Klinik Mata – Mata minus adalah gangguan penglihatan yang paling sering ditemui. Bahkan gangguan penglihatan ini diderita oleh banyak orang dan terus meningkat jumlah penderitanya. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, prevalensinya terus tumbuh. Penting sekali untuk segera melakukan Tindakan pencegahan, guna menghentikan perkembangan mata minus. Karena mata minus yang parah bisa mengancam kemampuan penglihatan anda.

Ketahui Apa itu Gangguan Mata Minus

Mata minus atau disebut juga dengan rabun jauh adalah masalah kelainan refraksi. Yaitu kondisi dimana berkas sinar yang memasuki mata, jatuh pada fokus yang berada di depan retina. Sehingga, objek yang berada jauh tidak dapat dilihat secara jelas. Dimana penglihatan untuk jarak pandang tertentu tampak kabur. Penderita mata minus tetap bisa melihat benda atau objek dengan jarak dekat atau sangat dekat. Akan tetapi, mereka tidak bisa melihat objek yang letaknya jauh.

Waspadai Penyebab Mata Minus

Mata minus bisa disebabkan oleh pertumbuhan dari bola mata yang terlalu panjang. Atau karena kelengkungan kornea yang terlalu cekung. Hal tersebut kemudian menyebabkan sinar cahaya fokus pada titik yang berada di depan retina. Dimana sinar cahaya tidak berada langsung pada permukaannya. Kondisi ini biasanya dimulai pada masa kanak-kanak. Dan seseorang mungkin memiliki risiko yang lebih tinggi jika kedua orang tuanya juga menderita minus.

Terdapat beberapa faktor risiko yang dapat mempengaruhi timbulnya mata minus. Berikut ini beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko mata minus, seperti:

  • Jarak pandang yang terlalu dekat atau sangat dekat. Seperti pada saat anda membaca buku, menonton televisi, bermain video games, bermain komputer, dan lain sebagainya.
  • Genetik atau keturunan.
  • Terlalu lama beraktivitas pada jarak pandang yang sama, seperti bekerja di depan komputer dan lainnya.
  • Kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan mata. Seperti misalnya membaca sambal tiduran, membaca di tempat yang gelap dan lain sebagainya.
  • Kekurangan gizi yang dibutuhkan untuk kesehatan mata, seperti Vitamin A, betakaroten dan lainnya.

Baca Juga: Penglihatan Buruk pada Salah Satu Mata? Waspadai Gangguan Mata Malas

Pentingnya Periksa Mata Minus

Ketika Anda mengalami gejala mata minus, seperti pandangan kabur saat melihat objek yang jauh, perlu dilakukan pemeriksaan. Pemeriksaan tidak hanya diperlukan oleh anak-anak maupun orang dewasa, tapi sebaiknya dilakukan secara rutin. Terutama saat muncul gejala gangguan penglihatan mata minus, maka anda perlu segera menjalani tes mata minus. Selain itu, anda perlu melakukan pemeriksaan mata rutin untuk mengontrol perkembangan mata minus.

Ketahui Jenis Tes Mata Minus

Pada saat menjalani tes mata minus, akan dilakukan evaluasi terhadap gejala yang mungkin dirasakan. Pemeriksaan riwayat kesehatan mata secara umum, mungkin juga akan ditanyakan. Beberapa jenis tes mata minus yang umum dilakukan di klinik mata bisa meliputi:

  • Tes ketajaman penglihatan

Pemeriksaan visus atau tes ketajaman penglihatan ini dilakukan dengan cara melihat objek pada jarak tertentu. Tes ketajaman ini dilakukan menggunakan selembar poster yang berisi huruf dari ukuran besar hingga kecil. Tes ketajaman penglihatan ini berfungsi untuk mengetahui tingkat ketajaman penglihatan seseorang.

  • Retinoskopi

Retinoskopi adalah prosedur pemeriksaan mata dengan menggunakan alat yang disebut retinoskop. Dimana alat tersebut bertujuan untuk mengukur kemampuan mata dalam menangkap cahaya. Hasil dari pemeriksaan tersebut dapat memperlihatkan kondisi mata minus atau rabun jauh. Sehingga dapat diketahui jumlah minus yang diderita pasien.

  • Pinhole test

Pinhole test seringkali digunakan untuk tes mata minus pada remaja dan dewasa. Ini adalah pemeriksaan mata minus yang dilakukan dengan alat bernama pinhole. Dimana pasien diinstruksikan untuk melihat objek yang ada di depannya melalui alat tersebut.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata.