Klinik Mata – Memiliki mata yang sehat adalah hal penting bagi setiap orang. Untuk menjaga kesehatan mata, anda perlu melakukan pemeriksaan mata rutin. Penting sekali untuk mengetahui kondisi kesehatan mata anak meskipun tidak ada keluhan sebelumnya. Mengetahui kondisi penyakit anak sejak dini, dapat membantu mencegah permasalahan penglihatan pada anak memburuk.

Pentingnya Melakukan Pemeriksaan Mata Anak

Anak-anak sering kali tidak menyadari gangguan penglihatan yang terjadi. Pemeriksaan mata anak penting untuk menilai dan mengevaluasi secara menyeluruh penglihatan anak. Semakin cepat masalah mata ditemukan, maka semakin cepat juga anak bisa memperoleh perawatan dan dukungan yang dibutuhkan. Oleh karena itu, pemeriksaan mata anak sangat penting untuk dilakukan sebagai deteksi dini dan penanganan awal. Pemeriksaan mata awal pada anak biasanya terdiri dari beberapa poin penting yaitu:

  • Pemeriksaan ketajaman visual yang sangat baik pada semua jarak
  • Pemeriksaan keterampilan timing mata yang akurat dan nyaman
  • Pemeriksaan gerakan mata yang akurat
  • Pemeriksaan keterampilan fokus mata yang akurat dan nyaman

Pentingnya melakukan pemeriksaan mata, mengharuskan anak untuk menjalani pemeriksaan mata komprehensif. Dan untuk anak-anak yang memiliki kebutuhan penggunaan kacamata, direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin. Setidaknya pemeriksaan mata tersebut perlu dilakukan setahun sekali.

Ketahui Waktu yang Tepat untuk Melakukan Pemeriksaan Mata Anak

Salah satu upaya menjaga kesehatan mata anak adalah dengan melakukan pemeriksaan mata secara rutin. Dimana pemeriksaan mata anak perlu dilakukan sejak anak baru lahir untuk mendeteksi dini gangguan atau penyakit mata yang mungkin terjadi. Kemudian pemeriksaan mata anak tersebut perlu untuk dilanjutkan pada waktu tertentu.

Pemeriksaan mata dini untuk anak perlu dilakukan antara usia 6 hingga 8 minggu. Dimana pemeriksaan tersebut dilakukan dengan pemeriksaan fisik lanjutan yang bertujuan untuk memeriksa permasalahan mata yang tidak diketahui setelah anak lahir. Selanjutnya pada usia 1 atau 2,5 tahun, perlu dilakukan pemeriksaan mata sebagai bagian dari tinjauan kesehatan dan perkembangan anak. Dan pada usia 4 atau 5 tahun perlu dilakukan skrining penglihatan. Ini ditujukan untuk memeriksa penurunan penglihatan dan mendeteksi ada tidaknya masalah mata sejak dini.

Baca Juga: Pentingnya Mencegah Gangguan Mata Minus Melalui Terapi Orthokeratology (Ortho-K)

Kapan Sebaiknya Pemeriksaan Mata Perlu Dilakukan?

Kapan dan seberapa sering pemeriksaan mata dilakukan tergantung pada beberapa hal. Seperti usia anak hingga riwayat kesehatan mata pada keluarga. Pengujian atau tes penglihatan perlu dilakukan untuk menentukan apakah kacamata diperlukan atau tidak. Selain itu, perlu diperhatikan pada kasus ibu hamil yang  mengalami komplikasi selama masa kehamilan atau persalinan, segera melakukan skrining mata perlu dilakukan. Beberapa kondisi yang perlu diperhatikan dan sebaiknya segera melakukan pemeriksaan mata yaitu:

  • Riwayat kelahiran prematur
  • Perkembangan motorik yang terhambat atau tertunda
  • Kebiasaan anak yang seringkali menggosok mata
  • Anak yang sering  berkedip secara berlebihan
  • Anak yang sering kesulitan untuk fokus
  • Ketidakmampuan dalam melihat pada jarak pandang tertentu

Sebaiknya orang tua selalu mengawasi perubahan atau kebiasaan yang dilakukan anak, khususnya yang berkaitan dengan aktivitas visual. Ketika muncul permasalahan penglihatan yang terjadi, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan mata di klinik mata terpercaya dan profesional. Hal tersebut penting untuk mencegah kondisi gangguan mata yang berisiko pada permasalahan mata yang lebih serius.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata.