Mata adalah salah satu anggota tubuh yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya kesehatan mata itu perlu dijaga dengan baik dan benar. Jika tidak, maka mata akan mengalami gangguan kesehatan. Hal ini dikarenakan mata itu sangat rentan terhadap berbagai penyakit yang mengganggu penglihatan. Bahkan dalam beberapa kasus tertentu, gangguan penglihatan dapat menyebabkan kebutaan. Aktivitas sehari-hari dan gaya hidup juga dapat mempengaruhi kesehatan mata, terutama aktivitas yang banyak dilakukan dengan berinteraksi terhadap HP, Komputer, Laptop, dan lainnya.

Semakin sering anda menghabiskan waktu di depan HP, Komputer, Laptop, dapat menjadikan mata cepat lelah. Hal ini sering dirasakan sebagai gejala awal munculnya gangguan terhadap kesehatan mata. Beberapa gejala yang lain yaitu mata merah dan terasa nyeri, mata sensitif terhadap cahaya, pandangan kabur atau buram, banyak mata berair, atau mata kering. Akan tetapi kebanyakan orang sering mengabaikan gejala-gejala tersebut dan menganggapnya sebagai kelelahan mata yang biasa terjadi.

Kondisi seperti ini akan berbahaya jika dibiarkan dan tidak segera dilakukan pemeriksaan. Karena kondisi seperti ini dapat menyebabkan gangguan mata yang lebih parah bahkan kebutaan. Untuk itu, pemeriksaan mata rutin penting agar kondisi mata dapat diketahui. Pemeriksaan mata secara dini dapat mencegah penyakit mata yang cukup serius dan menjaga mata agar tetap sehat. Pemeriksaan mata tidak hanya dilakukan oleh penderita gangguan pengeihatan saja, namun juga perlu dilakukan ketika kondisi mata normal. Bahkan sebaiknya anda tetap melakukan pemeriksaan rutin meski tidak mengalami keluhan pada mata.

Setelah mengetahui pentingnya kesehatan mata, anda perlu mengetahui kapan sebaiknya melakukan pemeriksaan mata. Dimana pemeriksaan mata tersebut bisa dibagi ke dalam beberapa kategori usia, meliputi:

1.    Bayi

Setelah lahir, mata bayi sebaiknya diperiksakan untuk mengetahui ada tidaknya infeksi, cacat

lahir, dan gangguan lainnya. Untuk pemeriksaan mata selanjutnya disarankan ketika bayi berusia 6–12 bulan. Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk mengetahui perkembangan ketajaman penglihatan mata, gerakan otot mata, serta koordinasi kedua mata.

2.    Balita

Pemeriksaan mata pada balita dapat dilakukan ketika berusia 3–5 tahun. Hal ini bertujuan untuk mengetahui gangguan mata yang rentan terjadi pada balita. Misalnya seperti mata malas (amblyopia), mata juling, dan rabun jauh, dapat terdeteksi sejak dini dan dapat diakukan penanganan sejak dini.

Baca Juga: Inilah Kemampuan Penglihatan dengan Baik Melalui Depth Perception Test

3.    Anak-anak dan remaja

Pada usia ini, penyakit rabun jauh merupakan salah satu masalah pada mata yang sering terjadi, akan tetapi jarang disadari. Oleh karenanya, diperlukan sebuah pemeriksaan agar rabun jauh bisa dideteksi dan ditangani sejak dini. Anak-anak serta remaja disarankan untuk melakukan pemeriksaan kondisi mata sebanyak 1–2 kali dalam setahun.

4.    Dewasa

Pemeriksaan mata pada orang dewasa yang memiliki kondisi mata sehat dianjurkan dilakukan pada:

  • Usia 20–39 tahun, setiap 5 hingga 10 tahun sekali.
  • Usia 40–54 tahun, setiap 2 hingga 4 tahun sekali.
  • Usia 55–64 tahun, setiap 1 hingga 3 tahun sekali.
  • Usia 65 tahun ke atas, setiap 1 hingga 2 tahun sekali.

Sementara itu, orang dengan beberapa kondisi ini diperlukan pemeriksaan serta konsultasi mata yang lebih sering. Beberapa kondisi yang memerlukan pemeriksaan mata lebih sering yaitu:

  • Pemakai kacamata atau lensa kontak.
  • Penderita diabetes.
  • Penderita tekanan darah tinggi (hipertensi).
  • Memiliki riwayat glaukoma.
  • Rutin mengonsumsi obat yang dapat memengaruhi kesehatan.

Selain itu, seseorang dengan gangguan dan gejala tertentu juga memerlukan pemeriksaan serta konsultasi mata, seperti:

  • Mata merah dan nyeri.
  • Pandangan kabur.
  • Penglihatan ganda.
  • Sensitif terhadap cahaya.
  • Terdapat objek kecil yang melayang pada penglihatan (floaters).

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf professional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.