Orthokeratology – Orthokeratology adalah metode baru untuk mengoreksi miopia. Ini akan memungkinkan Anda memulihkan penglihatan dan menghabiskan waktu dengan mata telanjang di siang hari. Hanya dengan memakai lensa kontak khusus saat Anda tidur di malam hari, ketajaman visual anda akan meningkat di esok hari. Metode orthokeratology ini diharapkan dapat menghilangkan ketidaknyamanan akibat kelainan refraksi. Dimana seseorang memiliki penglihatan yang buram dan kabur. Orthokeratology akan membantu anda mengembalikan penglihatan kembali normal tanpa proses operasi. Pelajari bagaimana orthokeratology bekerja berikut ini.

Kenali Apa Itu Orhokeratology?

Orthokeratology menggunakan lensa kontak keras khusus yang tidak seperti lensa kontak biasa pada umumnya. Ini hanya akan dipakai saat tidur di malam hari. Lensa ini memiliki desain khusus dan akan mengubah bentuk kornea. Ketika anda memakai lensa orthokeratology, ini akan mengubah tekanan cairan air mata di bawah lensa. Tujuannya untuk mengurangi miopia dan memperbaiki bentuk kornea agar bisa mengolah cahaya dengan fokus yang tepat. Karena bahannya sangat permeabel oksigen, maka mata tidak akan kekurangan oksigen yang dapat terjadi saat memakai lensa kontak saat tidur. Metode koreksi refraksi orthokeratology ini memungkinkan anda melihat jauh dengan mata telanjang tanpa kacamata atau lensa kontak.

Kegunaan Orthokeratology

Orthokeratology memiliki sejarah yang panjang, dan pada tahun 1960-an, generasi pertama lensa orthokeratology diperkenalkan di Amerika Serikat dengan nama Orthofocus. Sejak saat itu, perkembangan lensa orthokeratology mengalami kemajuan, dan setelah melewati lensa generasi kedua, lensa ortho-K generasi ketiga muncul pada tahun 1990-an. Ini digunakan untuk membantu seseorang yang ingin terbebas dari kacamata dan lensa kontak di siang hari, dan yang memiliki miopia sedang atau kurang.

Mereka yang tidak bisa memakai lensa kontak biasa dengan kondisi mata kering, bisa memilih lensa orthokeratology. Mereka yang merasa tidak nyaman dengan penggunaan kacamata resep dan ingin menikmati olahraga dengan mata telanjang, orthokeratology ini menjadi pilihan yang tepat. Atau mereka yang tidak tahan terhadap proses pembedahan seperti lasik, juga bisa memilih alternatif orthokeratology ini.

Baca Juga: Apa Itu Ortho-k dan Manfaatnya untuk Koreksi Penglihatan

Jika Anda menderita miopia ringan, Anda akan merasakan penglihatan Anda membaik dalam 1 hingga 3 hari setelah memakai lensa orthokeratology. Biasanya, setelah menggunakannya selama sekitar 2 minggu, Anda akan mencapai penglihatan target dan Anda akan dapat menghabiskan hari dengan mata telanjang. Efeknya bisa bertahan selama 24 hingga 36 jam saat Anda bangun. Kenakan lensa sebelum tidur dan lepaskan saat Anda bangun di pagi hari. Tujuannya adalah menghabiskan hari tanpa kacamata atau lensa kontak antara bangun pagi dan tidur. Jadi kebanyakan pasien perlu memakai lensa setiap malam sebelum tidur. Untuk beberapa orang dengan miopia yang sangat lemah, miopia dapat dikurangi dengan memasang lensa setiap dua hari sekali

Cara Kerja Orthokeratology

Pertama, anda perlu untuk menguji apakah orthokeratology dapat diterapkan untuk anda. Jika tidak ada masalah dengan miopia, penyakit mata, kondisi kornea, pemeriksaan cairan air mata, dan lainnya, anda bisa menggunakan orthokeratology. Setelah memilih lensa uji yang cocok dengan bentuk kornea, kenakan selama satu jam sebagai percobaan dan evaluasi. Dokter akan melakukan pengukuran lensa dengan toprografer agar nyaman digunakan dan hasilnya optimal.

Lensa orthokeratology dibuat sesuai dengan bentuk peta kornea mata pasien. Ketika lensa digunakan, ini akan memperbaiki bentuk kornea yang melengkung secara perlahan. Lensa orthokeratology memberikan tekanan yang lembut pada kornea untuk bisa kembali pada bentuk normal. Pemeriksaan rutin dibutuhkan untuk melihat kesesuaian lensa orthokeratology dan progress koreksi kelainan refraksi tersebut. Dengan pemakaian rutin, anda akan memperoleh kebebasan dalam penglihatan tanpa bantuan lagi.

Apabila anda membutuhkan layanan orthokeratology (ortho-k), Vio Optical Clinic adalah pilihan terbaik. Dengan prosedur pemeriksaan secara menyeluruh, kami memberikan layanan kesehatan mata terbaik untuk anda. Vio Optical Clinic didukung oleh staff professional dan peralatan medis yang lengkap. Segera kunjungi Vio Optical Clinic untuk mendapatkan layanan kesehatan mata terbaik bagi anda dan keluarga.