Dikenal secara kolektif sebagai low vision, kekurangan penglihatan ini tidak dapat dikoreksi atau diperbaiki dengan kacamata, lensa kontak, atau pembedahan. Banyak dari gejala-gejala ini, seperti penglihatan kabur atau bintik-bintik buta, timbul akibat kondisi mata yang lebih berisiko dialami oleh orang dewasa yang lebih tua, termasuk glaukoma, degenerasi makula, atau penyakit mata diabetes.

Apa yang Dimaksud dengan Low Vision?

Low vision adalah suatu kondisi yang dapat mempersulit kegiatan sehari-hari seperti membaca, menulis, mengendarai sepeda, memasak, atau mengemudikan kendaraan. Low vision tidak dapat diperbaiki dengan kacamata normal, kontak, obat-obatan atau operasi, tetapi strategi dan alat bantu dapat meningkatkan aktivitas visual, kualitas hidup dan kemandirian.

Apa Saja Penyebab Low Vision?

Ada berbagai penyebab yang harus diwaspadai karena bisa menjadi penyebab seseorang mengalami low vision. Beberapa penyebab umum rabun jauh pada manula dan orang dewasa adalah cedera mata, degenerasi makula terkait usia, katarak, glaukoma, dan retinopati diabetik.

Apa itu Degenerasi Makula Terkait Usia?

Degenerasi makula terkait usia (DMTU) terjadi ketika bagian retina, yaitu makula, mulai memburuk. Ini adalah penyebab paling umum dari rabun senja dan penyebab utama kebutaan parsial pada orang dewasa berusia di atas 50 tahun. Makula berada di pusat retina, sehingga seiring dengan memburuknya DMTU, pasien akan kehilangan penglihatan sentral.

Hal ini dapat membuat pasien tidak dapat melakukan kegiatan sehari-hari. Terdapat dua bentuk DMTU lanjut: bentuk kering, meliputi 80-90 persen pasien yang terkena, dan bentuk basah, yang mempengaruhi sekitar 10 persen pasien. DMTU basah lebih serius dan berkembang lebih cepat daripada DMTU kering. Pasien dengan DMTU lanjut, yang juga dikenal sebagai DMTU akhir, hampir sepenuhnya bergantung pada penglihatan tepi.

Apa yang Menyebabkan DMTU?

DMTU tahap awal disebabkan oleh sel-sel mata yang tidak mampu mengatasi peradangan, sehingga menyebabkan penumpukan pada retina. Penumpukan ini dapat merusak makula dan menyebabkan DMTU kering. Pada DMTU basah, pembuluh darah terbentuk di bawah retina dan mengeluarkan cairan, sehingga mengganggu fungsi retina dan merusak penglihatan.

DMTU bersifat turunan, paling sering terjadi pada wanita kulit putih yang lebih tua, sehingga orang yang memiliki riwayat keluarga memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit ini. Faktor risiko lainnya termasuk merokok, obesitas, tekanan darah tinggi, dan warna mata yang lebih terang.

Baca Juga: Memahami Risiko dan Pilihan Perawatan Mata Minus pada Anak

Bagaimana Cara Mengobati DMTU?

Tidak ada obat untuk DMTU, tetapi ada beberapa perawatan yang dapat memperlambat kondisi dan memperlambat kehilangan penglihatan. Untuk DMTU kering stadium awal, dokter umumnya meresepkan terapi nutrisi: diet tinggi antioksidan untuk mendukung kesehatan makula. Untuk DMTU basah, terdapat lebih banyak pilihan pengobatan, termasuk bedah laser, terapi obat, dan injeksi. Seiring dengan perkembangan DMTU, pengobatan juga dapat melibatkan strategi dan perangkat yang membantu pasien beradaptasi untuk hidup dengan DMTU, sehingga mereka dapat terus menikmati hobi seperti membaca, memasak, atau menonton TV.

Bagaimana Saya Dapat Mencegah DMTU?

Mengubah gaya hidup dapat mengurangi risiko DMTU dini.

  • Jangan merokok.
  • Konsumsilah diet rendah lemak.
  • Makanlah banyak buah-buahan segar, sayuran berdaun hijau, dan kacang-kacangan.
  • Sertakan 2-3 porsi ikan per minggu dalam diet Anda.
  • Berolahragalah secara teratur (berjalan kaki, bersepeda, berenang, dll.).
  • Kenakan kacamata hitam dan/atau topi untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari yang kronis.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata yang berkaitan dengan low vision? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.