Orthokeratology – Banyak orang yang saat ini menderita kelainan refraksi. Dimana kesalahan refraksi ini seringkali menyebabkan penglihatan menjadi kabur atau terdistorsi. Sehingga penderitanya  sulit untuk bisa melihat dengan jelas dan menyelesaikan tugas visual yang paling sederhana sekalipun. Aktivitas membaca, menulis, dan yang berkaitan dengan visual lainnya akan menjadi lebih sulit. Tergantung pada kelainan refraksi yang dialami, Anda mungkin bisa mengalami kesulitan untuk melihat dari dekat ataupun dari jauh.

Kelainan refraksi yang memengaruhi ketajaman visual seseorang untuk bisa melihat dari jarak tertentu seperti rabun jauh dan rabun dekat. Hingga penglihatan buram akibat astigmatisme dan presbiopi bisa menjadi gangguan visi karena kelainan refraksi yang terjadi. Bagi anda yang bagi mengalami maslaah kelainan refraksi ini, ada banyak pilihan perawatan yang tersedia untuk memperbaiki kondisi visual Anda. Orthokeratology bisa menjadi alternatif yang menarik untuk anda. Ketahui tentang orthokeratology melalui ulasan di bawah ini.

Apa itu Orthokeratology?

Orthokeratolgy merupakan lensa khusus yang ditujukan untuk meningkatkan penglihatan dengan menerapkan lensa yang dirancang khusus untuk dipakai saat tidur. Prosedur ini mirip dengan memakai retainer setelah ortodonti. Lensa orthokeratology kemudian membentuk kembali kornea mata dengan lensa kontak permeabel gas (GP) yang dirancang khusus secara perlahan. Kornea kemudian dimodifikasi untuk mengoreksi penglihatan penderita kelainan refraksi. Ini  mengoreksi penglihatan dengan lebih efektif sehingga Anda dapat melihat dengan jelas tanpa kacamata atau lensa kontak sepanjang hari.

Orthokeratology adalah prosedur yang aman, efektif, dan telah disetujui untuk digunakan pada anak-anak dan orang dewasa. Salah satu kelebihan orthokeratology adalah prosedur ini adalah prosedur non-bedah atau tanpa operasi. Dengan metode koreksi penglihatan orthokeratology, dapat membantu anak-anak yang mengalami miopi progresif. Selain itu, orthokeratology merupakan prosedur yang bagus untuk orang dewasa yang ingin melihat dengan jelas tanpa harus memakai kacamata atau lensa kontak.

Baca Juga: Hal Dasar Ortho-K yang Perlu Diketahui Sebagai Solusi Kelainan Refraksi

Bagaimana Cara Kerja Orthokeratology?

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, sebenarnya ada banyak cara untuk memperbaiki masalah penglihatan yang disebabkan oleh kelainan refraksi. Namun, dalam keadaan dan kondisi tertentu, dokter mata akan memutuskan untuk menggunakan prosedur orthokeratology. Dimana dengan orthokeratology bisa membantu pasien dengan masalah kelainan refraksi seperti miopi, astigmatisme dan hiperopi, hingga presbiopi.

Metode perawatan non-bedah ini bekerja dengan menciptakan lensa kontak permeabel gas yang dirancang khusus dan dipasang yang membentuk kembali kelengkungan mata. Dokter mata menggunakan topografi kornea untuk mengukur permukaan mata Anda untuk membuat lensa khusus bagi setiap pasien.

Topografi akan menunjukkan bagaimana bentuk dan lekukan mata Anda, dan memberikan informasi yang dibutuhkan untuk merancang lensa khusus orthokeratology. Dimana kemudian Anda akan memakai lensa kontak khusus tersebut saat tidur. Lensa orthokeratology ini dengan lembut membentuk kembali permukaan mata Anda dengan meratakan kornea. Ketika kornea diratakan, maka memungkinkan cahaya untuk fokus pada retina secara merata. Yang kemudian memberi Anda penglihatan yang lebih jelas dan tajam.

Lensa orthokeratology adalah lensa kaku dan permeabel terhadap gas. Yang mana berarti lensa memungkinkan oksigen mencapai mata Anda dan menjaga mata tetap sehat. Orthokeratology memberi Anda penglihatan yang dikoreksi tanpa perlu bergantung pada kacamata atau kontak sepanjang hari. Setelah lensa orthokeratology di lepas di pagi hari, kornea Anda tetap rata untuk memberi Anda penglihatan yang terkoreksi. Sehingga anda memiliki kemampuan visual yang baik sepanjang hari tanpa harus dibantu dengan alat optik.

Tujuan utama dari prosedur orthokeratology sendiri adalah untuk memperbaiki penglihatan yang buram akibat kelainan refraksi. Sehingga dengan lensa orthokeratology Anda dapat melihat dengan lebih jelas tanpa perlu menggunakan kacamata atau lensa kontak di siang hari. Berdasarkan penelitian yang ada, lebih dari 65% pasien mampu mencapai ketajaman visual 20/20 setelah memakai lensa orthokeratology semalaman. Dan kebih dari 90% mampu melihat 20/40 atau lebih baik sebagai persyaratan penglihatan yang bagus.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.