Vision Therapy – Masalah dan gangguan penglihatan memengaruhi kualitas kehidupan seseorang. Amblyopia atau mata malas adalah satu masalah penglihatan yang mungkin bisa dialami pada usia dini. Ini adalah kondisi perkembangan saraf yang terjadi selama masa bayi dan anak usia dini. Mereka yang mengalami amblyopia biasanya mengalami penurunan penglihatan pada satu mata, bahkan saat koreksi terbaik dengan kacamata atau lensa kontak. Jika tidak diobati, amblyopia dapat memengaruhi citra diri, pekerjaan, sekolah, olahraga, dan menurunnya kualitas hidup seseorang. Kenali gangguan penglihatan amblyopia dan hal yang bisa dilakukan berikut ini.

Apa itu Gangguan Penglihatan Amblyopia (Mata Malas)?

Amblyopia adalah gangguan perkembangan penglihatan yang terjadi di masa kanak-kanak, dan dapat memiliki efek yang bertahan lama ketika mereka dewasa. Jika kondisi ini tidak terdeteksi dan diobati dengan tepat waktu, maka bisa menurunkan kualitas hidup. Ini sering terjadi, dengan prevalensi antara 1% dan 5% dari populasi umum. Anak-anak di bawah usia 15 tahun seringkali mengalami gangguan penglihatan karena kelainan refraksi dan amblyopia yang tidak diperbaiki. Amblyopia fungsional adalah penyebab utama kehilangan penglihatan monokuler pada orang dewasa yang lebih tua dari usia 20. Kehilangan penglihatan ini dapat dicegah dengan diagnosis dan pengobatan yang tepat waktu.

Faktor Risiko Amblyopia

Amblyopia bukanlah kondisi langka, dan penyedia perawatan mata memiliki pengetahuan dan alat untuk mengobati amblyopia secara efektif. Ketika kemampuan untuk memfokuskan kedua mata (penglihatan binokular) terganggu selama perkembangan anak usia dini. Otak akan mematikan atau menekan sinyal yang masuk dari mata yang terganggu. Amblyopia terjadi ketika perkembangan penglihatan terganggu dengan salah satu cara berikut:

·         Ambliopia Strabismik

Bentuk umum dari ambliopia ini terjadi ketika mata tidak sejajar, suatu kondisi yang dikenal sebagai strabismus. Untuk menghindari penglihatan ganda, otak mematikan atau menekan mata yang lebih lemah.

Baca Juga: Mengenali Kondisi Low Vision dan Perawatannya

·         Ambliopia Refraktif

Bentuk ambliopia ini terjadi ketika salah satu mata memiliki rabun jauh yang tidak terkoreksi secara signifikan, rabun dekat, atau astigmatisme. Ketika ini terjadi, otak mendukung mata dengan penglihatan yang lebih baik dan mematikan atau menekan mata yang lebih lemah.

·         Deprivation Amblyopia

Bentuk amblyopia ini terjadi ketika cahaya terhalang dari memasuki mata, seperti katarak atau astigmatisme. Akibat penyumbatan, satu mata menjadi lebih lemah, dan otak mendukung mata tanpa penyumbatan, mematikan atau menekan mata yang lebih lemah.

Efek Amblyopia Terhadap Mata

Meskipun ketajaman visual sering menjadi fokus manajemen, ambliopia berdampak pada banyak elemen lain dari sistem visual. Penderita amblyopia sering mengalami penurunan kemampuan okulomotor dan fiksasi, keterampilan akomodatif, penjumlahan binokuler, sensitivitas kontras dan stereoakuitas. Amblyopia dapat mempengaruhi kemampuan anak untuk belajar di lingkungan kelas dan meningkatkan peluang mereka untuk mengalami masalah pembelajaran berbasis penglihatan.

Deteksi dini adalah kunci dalam mencegah efek jangka panjang amblyopia. Perkembangan utama jalur visual terjadi sejak lahir hingga usia enam hingga delapan tahun. Selama waktu tersebut, sistem visual paling rentan terhadap faktor ambliogenik, mekanisme yang mengganggu perkembangan visual berjalan normal. Faktor-faktor tersebut termasuk pengaburan optik, strabismus, perampasan visi, atau kombinasi ketiganya. Jika salah satu dari kondisi tersebut terjadi saat lahir hingga usia delapan tahun ketika perkembangan visual rentan, ambliopia dapat berkembang dan memengaruhi penglihatan.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf professional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.