Klinik Mata JakartaSi Kecil hobi main gadget? Atau suka nonton TV terlalu dekat? pasti risau bersama bisnis memelihara kesegaran mata anak.

Sejak lama, kita meyakini bahwa menatap layar (termasuk gadget dan televisi) terlalu lama sanggup berdampak jelek terhadap kesegaran mata anak.

Selain sanggup membuat mata merah dan berair, terhitung sanggup membuat rabun jauh.

Tapi perihal selanjutnya dibantah oleh AAO (The American Academy of Ophthalmology), yang menyebut bahwa pemakaian komputer sesungguhnya tidak membahayakan mata.

Jadi, bagaimana sesungguhnya langkah memelihara kesegaran mata anak? Ini dia tipsnya, layaknya dikutip dari Arizona Retina Specialist Amerika Serikat.

1. Konsumsi Makanan bersama Kandungan Nutrisi yang Baik untuk Mata

Sejak dini, dikala penglihatannya masih berkembang, pastikan memberi Si Kecil asupan makanan yang tepat, yang sanggup membuat indra penglihatan mereka tajam.

Beberapa nutrisi yang perlu untuk mata, di antaranya seng, vitamin C dan E, lutein, dan asam lemak omega-3.

Moms sanggup mendapatkannya di sayuran berdaun hijau layaknya bayam dan kangkung, ikan berminyak layaknya tuna, salmon, dan mackerel, kacang-kacangan, telur, jeruk, serta aneka makanan laut.

2. Pastikan Si Kecil Cukup Tidur atau Istirahat

Tidur nyenyak tak hanya baik untuk berikan kesegaran tubuh, tetapi terhitung mata Si Kecil. Tidur yang cukup membuat penglihatan Si Kecil jernih dan segar, dan memelihara kesegaran mata anak.

3. Ajak Si Kecil Bermain di Luar

Membiarkan Si Kecil bermain di luar dapat membuatnya terpapar sinar matahari yang berfaedah untuk memelihara kesegaran mata anak.

Baca Juga :

4 Aturan Penting Pakai Softlens Saat Cuaca Panas Agar Mata Tetap Sehat

Penelitian membuktikan bahwa menggunakan saat di luar rumah sanggup mendukung anak-anak terhindar dari kasus mata, khususnya miopia atau rabun jauh.

Melihat beraneka warna dan perbedaan jarak terhitung dapat menstimulasi indra penglihatan Si Kecil supaya berkembang secara optimal.

4. Menjaga Kebersihan Mata

Mata rentan terhadap infeksi kalau kerap kontak bersama suatu hal yang kotor.

Cara terbaik untuk memelihara mata selamanya bersih adalah mengajarkan terhadap Si Kecil langkah mencuci tangan bersama benar dan teratur. Anak-anak terlalu suka menyentuh daerah di kira-kira mata, dan rutinitas ini sanggup membuat bakteri masuk dan membuat infeksi.

terhitung sanggup mengajarkan anak untuk memanfaatkan tisu atau saputangan untuk bersihkan mata alih-alih memanfaatkan tangan.

Terus-menerus menatap layar, layaknya komputer, tablet, dan ponsel yang memancarkan sinar biru, khususnya terhadap malam hari, sanggup membuat rusaknya terhadap mata Si Kecil.

Beberapa pengaruh negatif dari sinar biru adalah ketegangan otot mata, pandangan menjadi kabur, ada masalah fokus melihat jauh, mata kering, dan sakit kepala.

Untuk jauhi kasus ini, tak hanya halangi saat layar Si Kecil, terhitung sanggup mengajari mereka untuk berpaling setiap lebih dari satu menit dikala sedang memanfaatkan gadget.