Terapi Mata Minus – Gangguan mata minus sudah menjadi gangguan umum yang diderita oleh banyak orang. Bahkan saat ini banyak kasus mata minus yang semakin parah. Terdapat berbagai penyebab yang bisa membuat mata minus semakin parah. Mulai dari faktor usia, kebiasaan membaca di cahaya redup, terlalu lama menatap layar perangkat digital dan lainnya. Penting sekali mencegah mata minus semakin parah agar penglihatan tidak semakin buram.

Apa itu Mata Minus?

Mata minus atau dikenal juga dengan miopi merupakan gangguan penglihatan yang disebabkan oleh kelainan refraksi. Kondisi ini membuat seseorang kesulitan untuk melihat benda atau objek yang jaraknya jauh secara jelas. Melakukan tes pemeriksaan mata minus penting dilakukan sebelum mengatasinya dengan menggunakan lensa korektif seperti kacamata, lensa kontak, maupun melalui terapi penglihatan.

Penyebab Mata Minus Semakin Parah

Ada beberapa penyebab mata minus bisa bertambah parah. Beberapa penyebab mata minus bertambah parah yaitu:

Faktor pertambahan usia

Seiring bertambahnya usia seseorang, mata minus juga bisa bertambah parah terutama jika kondisinya tidak ditangani dengan baik. Kondisi mata minus juga bisa bertambah buruk bila Ketika Anda memiliki Riwayat penyakit tekanan darah tinggi dan diabetes.

Kebiasaan membaca di cahaya redup

Mata minus bisa bertambah parah jika anda memiliki kebiasaan sering membaca dengan cahaya redup. Pencahayaan redup saat membaca bisa membuat mata terasa lebih cepat lelah. Kondisi mata Lelah bisa menyebabkan mata minus semakin parah bahkan bisa bertambah derajat miopinya.

Terlalu lama menatap layar gadget

Kondisi mata minus bisa semakin memburuk saat anda terlalu lama menatap layar gadget. Pancaran cahaya biru atau blue light dari layar gadget bisa merusak retina sehingga mata minus bisa bertambah parah.

Baca Juga: Pelajari tentang Gangguan Mata Merah pada Anak

Cara Mencegah Mata Minus Bertambah Parah

Tidak hanya mengetahui penyebab mata minus semakin parah. Penting juga untuk mengetahui bagaimana cara mencegah mata minus semakin parah. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah mata minus bertambah parah, meliputi:

  • Membatasi waktu untuk melihat layar gadget seperti ponsel maupun computer
  • Membatasi jarak pandang pada saat melihat layer gadget seperti laptop setidaknya berjarak 30 cm dari layer
  • Sebaiknya menggunakan kacamata dengan lensa yang sesuai
  • Saat beraktivitas di bawah sinar matahari, sebaiknya gunakan kacamata hitam untuk melindungi mata dari paparan radiasi sinar ultraviolet (UV)
  • Sebaiknya anda menghindari paparan asap rokok.

Selain hal-hal yang telah disebutkan di atas,  anda juga perlu menerapkan atauran 20-20-20 terutama jika anda harus bekerja di depan laptop setiap harinya. Saat anda harus bekerja di depan computer selama 8 hingga 9 jam, sebaiknya istirahatkanlah mata anda setiap 20 menit selama dan lihatlah benda yang berjarak 20 kaki.

Periksa Mata Rutin Cegah Mata Minus Bertambah Parah

Selain menghindari hal-hal yang menjadi penyebab mata minus bertambah parah, penting juga melakukan pemeriksaan mata rutin. Periksa mata secara rutin setidaknya setahun sekali penting untuk menjaga mata, apalagi jika anda memiliki mata minus. Selain itu, melakukan periksa mata rutin perlu dilakukan untuk menyesuaikan ukuran dan jenis lensa kacamata sesuai dengan kondisi mata. Periksa mata rutin membantu menjaga kualitas penglihatan agar tidak semakin memburuk.

Selain periksa mata rutin, terapi mata minus bisa membantu untuk mencegah mata minus semakin parah. Terapi dengan orthokeratology bisa membantu menghambat perkembangan mata minus. Ini adalah solusi efektif tanpa operasi yang membantu anda mencegah bahkan menghentikan mata minus bertambah parah. Melalui penggunaan rutin, orthokeratology membantu menurunkan risiko mata minus yang memburuk dan bertambah parah.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata.