Salah satu solusi efektif untuk memperbaiki masalah kelainan refraksi yaitu dengan orthokeratology. Ini adalah prosedur non-bedah menggunakan lensa kontak yang dirancang dan dipasang khusus. Lensa orthokeratology (ortho-k) dipakai semalaman dengan fungsi untuk membentuk ulang kornea dengan lembut. Sehingga, Anda dapat mencapai penglihatan yang jelas di siang hari tanpa perlu bantuan lensa korektif. Ketahui tentang orthokeratology lebih dalam pada pembahasan berikut.

Bagaimana Cara Kerja Orthokeratology?

Kornea mata bertugas untuk memfokuskan cahaya ke retina. Serta bertanggung jawab atas sebagian besar kemampuan mata untuk fokus pada suatu objek. Kelainan refraksi terjadi akibat struktur bola mata atau kornea yang abnormal. Melalui orthokeratology, struktur bola mata tersebut akan diperbaiki sehingga bisa memfokuskan cahaya tepat pada retina. Sebelum orthokeratology di pasang, pasien perlu melakukan pemeriksaan mata dan pengukuran kornea mata. Dengan menggunakan topografi kornea, mata kornea dapat dipetakan dan diukur permukaan dan bentuknya.

Berdasarkan pada hasil pemetaan kornea yang telah dilakukan sebelumnya, maka dibuatlah sepasang lensa orthokeratology sesuai dengan kondisi setiap pasien. Lensa orthokeratology bekerja dengan meratakan bagian tengah kornea. Sehingga dapat mengubah cara cahaya dibelokkan saat memasuki mata dan memperbaiki kesalahan refraksi. Lensa orthokeratology dipakai semalaman untuk koreksi penglihatan dan dilepas di pagi hari saat bangun tidur. Anda bisa merasakan kenyamanan visual selama menjalani aktivitas sehari-hari.

Untuk Siapa Orthokeratology?

Orthokeratology banyak digunakan dalam mengendalikan atau memperlambat perkembangan miopia. Terutama permasalahan miopia progresif pada anak-anak yang dapat berkembang seiring waktu. Orthokeratology juga dapat digunakan sebagai alternatif untuk mencapai penglihatan yang baik tanpa operasi. Mereka dengan gaya hidup aktif dan merasa repot atau tidak nyaman memakai kacamata atau softlens sepanjang hari juga dapat memilih orthokeratology sebagai solusi efektif. Orthokeratology dapat membantu anda menghilangkan kebutuhan akan kacamata atau lensa di siang hari, sehingga memungkinkan kebebasan optik dalam beraktivitas.

Orthokeratology tidak hanya digunakan untuk mengoreksi kelainan refraksi seperti miopia saja. Tetapi orthokeratology juga dapat mengobati kasus kelainan refraksi atau kesalahan biasa lainnya. Seperti misalnya pada kasus ringan presbyopia, hyperopia, hingga astigmatisme. Diperlukan pemeriksaan mata lengkap sebelum anda memulai prosedur orthokeratology. Sehingga  dapat diketahui apakah orthokeratology sesuai dengan kondisi anda. Dengan begitu orthokeratology dapat memperbaiki masalah penglihatan Anda secara maksimal dan memberikan hasil yang optimal.

Baca Juga: Ketahui Tentang Lensa Malam Ortho-K

Alasan Penting Memilih Orthokeratology

Orthokeratology menawarkan banyak keunggulan dan manfaat menarik untuk anda. Selain menjadi solusi efektif dalam memperbaiki masalah penglihatan, orthokeratology juga menjadi pilihan perawatan yang aman dan nyaman. Simak alasan penting mengapa anda perlu memilih orthokeratology berikut ini:

Koreksi cepat

Orthokeratology memberikan hasil yang cepat pada kebanyakan kasus masalah penglihatan. Tentu waktu yang dibutuhkan bergantung pada tingkat keparahan kelainan refraksi yang anda alami. Jika Anda memiliki resep yang kuat, maka bisa memakan waktu dua atau tiga minggu untuk mencapai hasil yang optimal.

Hasil yang berlangsung sepanjang hari

Meskipun orthokeratology dipakai setiap malam, hasil koreksinya akan bertahan sepanjang hari. Dengan perawatan ini, Anda tidak perlu lensa korektif sama sekali selama jam bangun Anda.

Perawatan yang nyaman dan aman

Anda hanya memakai lensa orthokeratology di malam hari, sehingga anda bisa melakukan aktivitas dengan bebas di siang hari. Ini adalah pilihan perawatan yang nyaman karena tidak akan mengganggu aktivitas anda. Selain itu, orthokeratology adalah perawatan non-invasif yang aman tanpa resiko visual jangka panjang.

Kontrol miopia yang efektif

Studi terbaru menunjukkan bahwa orthokeratology sangat efektif untuk mengontrol miopia pada anak-anak. Saat lensa membentuk kornea, lensa menekan pertumbuhan mata yang dapat mencegah rabun jauh mereka memburuk.

Pengobatan hiperopia dan presbiopi

Kemajuan dalam teknologi orthokeratology telah menghasilkan desain lensa kontak yang dirancang untuk mengobati hyperopia, presbiopia, dan juga astigmatisme.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.