Terapi Mata Minus РPermasalahan mata seringkali menghambat aktivitas kita. Mata buram akibat mata minus menjadi salah satu masalah penglihatan yang paling umum terjadi. Mata minus atau disebut juga dengan miopia adalah gangguan penglihatan yang terjadi akibat kelainan refraksi. Sehingga mata tidak dapat mengolah  visual dengan akurat untuk jarak tertentu, akibatnya penglihatan menjadi buram. Sangat penting untuk melakukan manajemen miopia agar kondisinya tidak semakin memburuk. Penanganan yang tepat juga dapat meminimalkan risiko penyakit mata akibat miopia yang terlalu tinggi.

Apa itu Mata Minus atau Miopia?

Mata minus atau miopi juga disebut sebagai rabun jauh merupakan salah satu jenis kelainan refraksi. Dimana sinar cahaya yang memasuki mata jatuh pada fokus yang berada di depan retina. Dalam kondisi tersebut objek yang jauh tidak dapat dilihat secara jelas, karena sinar tidak fokus dengan tepat di retina akibatnya visual yang muncul menjadi kabur. Kondisi tersebut dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk melihat gambar atau objek yang jauh dengan jelas.

Apa Saja Tanda Mata Minus?

Tanda paling umum dari mata minus yaitu menurunnya kemampuan visual dalam melihat objek yang letaknya jauh. Selain itu, kebanyakan orang dengan mata minus cenderung melihat segala sesuatu dengan jarak yang sangat dekat seperti ketika membaca buku. Tidak jarang tanda mata minus terlihat dari kebiasaan seseorang yang sering menyipitkan mata saat melihat objek yang jauh. Mereka juga seringkali duduk di dekat TV atau di depan layar komputer untuk melihat dengan jelas. Bahkan kejernihan penglihatan semakin berkurang seiring dengan berjalannya waktu.

Penyebab Mata Minus

Mata minus atau miopi merupakan gangguan penglihatan yang bisa disebabkan oleh pertumbuhan bola mata yang terlalu panjang. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh kelengkungan kornea yang terlalu cekung. Dimana keduanya mengakibatkan sinar cahaya fokus pada titik di depan retina, bukan langsung pada permukaan retina. Struktur bola mata dan kornea yang dapat mempengaruhi pertumbuhan miopia tersebut, bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa faktor penyebab mata minus atau miopi secara umum bisa meliputi:

Baca Juga: Permasalahan Visual yang Dapat Diperbaiki dengan Vision Therapy

  • Jarak pandang yang terlalu dekat ketika melakukan aktivitas visual. Seperti membaca buku, menonton televisi, bermain video games, bekerja di depan komputer, dan lainnya.
  • Genetik atau keturunan, dimana orang tua dengan mata minus dapat mewariskannya pada anak.
  • Terlalu lama beraktivitas di depan komputer, layar gadget, di depan berkas, dan lain sebagainya dengan jarak pandang yang cenderung dekat.
  • Kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan. Seperti membaca dengan posisi buruk atau sambil tidur-tiduran dan lain sebagainya.
  • Kekurangan gizi yang dibutuhkan mata, sehingga dapat memperlemah kondisi mata.

Penanganan Mata Minus

Mata minus atau miopi telah mengalami peningkatan setiap tahunnya terlebih di era digitalisasi. Hal tersebut dipengaruhi oleh kebiasaan masyarakat digital yang tidak lepas dari perangkat digital seperti komputer, smartphone dan lainnya. Melakukan pencegahan  sangatlah penting agar mata minus atau miopi tidak semakin memburuk. Karena memiliki miopia yang tinggi dapat meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit mata yang serius di kemudian hari.

Manajemen miopia yang tepat sangatlah dibutuhkan untuk menghambat perkembangannya. Untuk membantu penglihatan yang jelas anda mungkin membutuhkan lensa korektif seperti kacamata resep atau lensa kontak. Anda mungkin juga memerlukan penggunaan obat tetes mata atau terapi mata minus untuk membantu memperlambat dan menghambat perkembangan miopia yang dapat mengakibatkan kerusakan penglihatan. Terapi mata minus dengan ortho-k menjadi salah satu cara ideal untuk bantu sembuhkan miopia anda.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.