Low Vision – Dalam kehidupan setiap orang, visi memiliki peranan yang sangat penting. Setiap orang pasti sering berpikir pentingnya fungsi penglihatan sebagai apa yang dilihat. Visi atau penglihatan seseorang mencakup bagaimana otak bisa memahami dengan baik apa yang anda lihat. Penglihatan adalah indera yang cukup penting untuk membantu sistem lain di dalam tubuh agar bisa bekerja dengan baik. Ketika sistem visual tidak bisa bekerja dengan baik, kemungkinan akan ada dampak yang cukup luas pada aktivitas yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Tahukah anda bahwa kondisi tidak terduga seperti cedera otak traumatis bisa mempengaruhi kemampuan penglihatan anda, yang seringkali menjadi penyebab low vision. Bagaimana dampak dari cedera otak traumatis terhadap low vision, akan dibahas pada ulasan berikut.

Apa itu low vision?

Low vision adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami penurunan atau kehilangan tingkat penglihatan secara signifikan. Low vision yang terjadi pada tingkatan tertentu bisa memengaruhi hilangnya fungsi penglihatan yang terjadi secara permanen. Kondisi ini tidak dapat diperbaiki dengan kacamata, lensa kontak, bahkan hingga operasi. Penyebabnya bisa karena berbagai faktor termasuk jenis penyakit tertentu. Salah satunya adalah cedera otak traumatis yang meliputi stroke dan cedera otak, yang bisa menyebabkan ketajaman visual menurun secara signifikan. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap perubahan bidang visual, ketidaksejajaran mata, masalah persepsi kedalaman, sensitivitas silau, dan permasalahan visi lainnya.

Cedera otak traumatis dan pengaruhnya terhadap kemampuan penglihatan

Ketika seseorang mengalami trauma kepala, maka mereka memiliki kemungkinan mengalami kerusakan pada saraf optik. Dimana saraf optik memiliki peran dan tanggungjawab yang cukup besar untuk bisa menyampaikan informasi yang diperoleh mata kepada otak. Saat-saraf optik yang terluka, akibat terjadinya robekan atau bengkak bisa menyebabkan terganggunya sel saraf tersebut bahkan sel saraf yang mati.  Hal ini bergantung pada lokasi dan tingkat keparahan cedera untuk dapat memengaruhi penglihatan seseorang. Seringkali kondisi akibat cedera otak traumatis ini dikaitkan dengan penyebab munculnya risiko low vision.

Baca Juga: Alasan Kuat Kenapa Harus Menggunakan Orthokeratology

Cedera otak traumatis yang dialami seseorang bisa merusak bagian otak yang terlibat dalam pemrosesan visual dan persepsi. Bagian tersebut seperti misalnya, saraf kranial, saluran saraf optik, atau sirkuit lain yang terlibat dalam penglihatan, lobus oksipital. Sehingga edera otak traumatis ini dapat menyebabkan munculya masalah pada penglihatan anda seperti low vision hingga hilangnya kemampuan visual anda.

Masalah penglihatan yang umum terjadi karena cedera otak traumatis

Cedera otak traumatis bisa menyebabkan berbagai masalah visual yang dapat terjadi pada tingkat keparahan yang berbeda. Masalah penglihatan paling umum yang bisa terjadi seperti penglihatan kabur, terutama dengan melihat dari dekat. Kemudian penglihatan ganda atau berbayang dan penglihatan perifer yang menurun. Seseorang juga bisa kehilangan penglihatan total pada satu atau kedua mata tergantung pada tingkat keparahan cedera. Gangguan tersebut tentu dapat membuat anda lebih sulit membaca atau melakukan aktivitas lainnya.

Masalah visual yang bisa muncul lainnya dapat memengaruhi postur, keseimbangan, atau pergerakan anda.  Anda mungkin akan mengalami kesulitan untuk menilai di mana objek berada dalam ruang. Masalah visual lainnya dapat memengaruhi kemampuan otak anda untuk menerima dan memahami informasi visual termasuk menggerakkan mata bersamaan atau membuat gerakan mata lainnya. Kemudian anda akan kesulitan untuk mencari dan memindai informasi visual. Anda juga mengalami kesulitan secara mental untuk fokus pada objek. Serta munculnya masalah encoding, mengenali, dan mengingat informasi visual.

Anda membutuhkan low vision treatment? Segera hubungi atau kunjungi Vio Optical Clinic, klinik kesehatan mata professional dan terpercaya. Dengan layanan pemeriksaan mata yang lengkap serta staff profesional dan di dukung alat medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic low vision device seperti teleskop untuk melihat jauh lebih jelas, magnifier atau microscope ataupun telemicroscope untuk digunakan pada saat rehabilitas mata low vision. Vio Optical Clinic memberikan layanan kesehatan mata terbaik untuk anda.