Terapi Mata Minus – Miopia atau yang juga disebut mata minus adalah penyebab paling umum dari gangguan penglihatan pada orang di bawah usia 40 tahun. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, tingkat prevalensinya meningkat pada tingkatan yang cukup mengkhawatirkan. Jika anda memiliki mata minus, kemungkinan anda akan kesulitan membaca rambu-rambu jalan dan melihat objek di kejauhan dengan jelas. Akan tetapi anda dapat melihat dengan baik untuk tugas-tugas close-up seperti membaca dan menggunakan komputer. Apa dan bagaimana mata minus memengaruhi ketajaman visual anda, dan bagaimana cara untuk mengatasinya, simak penjelasan berikut!

Kenali Mata Minus Dan Gejala Yang Timbul

Tanda dan yang timbul akibat mata minus termasuk menyipitkan mata, ketegangan pada mata, dan rasa nyeri akibat sakit kepala. Terkadang, anda juga bisa mengalami rasa lelah pada mata saat mengemudi atau berolahraga. Mata minus atau dikenal sebagai miopia, adalah kondisi gangguan ketajaman visual mata yang paling umum. Kondisi ini yang menyebabkan objek yang berada di kejauhan tampak buram sementara objek yang berada dekat sering terlihat dengan jelas.

Mata minus terjadi ketika mata memiliki kekuatan fokus yang terlalu besar, baik karena mata yang terlalu panjang atau kornea mata yang lebih melengkung dari biasanya. Akibatnya, ketika seseorang dengan mata minus mencoba untuk melihat objek yang jauh, sinar cahaya difokuskan di depan retina, bukan langsung ke retina. Sehingga menyebabkan tampilan objek tersebut menjadi kabur. Gejala umum mata minus biasanya kesulitan melihat objek yang jauh dengan jelas, menyipitkan mata untuk melihat lebih baik, sakit kepala dan ketegangan mata yang teratur. Gejala mata minus yang mungkin bisa timbul bervariasi pada setiap orang.

Baca Juga: Pelajari tentang Mata Malas yang Bisa Memengaruhi Penglihatan Anda

Apa Penyebab Mata Minus?

Mata minus, miopia atau rabun jauh terjadi jika bola mata terlalu panjang sehingga memengaruhi cara kornea dan lensa fokus. Hal ini berarti objek di kejauhan tampak buram karena sinar cahaya terfokus di depan retina, bukan langsung ke permukaannya. Apa yang secara spesifik bisa menyebabkan bola mata tumbuh lebih panjang saat ini belum diketahui, namun kami mengetahui faktor lain yang dapat menyebabkannya. Misalnya, mata minus biasanya terjadi dalam keluarga sehingga anda lebih mungkin mengembangkan mata minus jika orang tua anda mengalaminya.

Berapa banyak waktu yang dihabiskan di luar dan di dalam ruangan juga dapat memengaruhi penglihatan anda. Menghabiskan waktu yang tidak proporsional untuk membaca, menulis, atau berada di depan komputer dapat memicu risiko mata minus. Kontras antara pencahayaan di luar dan di dalam ruangan juga dapat meningkatkan derajat mata minus selama tahap perkembangan. Untuk itu, pastikan bahwa anda memiliki keseimbangan sinar matahari dan cahaya buatan untuk membantu mengurangi ketegangan pada mata dan derajat mata minus. Penyebab paling umum munculnya risiko mata minus adalah pengaruh sinar biru pada perangkat digital serta kebiasaan membaca terlalu dekat dalam waktu lama.

Pengobatan Miopia

Mata minus dapat diatasi dengan lensa korektif seperti kacamata dan lensa kontak. Bahkan operasi refraktif juga bisa dilakukan untuk hasil yang permanen. Bergantung pada derajat mata minus anda. Mungkin anda perlu untuk memakai sebuah kacamata atau lensa kontak sepanjang waktu atau hanya ketika membutuhkan penglihatan yang sangat jelas. Saat ini telah hadir metode non bedah dengan hasil yang baik untuk ketajaman visual tanpa menggunakan alat bantu optik yaitu orthokeratology.

Vio Optical merupakan klinik mata terpercaya yang menghadirkan pelayanan kesehatan mata terlengkap dengan alat canggih serta staff professional. Anda dapat memperoleh terapi mata minus seperti ortho-k, kacamata, ataupun kontak lens yang sesuai dengan kondisi anda. Pemeriksaan lengkap meliputi screening retina, screening, katarak dan screening glukoma. Segera hubungi kami untuk mendapatkan pelayanan kesehatan mata terpercaya dan lengkap bersama Vio Optical Clinic.