Ortho Keratology – Sekarang tidak sedikit orang yang mengalami gangguan kesehatan mata. Meskipun terdapat berbagai faktor yang dapat menjadi penyebab gangguan tersebut, namun tanpa sadar anda dapat memicu gangguan kesehatan mata melalui kebiasaan yang dilakukan. Gangguan kesehatan mata yang paling umum terjadi adalah mata minus. Dimana seseorang tidak dapat melihat dengan jelas suatu benda dan objek yang berada jauh. Dengan tekhnologi yang semakin canggih dimana seseorang cenderung lebih menghabiskan waktu dengan bermain gadget telah memicu meningkatnya jumlah penderita mata minus. Mungkin bagi sebagian orang hal ini dianggap sepele, akan tetapi memberi efek yang kurang bagus pada kesehatan mata yang akan memengaruhi produktifitas kehidupan anda.

Berbagai kebiasaan buruk yang dilakukan dapat menjadi penyebab anda mengalami mata minus. Salah satunya terlalu sering bermain dengan gadget terlebih lagi dengan posisi tidur. Cahaya pada layar handphone anda tidak bagus bagi mata, apalagi apabila anda menatapnya dengan tiduran. Mata akan bekerja keras sehinga mata mudah lelah dan berakibat pada mata minus. Tidak hany itu, membaca dan menonton televisi dengan jarak yang dekat tidak dianjurkan karena dapat merusak mata. Biasanya, seseorang yang mengalami mata minus dianjurkan untuk menggunakan alat bantu optik seperti kacamata dan lensa kontak. Selain itu, dianjurkan untuk menjaga kesehatan mata dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengkonsumsi buah dan sayuran yang bagus untuk mata. Namun, saat ini terdapat satu metode yang mudah dan bermanfaat untuk mengatasi mata minus anda yaitu orthokeratology.

Apa itu Orthokeratology?

Orthokeratology adalah suatu proses yang menggunakan lensa kontak GP (Ortho k) yang dirancang khusus untuk membentuk kembali kontur kornea. Dengan tujuan untuk mengurangi mata minus yang dialami seseorang dengan prosedur non-bedah. Orthokeratology juga dikenal dengan sebutan ortho k dan sering disebut dengan pembentukan kembali kornea (CR), terapi bias kornea atau pembentukan penglihatan. Lensa orthokeratology dipercaya dapat memperlambat perkembangan mata minus. Lensa ortho k dirancang khusus sesuai dengan kontur kornea anda sehingga nyaman untuk digunakan selama terapi.

Baca Juga: Mengapa Harus Mempertimbangkan Ortho K sebagai Terapi Mata Minus

Siapa yang Bisa Menggunakan Orthokeratology ?

Lensa ortho k dapat digunakan oleh setiap orang pada segala usia. Seseorang yang disarankan dengan baik untuk menggunakan lensa ortokeratologi adalah anak-anak dengan usia 8 hingga 12 tahun dengan miopi progresif. Selain itu, sebagian besar remaja dan orang dewasa, meskipun keberhasilan terbaik adalah dengan orang di bawah usia 40 tahun juga bisa menggunakannya. Lensa orthokeratology direkomendasikan untuk penderita mata minus dengan tingkat yang rendah hingga ringan (-4 dioptri atau kurang). Sedangkan seseorang yang menderita sindrom mata kering, ukuran pupil yang besar, atau miopi tingkat tinggi, akan lebih bijak apabila tidak menggunakan langkah ini. Dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli mata ataupun optometry, maka anda akan memperoleh solusi yang tepat.

Keunggulan Orthokeratology

Penderita mata minus terus meningkat seiring berjalannya waktu. Tidak hanya faktor genetic saja, namun beberapa faktor lainnya juga berpengaruh terhadap hal ini. Seperti yang sudah dijelaskan pada uraian di atas, bahwa bermain gadget memiliki andil dalam hal ini. oleh sebab itu, tidak sedikit generasi muda bahkan anak-anak yang mengalami mata minus. Namun, dengan orthokeratology permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan baik. Penelitian telah menemukan bahwa lensa ortho-k yang dirancang khusus ini dapat mengurangi resiko mata minus pada anak dengan pemakaian rutin setiap malam.

Generasi muda  khususnya anak-anak memiliki gerak yang aktif dalam setiap aktifitas. Sehingga lensa orthokeratology ini sangat cocok dan sesuai karena memberikan kebebasan visual untuk bermain ataupun berolahraga tanpa mengenakan kacamata atau kontak lens. Tidak hanya itu, lensa orthokeratology sangat efektif dalam memperlambat proses perkembangan mata minus pada anak. Sehingga, resiko meningkatnya mata minus dapat diminimalisir sedini mungkin. Bagi anak yang mengalami masalah belajar akibat mata minus, lensa ini tentunya dapat dijadikan opsi yang baik.

Bagi anda yang ingin menggunakan lensa orthokeraotology, Vio Optical Clinic adalah solusinya. Dengan pemeriksaan secara menyeluruh menggunakan alat medis yang lengkap, Vio Optical Clinic memberikan pelayanan terbaik untuk anda dengan cara menghubungi kontak person kami di sini.