Klinik Mata Bekasi – Bercak merah terang pada mata Anda dapat menjadi hal yang mengkhawatirkan, tetapi jangan panik. Anda mungkin mengalami perdarahan subkonjungtiva, atau dikenal sebagai pecahnya pembuluh darah di mata. Untungnya, pembuluh darah yang pecah di mata Anda biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Memahami apa yang menyebabkan pembuluh darah pecah dapat membantu mencegah terjadinya perdarahan di masa depan. Namun, apabila terjadi berkepanjangan dan dalam kurun waktu yang lama, maka lebih baik segera membawanya pergi ke klinik gangguan mata terbaik untuk menanganinya.

Apa yang Dimaksud dengan Perdarahan Subkonjungtiva?

Perdarahan subkonjungtiva adalah pembuluh darah yang pecah pada mata yang menyebabkan bercak merah pada sklera (bagian putih mata). Meskipun terlihat menakutkan, perdarahan subkonjungtiva biasanya tidak berbahaya. Konjungtiva merupakan selaput bening yang menutupi mata dan merupakan tempat tersimpannya bagi banyak pembuluh darah kecil. Ketika darah terperangkap di bawah selaput ini, maka disebut sebagai subkonjungtiva. Meskipun terdapat darah, hal ini tidak akan mempengaruhi penglihatan Anda.

Penyebab Pecahnya Pembuluh Darah di Mata

Pembuluh darah di mata Anda dapat pecah atau “meletus” karena berbagai alasan. Penyebab umum meliputi:

  • Batuk/bersin yang kuat
  • Muntah atau mata terasa kering
  • Mengejan saat melakukan aktivitas fisik
  • Mengucek mata Anda terlalu keras
  • Operasi mata
  • Cedera atau tusukan pada mata

Jika Anda menderita diabetes, hipertensi (tekanan darah tinggi), atau gangguan pembekuan darah, Anda mungkin lebih rentan mengalami perdarahan subkonjungtiva. Obat-obatan tertentu yang berfungsi sebagai pengencer darah, seperti aspirin, juga dapat meningkatkan risiko pecahnya pembuluh darah di mata.

Gejala

Bintik atau bercak merah yang terlihat pada sklera Anda merupakan indikator utama perdarahan subkonjungtiva. Anda mungkin akan merasakan gatal ringan pada mata yang terkena, tetapi tidak lebih dari itu. Jika Anda mengalami nyeri atau perubahan penglihatan, hubungi klinik gangguan mata Anda, untuk mendapatkan penanganan lanjutan.

Baca Juga: Apakah Bisa Menghindari Kebutaan yang Disebabkan Ablasio Retina?

Menyembuhkan Pembuluh Darah yang Pecah di Mata

Pembuluh darah yang pecah pada mata akan sembuh secara alami dalam waktu 1-2 minggu. Anda dapat menggunakan obat tetes mata untuk membantu meredakan rasa gatal yang mungkin Anda rasakan selama masa ini. Bersikap lembut terhadap mata Anda dapat membantu mencegah pembuluh darah pecah. Cobalah untuk menghindari mengucek mata Anda jika bisa. Anda mungkin tidak selalu dapat mencegah perdarahan subkonjungtiva, terutama saat batuk, bersin, atau muntah. Ketahuilah bahwa pembuluh darah yang pecah pada mata dapat terjadi dan biasanya tidak perlu dikhawatirkan.

Perdarahan yang Terjadi Berulang

Jika Anda mengalami perdarahan subkonjungtiva berulang, ini bisa jadi merupakan gejala dari kondisi atau masalah yang mendasarinya. Sebagai contoh, beberapa orang pernah mengalami perdarahan subkonjungtiva berulang akibat pemasangan lensa kontak yang tidak tepat. Menyentuh mata Anda sendiri bisa jadi menakutkan, sehingga beberapa orang menggunakan alat bantu untuk membantu memasang dan melepas lensa mereka. Dengan menggunakan alat bantu ini, akan lebih sulit untuk mengukur tekanan yang tepat, sehingga dapat menyebabkan perdarahan subkonjungtiva yang sering terjadi.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk mengikuti petunjuk ahli mata Anda saat menggunakan lensa kontak. Jangan gunakan pinset atau alat apa pun kecuali jika diarahkan secara khusus. Indikator terbesar bahwa Anda memiliki pembuluh darah yang pecah di mata Anda adalah bagaimana bintik merah muncul. Pembuluh darah yang pecah pada mata akan tampak seperti bercak merah terang. Beberapa kemerahan mungkin terlihat seperti pembuluh darah yang pecah, tetapi sebenarnya adalah sesuatu yang lain.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah klinik gangguan mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, seperti salah satunya adalah layanan Ortho K untuk mengurangi tingkat mata minus.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.