Orthokeratology – Kesalahan refraktif, seperti rabun jauh, dan astigmatisme, dapat menghambat penglihatan anda. Akibatnya, kemampuan visual anda akan menurun dan mempengaruhi kualitas hidup anda jika tidak diperbaiki dengan baik. Kacamata dan lensa kontak tradisional terbukti memperbaiki rabun jauh, dan masalah visual lainnya. Namun, sebagian orang akan merasa tidak nyaman dengan kacamata atau lensa kontak selama kegiatan sehari-hari mereka. Tidak jarang, mereka mencari sebuah alternatif lain dalam mengatasi permasalahan visual tersebut. Seperti operasi laser yang memberikan efek permanen, namun tidak semua orang cocok dengan prosedur tersebut. Untuk hal ini, orthokeratology dapat menjadi solusi dan pilihan yang tepat untuk anda.

Kenali Apa Itu Orthokeratology

Kesalahan bias biasanya terjadi ketika kelemahan kornea merusak proses pembengkokan dan fokus cahaya di mata anda. Orthokeratology atau ortho-k adalah solusi non-bedah untuk memperbaiki masalah tersebut. Dengan memakai lensa ortho-k yang dirancang khusus oleh dokter ahli mata, maka kornea anda akan dibentuk ulang secara bertahap. Lensa ortho-k dirancang sesuai dengan kornea mata anda, sehingga nyaman untuk dikenakan. Lensa tersebut akan digunakan selama anda tidur. Dan ketika bangun, anda bisa menikmati penglihatan yang jernih sepanjang hari. Anda harus mengenakan lensa ortho-k setiap malam untuk dapat melihat dengan jelas pada hari berikutnya.

Siapa Calon yang Baik Untuk Orthokeratology?

Ortho-k awalnya dikembangkan untuk membantu memperbaiki rabun jauh atau setidaknya mencegah perkembangannya. Namun, penelitian juga menunjukkan bahwa lensa ortho-k efektif dalam memperbaiki kesalahan bias lainnya. Kesalahan bias tersebut seperti seperti rabun jauh, astigmatisme dan bahkan presbiopia. Selain itu, ortho-k juga menjadi pilihan bagus untuk orang dengan gaya hidup aktif dimana ingin terlepas dari ketergantungan kacamata.

Orthokeratology seringkali menjadi pilihan yang baik untuk orang-orang yang memiliki rabun jauh yang terlalu muda untuk operasi LASIK. Lensa ortho-k dapat digunakan oleh siapa saja dalam segala usia baik anak-anak hingga orang dewasa. Ortho-k sangat menarik bagi orang-orang yang berpartisipasi dalam olahraga, atau yang bekerja di lingkungan berdebu dan kotor yang dapat membuat pemakaian lensa kontak menjadi sulit. Selain itu, ortho-k menjadi alternatif yang tepat bagi anak-anak dengan masalah refraksi. Lensa ortho-k dipercaya dapat mencegah perkembangan kesalahan refraksi seperti myopia pada anak-anak.

Baca Juga: Ortho K yang Terpercaya dalam Mengatasi Permasalahan Visual

Bagaimana Cara Kerja Orthokeratology?

Lensa orthokeratology akan bekerja pada waktu anda tidur dan dipakai semalaman. Saat anda tidur, lensa dengan lembut akan membentuk kembali permukaan depan mata anda (kornea) untuk memperbaiki penglihatan anda. Melalui proses pembentukan kembali kornea tersebut, anda dapat melihat dengan jelas tanpa kacamata atau lensa kontak pada saat anda bangun. Sebelum anda memakai lensa ortho-k tersebut, anda akan menjalani pemeriksaan menyeluruh untuk menyesuaikan lensa ortho-k dengan kornea anda. Sehingga, lensa tersebut sangat nyaman selama pemakaiannya.

Berapa Lama Orthokeratology Dibutuhkan?

Meskipun Anda mungkin melihat beberapa peningkatan dalam penglihatan anda setelah satu atau dua hari dalam semalam, namun diperlukan beberapa minggu agar efek sepenuhnya terlihat. Selama waktu ini, penglihatan anda tidak akan sejelas dengan kacamata atau kontak. Kemungkinan anda akan melihat beberapa cahaya silau dan lingkaran cahaya di sekitar lampu. Mungkin saja anda membutuhkan kacamata sementara untuk tugas-tugas tertentu, seperti mengemudi di malam hari, hingga penglihatan anda sepenuhnya dikoreksi oleh lensa ortho-k.

Apabila anda membutuhkan lensa orthokeratology, Vio Optical Clinic adalah opsi terbaik untuk anda. Vio Optical Clinic menyediakan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh, guna mengetahui kondisi kesehatan mata anda dengan baik. Kami memiliki peralatan medis canggih yang lengkap dan didukung oleh staff professional. Vio Optical Clinic menyediakan layanan kesehatan mata meliputi orthokeratology, low vision treatment, contact lens specialist, dan lain sebagainya. Segera kunjungi atau hubungi kontak person Vio Optical Clinic untuk kesehatan mata anda.