Vision Therapy – Glaukoma adalah gangguan kesehatan mata yang dapat merusak saraf optik, sehingga penglihatan semakin memburuk. Kerusakan yang terjadi tersebut seringkali disebabkan oleh adanya tekanan yang tinggi dan tidak normal pada mata. Glaukoma juga menjadi salah satu penyebab utama terjadinya kebutaan pada orang yang berusia di atas 60 tahun. Kondisi seperti glaukoma dapat terjadi pada semua usia, akan tetapi lebih sering terjadi pada orang dewasa yang memiliki usia lanjut. Banyak sekali bentuk glaukoma tidak memiliki tanda peringatan. Efek yang dihadirkan juga bertahap, sehingga anda mungkin tidak melihat perubahan penglihatan sampai kondisinya berada pada tahap lanjut.

Kenali Glaukoma Lebih Lanjut

Glaukoma adalah penyakit pada saraf utama penglihatan, yang disebut dengan saraf optik. Saraf optik berfungsi untuk menerima impuls saraf yang dihasilkan cahaya dari retina dan mengirimkannya kepada otak. Dimana kemudian kita mengenali sinyal-sinyal listrik itu sebagai penglihatan. Glaukoma ditandai dengan pola tertentu kerusakan progresif pada saraf optik yang umumnya dimulai dengan hilangnya penglihatan samping secara halus. Jika glaukoma tidak didiagnosis dan diobati, glaukoma dapat berkembang menjadi kehilangan kemampuan visual.

Glaukoma biasanya berhubungan dengan peningkatan tekanan di mata atau yang disebut dengan tekanan intraokular. Pada umumnya, tekanan mata yang meningkat akan menyebabkan kerusakan pada saraf mata atau saraf optik. Namun dalam beberapa kasus, glaukoma dapat terjadi dengan adanya tekanan mata yang normal. Bentuk glaukoma diyakini disebabkan oleh regulasi aliran darah yang buruk menuju ke saraf optik.

Penyebab Glaukoma

Penyebab glaukoma yang paling umum adalah kegagalan mata untuk menjaga keseimbangan yang tepat antara jumlah cairan internal yang diproduksi dan jumlah cairan yang keluar. Alasan yang mendasari ketidakseimbangan ini biasanya berkaitan dengan jenis glaukoma yang dimiliki. Sama seperti bola basket atau sepak bola yang membutuhkan tekanan udara untuk mempertahankan bentuknya, bola mata juga membutuhkan tekanan cairan internal untuk mempertahankan bentuk dan kemampuannya yang seperti globe untuk melihat. Tetapi ketika sesuatu mempengaruhi kemampuan struktur mata internal untuk mengatur tekanan intraokular, tekanan mata akan meningkat sehingga menyebabkan glaukoma.

Baca Juga: Retinopati Diabetik Adalah Salah Satu Penyebab Low Vision

Tekanan mata yang cukup tinggi akan terus membangun dan mendorong saraf optik sampai serabut saraf rusak secara permanen dan penglihatan hilang. Secara anatomis, sudut drainase mata disebut sebagai terbuka atau tertutup, semakin sempit sudutnya maka semakin sulit air mengalir untuk melaluinya. Sudut terbuka juga dapat menghalangi aliran air, jika ada kerusakan struktural di dalam jaringan mata dari sudut itu sendiri.

Meskipun penyebab pasti dari glaukoma tidak diketahui dengan pasti, namun banyak peneliti yang percaya penurunan aliran darah ke saraf optik menjadi faktor utamanya. Hal ini bisa disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah yang menyuburkan saraf optik atau penyempitan pembuluh tersebut. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa aliran darah yang buruk di dalam mata dikaitkan dengan bintik buta (skotoma) yang berkembang dalam bidang penglihatan, serupa dengan yang terjadi pada glaukoma.

Kerusakan akibat glaukoma tidak dapat dipulihkan. Tetapi pengobatan dan pemeriksaan rutin dapat membantu memperlambat atau mencegah kehilangan penglihatan, terutama jika Anda terkena penyakit ini pada tahap awal. Glaukoma diobati dengan menurunkan tekanan mata Anda (tekanan intraokular). Bergantung pada situasi Anda, pilihan Anda mungkin termasuk obat tetes mata resep, obat oral, perawatan laser, operasi atau kombinasi dari semua ini.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera hubungi atau kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf professional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.