Ortho Keratology – Orthokeratology adalahmetode koreksi penglihatan bebas operasiuntuk orang – orang dengan miopi dan astigmatisme. Karakteristik lensa adalah mengoreksi bentuk kornea saat tidur dan memperbaiki penglihatan tanpa bantuan. Prosedur lensa orthokeratology ini seringkali digunakan dalam terapi mata minus. Berbeda dengan kacamata dan lensa kontak yang harus dipakai sepanjang hari, lensa orthokeratology cukup dipakai pada malam hari saja. Sifatnya yang mudah, praktis dan nyaman, menjadikannya pilihan banyak orang guna mengatasi permasalahan mata minus.

Pengertian Ortho Keratology

Kemajuan teknologi telah memudahkan manusia dalam berbagai aspek kehidupan. Contohnya dengan ditemukan kacamata dan lensa kontak dapat membantu orang-orang yang memiliki mata minus, silinder, atau mata plus dapat melihat secara normal. Kini ada metode baru yang tengah digemari pemilik mata minus dan silinder yaitu lensa orthokeratology. Untuk perawatan orthokeratology, lensa kontak keras dirancang khusus dengan permeabilitas oksigen. Dengan bentuk lensa khusus yang dipasang sebelum tidur di malam hari dan dilepas ketika bangun di pagi hari. Lensa orthokeratology bertujuan untuk membentuk ulang kornea dengan lembut.

Karakteristik lensa ortho k adalah untuk mengoreksi bentuk kornea saat tidur dan memperbaiki penglihatan tanpa bantuan. Bahkan setelah melepas lensa keesokan paginya, bentuk kornea dapat dipertahankan untuk jangka waktu tertentu. Dengan demikian memungkinkan anda dengan mata telanjang dalam melakukan aktifitas dan menghabiskan waktu seharian penuh. Orthokeratology adalah tindakan untuk mengoreksi mata minus disertai silinder dengan menggunakan lensa kontak yang bentuknya khas dibanding lensa kontak biasa. Metode Orthokeratology dapat menjadi alternatif untuk koreksi kelainan refraksi mata minus atau silinder bagi penderita yang ingin terbebas dari pemakaian kacamata. Khususnya bagi mereka yang tidak memenuhi persyaratan untuk tindakan lasik atau operasi.

Baca Juga: Ortho K sebagai Opsi Terbaik Mengatasi Mata Minus Non Bedah

Mekanisme Orthokeratology

Untuk memperbaiki permasalahan mata minus, maka yang diperlukan adalah mengubah cara cahaya membungkuk (refraksi).  Pengubahan refraksi tersebut akan membantu cahaya yang masuk ke mata terfokus pada retina sehingga bayangan objek akan terlihat jelas. Dalam perawatan orthokeratology, saat tidur di malam hari, lensa akan melekat untuk meratakan bentuk kornea, dan indeks cahaya bias diubah untuk membuatnya menjadi fokus. Lensa tersebut disesuaikan dengan bentuk kornea mata anda, sehingga nyaman ketika dikenakan.

Lensa yang digunakan untuk metode orthokeratology adalah perangkat medis yangmengoreksi kelainan refraksi mata anda. Dengan mengubah bentuk kornea secara perlahan dan alami tanpa melalui tindakan operasi . Di dalam lensa ada beberapa kurva khusus yang memungkinkan bentuk kornea perlahan diperbaiki. Oleh karena itu, setelah melepas lensa keesokan paginya, efeknya berlanjut untuk jangka waktu tertentu. Kornea yang diperbaiki membuat anda dapat hidup dengan mata telanjang di siang hari.

Rekomendasi Untuk Orthokeratology

Orthokeratology menggunakan tekanan hidrolik yang di desain khusus untuk menekan kornea secara lembut. Orthokeratology bekerja efektif ketika dipakai sehingga saat dipakai setiap malam, disitulah terjadi metode penghambatan perkembangan minus dan silinder. Pengguna Ortho-K akan diminta memakai lensa kontak khusus yang lunak dan lentur sepanjang malam ketika tidur. Nantinya lensa tersebut akan bekerja untuk mendatarkan permukaan kornea. Kemudian ketika lensa tersebut dilepas saat bangun tidur, pasien dapat melihat dengan jelas dan dapat beraktivitas tanpa bantuan kacamata sepanjang hari.

Orthokeratology disarankan bagi anak-anak maupun orang dewasa yang mengalami permalahan mata minus. Penggunaan lensa orthokeratology pada anak mampu mencegah perkembangan mata minus yang dialami anak tersebut. Dengan begitu, tingkat minus anak tidak akan bertambah dan tidak terbawa hingga dia dewasa. Sedangkan untuk orang dewasa, lensa orthokeratology ini mampu meningkatkan produktifitas mereka. Dimana mereka dapat melepas ketergantungan akan kacamata yang dapat menganggu dalam kegiatan yang intens seperti para atlet.

Anda bingung menemukan layanan orthokeratology yang tepat, Vio Optical Clinic adalah pilihan tepat. Vio Optical Clinic memberikan layanan pemeriksaan lengkap dan menyeluruh menggunakan peralatan canggih. Dengan staff professional dan ahli optometri, kami memberikan layanan kesehatan mata terbaik bagi anda. Hubungi kami sekarang juga dengan klik di sini.