Terapi Mata Minus – Rabun jauh (miopi) adalah kondisi penglihatan yang umum terjadi, di mana benda-benda yang dekat terlihat jelas, tetapi benda-benda yang jauh akan terlihat buram. Kondisi ini terjadi ketika bentuk mata atau bentuk bagian tertentu dari mata, yang mana menyebabkan sinar cahaya dibelokkan (dibiaskan) secara tidak akurat. Sinar cahaya yang seharusnya difokuskan pada jaringan saraf di bagian belakang mata (retina), justru difokuskan di depan retina. Inilah mengapa sangat penting untuk segera dilakukan terapi mata minus untuk mencegah perkembangan mata minus.

Rabun jauh biasanya berkembang selama masa kanak-kanak dan remaja, dan biasanya menjadi lebih stabil antara usia 20 dan 40 tahun. Miopia cenderung menurun dalam keluarga. Pemeriksaan mata dasar dapat memastikan rabun jauh. Anda dapat mengkompensasi penglihatan kabur dengan kacamata, lensa kontak, atau bedah refraktif.

Gejala Umum yang Ditimbulkan Mata Minus

  • Berikut ini adalah tanda atau gejala rabun jauh dapat meliputi:
  • Penglihatan kabur saat melihat benda-benda yang jauh
  • Perlunya menyipitkan mata atau menutup sebagian kelopak mata untuk melihat dengan jelas
  • Sakit kepala
  • Kelelahan mata

Anak-anak mungkin mengalami kesulitan melihat benda-benda di depan kelas, huruf dan angka di papan tulis atau proyeksi layar di dalam kelas. Anak-anak yang lebih kecil mungkin tidak menunjukkan kesulitan melihat, tetapi mereka mungkin memiliki perilaku berikut ini yang menunjukkan kesulitan melihat:

  • Terus-menerus menyipitkan mata
  • Tampak tidak menyadari adanya benda-benda yang jauh
  • Berkedip secara berlebihan
  • Sering menggosok mata mereka
  • Duduk sangat dekat dengan televisi

Orang dewasa dengan miopi mungkin mengalami kesulitan membaca rambu-rambu jalan atau tanda-tanda di toko. Beberapa orang mungkin mengalami penglihatan kabur dalam cahaya redup, seperti saat mengemudi di malam hari, meskipun mereka dapat melihat dengan jelas di siang hari. Kondisi ini disebut rabun jauh malam.

Kapan Harus Melakukan Pemeriksaan?

Buatlah janji temu dengan spesialis perawatan mata jika anak Anda menunjukkan tanda-tanda masalah penglihatan atau jika seorang guru melaporkan adanya kemungkinan masalah. Buatlah janji temu untuk diri Anda sendiri jika Anda menyadari adanya perubahan pada penglihatan Anda, mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti mengemudi, atau merasa bahwa kualitas penglihatan Anda mengurangi keleluasaan Anda dalam beraktivitas.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Ptosis Mata, Apa yang Menjadi Penyebabnya?

Carilah perawatan medis darurat jika Anda mengalami hal-hal berikut ini:

  • Munculnya banyak floaters secara tiba-tiba – bintik atau garis kecil yang tampak melayang-layang di lapang pandang Anda
  • Adanya cahaya pada salah satu maupun kedua mata
  • Bayangan abu-abu seperti tirai yang menutupi seluruh atau sebagian lapang pandang Anda
  • Bayangan pada penglihatan luar atau samping Anda (penglihatan tepi)

Beberapa gejala yang telah disebutkan diatas merupakan tanda gangguan penglihatan serius yang tidak boleh disepelekan, bahkan sangat penting mendapatkan penanganan secepatnya.. Rabun jauh yang seringkali dikaitkan dengan peningkatan risiko ablasio retina.

Pemeriksaan Mata secara Teratur

Baik anak-anak maupun orang dewasa mungkin tidak menyadari adanya masalah pada penglihatan atau perubahan yang terjadi secara bertahap. Sangat penting untuk melakukan pemeriksaan penglihatan secara teratur untuk memastikan diagnosis dan terapi mata minus yang tepat waktu. Spesialis mata atau penyedia layanan kesehatan lainnya akan melakukan pemeriksaan yang relatif sederhana untuk memeriksa kesehatan mata anak Anda pada saat lahir, antara usia 6 dan 12 bulan, dan antara usia 12 dan 36 bulan. Jika ada masalah, Anda mungkin akan dirujuk ke ahli mata yang mengkhususkan diri dalam kesehatan dan perawatan mata.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan terapi mata minus.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.