Terapi Mata Minus – Mata minus adalah salah satu jenis gangguan refraktif yang paling umum terjadi. Gangguan refraktif atau kesalahan bias ini membuat seseorang tidak bisa melihat suatu objek atau benda dalam jarak jauh secara jelas. Sehingga, pandangan akan kabur dan penglihatan buram untuk jarak pandang yang jauh. Biasanya seseorang dengan mata minus dibantu dengan lensa korektif untuk bisa melihat dengan jelas. Meski begitu, dibutuhkan sebuah terapi yang dapat membantu menghentikan perkembangannya.

Ketahui tentang Apa itu Mata Minus

Mata minus sering disebut juga sebagai rabun jauh atau dalam dunia medis dikenal dengan miopi. Ini adalah kondisi dimana cahaya yang masuk ke mengalami kesalahan fokus atau kesalahan bias. Cahaya yang seharusnya fokus tepat di retina, justru fokus di depan retina. Akibatnya, retina mata tidak dapat menangkap cahaya dari objek yang kita lihat. Sehingga, objek tersebut tidak terlihat secara jelas dan tampak buram. Penderita mata minus tidak dapat mengidentifikasi suatu objek yang jauh dengan jelas. Namun, mereka dapat mengidentifikasi objek yang dekat dengan jarak pandang secara jelas.

Kondisi mata minus bisa berkembang seiring waktu bahkan bertambah parah. Apabila mata minus tidak mendapatkan penanganan yang tepat, maka derajat atau tingkat minusnya bisa bertambah. Ada berbagai faktor yang bisa meningkatkan derajat minus seseorang, salah satunya adalah kebiasaan menggunakan gadget dalam waktu yang lama. Sangat penting melakukan tindakan pencegahan agar kondisinya tidak semakin parah dan memicu risiko penyakit mata yang serius.

Waspadai Mata Minus Tinggi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mata minus bisa bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Jadi, meski saat ini anda memiliki derajat miopi atau mata minus yang rendah, tidak menutup kemungkinan anda bisa memiliki minus tinggi di kemudian hari. Seseorang bisa dikatakan memiliki mata minus tinggi apabila derajat miopia yang dimilikinya mencapai -6,00 dioptri (D) atau lebih. Sementara untuk miopi yang tergolong ringan berada di bawah -3,00 D. Semakin tinggi derajat miopi yang anda miliki, maka semakin tinggi pula risiko seseorang mengalami masalah mata yang lebih serius bahkan hingga risiko kebutaan.

Risiko Mata Minus Terlalu Tinggi

Ketika seseorang memiliki mata minus yang terlalu tinggi, maka besar kemungkinan mereka bisa mengalami gangguan mata yang lebih serius bahkan bisa mengancam penglihatan. Beberapa resiko mata minus terlalu tinggi, seperti:

Baca Juga: Kelainan dan Gangguan Mata yang Umumnya Terjadi pada Anak

Ablasio retina

Ablasio retina adalah suatu kondisi terlepasnya bagian retina dari jaringan pendukung yang ada di sekitarnya. Sehingga, menyebabkan berkurangnya kemampuan penglihatan seseorang. Sejumlah gejala yang muncul seperti adanya bayangan di penglihatan sisi, muncul bintik yang tampak mengambang di depan mata hingga muncul tirai abu-abu yang menutupi sebagian penglihatan.

Glaukoma

Glaukoma adalah penyakit mata yang menyebabkan kerusakan pada saraf mata yang berperan menyampaikan informasi visual ke otak. Akibatnya fungsi penglihatan berkurang, hilang, bahkan berisiko mengalami kebutaan total. Beberapa Kerusakan pada saraf mata tersebut terjadi akibat tekanan yang tinggi pada mata yang bisa disebabkan oleh mata minus tinggi.

Katarak

Katarak merupakan kondisi ketika lensa mata menjadi keruh sehingga menyebabkan cahaya yang masuk ke dalam mata terhambat. Struktur bola mata yang terlalu panjang pada penderita mata minus menyebabkan permukaan lensa kehilangan nutrisi yang mengakibatkan lensa tidak lagi jernih. Selain itu, bentuk bola mata yang panjang menyebabkan kerusakan pada sel reseptor cahaya di retina yang kemudian menyebabkan katarak.

Terapi Mata Minus Orthokeratology untuk Hentikan Perkembangan Mata Minus

Orthokeratology (ortho-k) adalah salah satu pilihan efektif untuk menghentikan perkembangan mata minus. Ini merupakan terapi mata minus tanpa perlu operasi yang menggunakan lensa kontak permeabel gas saat tidur. Dimana kemudian lensa ortho-k tersebut akan dilepas pada saat bangun tidur. Lensa ortho-k dapat membuat perubahan pada bentuk kornea yang terlalu melengkung untuk mengoreksi masalah kelainan refraksi, terutama mata minus. Dimana ortho-k dapat memperbaiki masalah mata minus dengan derajat miopia yang rendah hingga yang sedang.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata.