdeteksi secara dini. Contohnya meliputi:

  • Degenerasi makula terkait usia, suatu kondisi yang menyebabkan sel-sel dalam mata rusak
  • Katarak, kekeruhan pada lensa mata
  • Retinopati diabetik, suatu masalah pada pembuluh darah di mata
  • Glaukoma, suatu kondisi yang merusak saraf optik

Kondisi mata lainnya, seperti sindrom penglihatan komputer, mungkin tidak menyebabkan kehilangan penglihatan, tetapi tetap dapat membuat mata Anda stres. Kondisi ini dapat terjadi ketika Anda menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer. Terkadang, masalah penglihatan disebabkan oleh masalah pada sinyal yang berjalan di antara mata dan otak. Masalah ini dapat terjadi karena berbagai alasan.

Baca Juga: Ortho K atau Lensa Kontak Konvensional? Pilihan Terapi Mata Minus Terbaik

Sebagai contoh, anak-anak terkadang mengalami ambliopia atau mata malas. Ini terjadi ketika salah satu mata memiliki penglihatan yang lebih baik daripada mata yang lain, dan otak mengandalkan informasi dari mata yang lebih kuat. Pada orang dewasa, masalah penglihatan dapat disebabkan oleh cedera otak, infeksi, atau stroke.

Pemeriksaan Mata untuk Mencegah Kehilangan Penglihatan dan Menjaga Kesehatan Mata

Banyak kondisi mata yang tidak menunjukkan gejala pada tahap awal. Menurut National Eye Institute, pemeriksaan mata komprehensif yang mencakup dilatasi adalah satu-satunya cara untuk mendeteksi berbagai penyakit mata secara dini.

Spesialis akan menempatkan obat tetes pada mata Anda untuk melebarkan bukaan bundar di bagian tengah, yang disebut pupil. Kemudian, mereka akan menggunakan lensa pembesar khusus untuk mencari kerusakan pada mata. Pemeriksaan mata Anda juga akan mencakup tes untuk memeriksa:

  • Fungsi otot mata
  • Penglihatan tepi, atau seberapa jauh Anda dapat melihat ke samping sambil melihat ke depan
  • Tekanan dalam mata Anda
  • Respons terhadap cahaya
  • Kejernihan penglihatan

Penderita diabetes atau tekanan darah tinggi biasanya memerlukan setidaknya satu kali pemeriksaan mata tahunan yang komprehensif dengan pelebaran.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata yang berkaitan dengan low vision? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.