Terapi Mata Minus – Sekarang mata minus (miopia) menjadi gangguan penglihatan yang dialami oleh banyak orang. Terutama bagi mereka yang menghabiskan banyak waktu dengan perangkat digital. Selain itu, faktor genetik juga bisa memengaruhi munculnya risiko mata minus pada seseorang. Bahkan kondisi ini bisa menyerang anak-anak, apalagi saat ini mereka tidak terlepas dari pengaruh gadget. Kondisi gangguan seperti mata minus akan memengaruhi ketajaman visi anda yang memengaruhi kehidupan dan aktivitas anda. Pelajari tentang mata minus dan terapi mata minus berikut ini.

Kenali Apa Itu Mata Minus (Miopia)

Mata minus atau miopia adalah cacat pandang, karena sinar cahaya dari jarak benda yang jauh tidak fokus pada retina tetapi di depannya. Dimana pada kondisi ini objek yang diamati cenderung tampak buram, dan penglihatan lebih baik atau lebih jelas pada jarak dekat. Namun, pada jarak jauh penglihatan menjadi tidak jelas, buram dan nampak kabut. Miopia atau mata minus adalah kelainan penglihatan yang paling sering terjadi pada banyak orang dengan tanda rabun ketika melihat objek dari kejauhan.

Miopia (mata minus) umumnya bisa diukur dengan dioptri, yang mana jika semakin rabun mata maka semakin besar pula dioptrinya. Pada umumnya, ketajaman visual diukur dalam sepersepuluh. Dimana dalam praktiknya jika anda duduk pada jarak tetap dari bagan anda dapat membaca 10 baris. Anda memiliki sepuluh persepuluh, jika Anda membaca enam Anda memiliki enam persepuluhan dan seterusnya. Diopter sendiri merupakan kekuatan lensa  yang memungkinkan anda memperoleh penglihatan terbaik ketika memiliki cacat penglihatan. Jadi hal ini tidak menunjukkan seberapa banyak anda melihat, akan tetapi kekuatan lensa untuk memiliki penglihatan terbaik.

Diagnosis Untuk Miopia (Mata Minus)

Miopia (mata minus) atau yang juga dikenal sebagai rabun jauh, adalah gangguan penglihatan umum yang biasanya terjadi selama masa kanak-kanak. Kesalahan bias ini menyebabkan masalah saat melihat objek yang jauh sementara penglihatan jarak dekat Anda tetap stabil. Menggunakan kacamata resep adalah bentuk standar untuk koreksi miopia. Jika opsi ini tidak sesuai dengan kondisi Anda, kami mungkin merekomendasikan untuk menjalani terapi penglihatan. Miopia bisa didiagnosis dengan melakukan pemeriksaan mata dasar, yang meliputi penilaian refraksi dan pemeriksaan kesehatan mata. Penilaian refraksi akan menentukan apakah anda memiliki masalah penglihatan seperti rabun jauh atau rabun dekat, astigmatisme, atau presbiopia. Dalam hal ini digunakan berbagai instrumen dan anda akan diminta untuk melihat melalui beberapa lensa untuk menguji jarak dan penglihatan anda.

Baca Juga: Gangguan Mata Strabismus dan Vision Therapy yang Harus Dilakukan

Pengobatan Mata Minus

Tujuan dari pengobatan miopia adalah untuk meningkatkan penglihatan dengan membantu memfokuskan cahaya pada retina. Ini dilakukan melalui penggunaan lensa korektif seperti kacamata. Mengenakan lensa korektif mengobati rabun jauh dengan menangkal peningkatan kelengkungan kornea atau bertambahnya panjang mata anda. langkah sederhana yang bisa digunakan untuk mempertajam penglihatan yang disebabkan oleh mata minus adalah dengan kacamata. Variasi lensa kacamata lebar dan mencakup penglihatan tunggal, bifokal, trifokal, dan multifokal progresif.

Anda juga bisa menggunakan lensa kontak yang dipakai tepat di mata anda. Mereka tersedia dalam berbagai bahan dan desain, termasuk lunak dan kaku, permeabel gas yang dikombinasikan dengan desain bola, toric, dan multifokal. Tanyakan kepada dokter mata Anda tentang opsi lensa kontak dan apa yang terbaik untuk Anda.

Terapi Mata Minus

Terapi ini juga disebut sebagai pelatihan penglihatan. Dimana hal ini mencakup program perawatan non-bedah yang melibatkan serangkaian latihan mata untuk jangka waktu tertentu. Terapi ini mungkin juga termasuk penggunaan alat bantu visual, prisma, dan bahkan aktivitas dengan bantuan komputer. Terapi penglihatan ini bertujuan untuk mengembangkan kekuatan dan fungsi mata. Selain itu, pelatihan visi juga bertujuan untuk meningkatkan koordinasi antara sistem neurologis dan visual anda. Melakukan latihan atau terapi berulang kali dengan memanfaatkan kemampuan neuroplastisitas otak, akan meningkatkan kemampuan beradaptasi terhadap rangsangan eksternal. Program ini dirancang khusus untuk mengurangi ketidakcukupan konvergensi, menjadikannya sebagai koreksi penglihatan miopia yang efektif.

Vio Optical merupakan klinik mata terpercaya yang menghadirkan pelayanan kesehatan mata terlengkap dengan alat canggih serta staff professional. Anda dapat memperoleh terapi mata minus seperti ortho-k, kacamata, ataupun kontak lens yang sesuai dengan kondisi anda. Pemeriksaan lengkap meliputi screening retina, screening, katarak dan screening glukoma. Segera dapatkan pelayanan kesehatan mata terpercaya dan lengkap bersama Vio Optical Clinic.