Orthokeratology – Masalah penglihatan yang timbul akibat kelainan refraksi sangatlah beragam, dan memiliki pengaruh terhadap menurunnya ketajaman visual. Beberapa di antaranya adalah rabun jauh, rabun dekat, dan silinder yang mana memerlukan sebuah alat bantu optik untuk dapat melihat dengan jelas. Alat bantu optik seperti kacamata dan lensa kontak seringkali menjadi pilihan sebagai solusi gangguan penglihatan. Namun, tidak semua orang merasa nyaman untuk menggunakan alat bantu optik tersebut dalam kegiatan sehari-hari terutama bagi mereka yang aktif dengan kegiatan fisik. Salah satu metode alternatif untuk mengoreksi kelainan refreksi yang terjadi tanpa bedah dengan menggunakan Orthokeratology menjadi opsi yang bagus.

Definisi Orthokeratology

Orthokeratology mengacu pada sebuah lensa kontak khusus yang dapat ditembus oleh gas oksigen dan dimaksudkan untuk dipakai dalam semalam. Lensa orthokeratology merupakan salah satu terapi bias kornea yang dilakukan untuk mengatasi kelainan refraksi yang terjadi. Orthokeratology bertujuan untuk membentuk kembali permukaan mata atau kornea dengan bertahap melalui cara yang lembut sehingga aman dan nyaman. Dengan mengubah bentuk kornea maka anda dapat menikmati penglihatan normal di siang hari tanpa perlu kacamata atau lensa kontak. Anda akan memiliki visual yang tajam dan jelas seperti mata pada kondisi normal. Hal ini karena proses pembentukan ulang kornea yang berlangsung dengan baik, sehingga kesalahan bias dapat teratasi.

Orthokeratology dapat diartikan sebagai suatu tindakan dalam mengoreksi mata minus disertai silinder dengan menggunakan lensa kontak khusus. Metode orthokeratology dapat menjadi suatu alternatif untuk melakukan koreksi kelainan refraksi mata minus atau silinder. Yang mana akan terbebas dari pemakaian alat bantu optik seperti kacamata ataupun lensa kontak. Dalam menggunakan lensa orthokeratology, anda akan diminta untuk memakai lensa kontak khusus yang lunak dan lentur sepanjang malam ketika tidur. Kemudian lensa tersebut bekerja untuk mendatarkan permukaan kornea sehingga ketika dilepas saat bangun tidur, anda dapat melihat dengan jelas dan dapat beraktivitas seperti biasanya.

Baca Juga: Ortho-K, Langkah Efektif untuk Mengatasi Gangguan Penglihatan

Kondisi Yang Dapat Diobati Oleh Ortho-K

Empat masalah penglihatan yang dapat diatasi melalui metode orthokeratology adalah rabun jauh, rabun dekat, astigmatisme, dan presbiopia. Dari ke empat masalah penglihatan tersebut, rabun jauh atau miopi yang paling efektif diobati dengan lensa orthokeratology. Seseorang yang memiliki miopia hingga -6,00 merupakan kandidat terbaik untuk metode orthokeratology. Orthokeratology juga telah menjadi pilihan untuk mengatasi masalah rabun jauh pada anak-anak dan memperlambat perkembangannya. Selain itu, orthokeratology juga memiliki manfaat bagi seseorang yang sedang berjuang dengan hiperopia, astigmatisme, dan presbiopia. Dimana lensa khusus ortho-k bermanfaat untuk memperbaiki kesalahan bias yang timbul akibat kelainan refraktif yang anda alami.

Perlu untuk diperhatikan bahwa hasil perawatan orthokeratology dapat bervariasi secara signifikan dari satu kasus ke kasus yang lain. Bahkan dengan jenis dan tingkat kesalahan refraksi yang sama, belum tentu hasilnya sama. Sehingga diprlukan pemeriksaaan mata menyeluruh guna menentukan apakah tingkat kesalahan refraktif dapat dikelola secara efektif dengan orthokeratology. Jenis dan jumlah kesalahan bias atau refraktif yang dapat dikelola secara efektif melalui lensa orthokeratology berbeda pada setiap kasusunya. Disini anda akan menerima panduan yang lebih spesifik setelah pemeriksaan mata untuk metode ortho-k yang efisien.

Apabila anda membutuhkan lensa orthokeratology, Vio Optical Clinic adalah pilihan yang tepat untuk anda. Kami memiliki peralatan medis canggih yang lengkap didukung dengan staf profesional. Vio Optical Clinic memberikan layanan pemeriksaan secara menyeluruh untuk menentukan langkah yang tepat. Segera dapatkan layanan kesehatan mata profesional bersama Vio Optical Clinic dengan menghubungi kontak personnya di halaman ini.