Kesehatan mata dan penglihatan yang baik menjadi hal yang sangat penting bagi perkembangan anak. Namun, sekarang ini tidak sedikit anak-anak yang mengalami masalah penglihatan. Sangat penting bagi orang tua untuk segera mengidentifikasi dan memperbaiki masalah penglihatan yang dialami oleh anak-anak. Jika terlambat, besar kemungkinan gangguan penglihatan tersebut akan memengaruhi perkembangan anak. Terlebih lagi, saat ini anak-anak sering menggunakan gadget yang dapat memengaruhi kesehatan mata mereka. Pandemi covid-19 yang sedang terjadi, mengharuskan anak-anak untuk mengikuti proses pembelajaran secara online yang mana menuntut mereka untuk senantiasa beraktivitas dengan gadget. Sehingga penting untuk melakukan deteksi dini terhadap kemungkinan gangguan penglihatan yang terjadi.

Penggunaan gadget perlu dilakukan dalam batasan yang normal, dimana penggunaan yang berlebihan dapat memengaruhi mata anda.  Definisi penggunaan yang berlebihan dimana ketika anak berusia diatas dua tahun yang menggunakan gadget lebih dari dua jam sehari. Layar gadget memiliki cahaya high energy visible atau lebih dikenal dengan blue light yang berbahaya bagi kesehatan mata. Sehingga dapat memicu risiko timbulnya gejala tidak nyaman karena mata terlalu fokus pada layar dalam periode yang terlalu lama. Gejala tersebut bisa berupa mata yang lelah sehingga mata kemerah-merahan, mata yang terasa pedih, sering menggosok mata bahkan mata menjadi kering.

Tingginya penggunaan gadget oleh anak-anak dalam masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, perlu untuk diwaspadai. Sebagai orang tua, anda memiliki peran yang cukup penting dalam mendampingi anak ketika mereka beraktivitas dengan gadget. Karena menatap layar monitor gadget dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan mata sakit, merasa mual, pusing, bahkan muntah-muntah. Bahkan, hal tersebut juga bisa memicu risiko mata minus atau myopia pada anak-anak. Disini, anda harus memperhatikan aktivitas anak dengan gadgetnya. Terapkan jarak pandang yang baik yaitu 30-40 cm dari layar monitor gadget, hal ini bertujuan agar mata tidak terlalu dekat dengan layar monitor. Posisi yang terlalu dekat dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan mata.

Baca Juga: Ortho-K Sebagai Langkah Mudah dan Efektif untuk Koreksi Kesalahan Refraksi

Membatasi penggunaan gadget setiap dua jam perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan mata anak. Ketika anak beraktivitas dengan gadget, anda perlu untuk mengingatkan anak menghentikan aktivitasnya setiap dua jam. Selalu ingatkan anak untuk menghentikan segala aktivitas gadgetnya setiap dua jam guna memberi waktu istirahat untuk mata. Hal ini bertujuan agar anak tidak terlalu terpapar oleh blue light pada layar monitor gadget yang digunakan. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa paparan sinar blue light memiliki efek yang kurang baik bagi mata. Dengan memberikan batasan penggunaan gadget, maka akan meminimalisir risiko paparan sinar blue light yang parah.

Peran orang tua sangat diperlukan dalam mengawasi aktivitas anak dengan gadget yang meningkat selama masa pandemic Covid-19. Kesehatan mata sangat penting dalam kehidupan termasuk perkembangan anak. Untuk itu, guna menghindari segala kemungkinan yang tidak diinginkan anak perlu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan mata secara rutin. Dengan mengetahui kondisi kesehatan mata, maka anda dapat melakukan perawatan ataupun pencegahan terhadap risiko gangguan kesehatan mata. Penting sekali untuk menjaga kesehatan mata sejak dini karena hal tersebut akan membawa pengaruh yang cukup besar di kemudian hari.

Anda membutuhkan pemeriksaan kesehatan mata untuk anak? Segera hubungi kontak person atau kunjungi Vio Optical Clinic yang menawarkan layanan Pemeriksaan Pediatric Refraction. Layanan untuk pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh guna mengetahui kondisi penglihatan anak anda. Dengan layanan pemeriksaan buta warna, pemeriksaan stereopsis, retinoscopy, serta konsultasi kesehatan mata dengan dokter ahli mata terpercaya. Vio Optical Clinic memiliki peralatan medis yang memadai dan canggih serta para staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda dan keluarga hanya bersama Vio Optical Clinic.