Ortho K – Gangguan visual seperti myopia dan lainnya, telah menjadi persoalan umum yang dialami oleh banyak orang. Tidak sedikit orang yang mengalami persoalan tersebut karena berbagai faktor setiap tahunnya. Berbagai langkah diambil untuk menghambat ataupun mengurangi tingkat risiko mata minus. Seringkali mereka menggunakan alat bantu optik seperti kacamata dan lensa kontak untuk memiliki visual yang lebih jelas. Bukankah lebih bagus jika anda bisa memperbaiki kemampuan visual anda dan mengurangi ketergantungan pada kacamata atau lensa kontak tanpa harus menjalani operasi mata? Mungkin anda belum percaya akan hal tersebut. Namun pada kenyataannya hal tersebut telah dilakukan oleh banyak orang, yang mana disebut dengan orthokeratology atau ortho-k.

Apa Itu Ortho-K?

Orthokeratology (ortho-k) adalah pemasangan lensa kontak permeable gas yang dirancang khusus dan akan anda kenakan di malam hari. Saat anda tidur, lensa ortho-k dengan lembut akan membentuk kembali permukaan depan mata anda atau yang disebut dengan kornea. Sehingga anda dapat melihat dengan jelas pada hari berikutnya setelah anda melepas lensa ortho-k ketika bangun. Lensa ortho-k dapat ditentukan untuk dua tujuan yaitu:

  1. Untuk memperbaiki kesalahan bias terutama rabun jauh atau myopia atau mata minus. Ortho-k juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah astigmatisme dan hiperopia. Dalam beberapa kasus, ortho-k juga digunakan untuk memperbaiki presbiopi.
  2. Untuk memperlambat perkembangan miopia pada masa kanak-kanak.

Lensa ortho-k juga disebut lensa kontak pembentukan kembali kornea atau lensa kontak semalam untuk memperbaiki atau mengendalikan miopia. Ortho-k dapat dilakukan dengan aman dan berhasil dengan lensa gas permeable (GP). Lensa GP dapat memasok oksigen pada mata dan telah disetujui untuk dipakai semalam sebagai metode orthokeratology.

Baca Juga: Inilah Cara Kerja Terapi Mata Minus dengan Lensa Kontak

Bagaimana Ortho-K Bekerja?

Orthokeratolgy atau ortho-k, meningkatkan penglihatan dengan menerapkan lensa yang dirancang khusus dan dikenakan saat tidur. Orthokeratology membentuk kembali kornea mata dengan lensa kontak gas permeable (GP) yang dirancang khusus. Kornea dimodifikasi dan dengan demikian dapat mengoreksi penglihatan bagi orang yang rabun jauh, rabun dekat, mereka yang memiliki masalah stigmatisme, dan presbiopia. Ortho-k mengoreksi penglihatan anda sehingga dapat melihat dengan jelas tanpa kacamata atau lensa kontak sepanjang hari.

Dengan ortho-k, dapat membantu anak-anak yang mengalami mata minus dan memiliki penglihatan yang buram. Dengan lensa ortho-k, dapat menghambat perkembangan mata minus pada anak. Selain itu, ortho-k juga dapat meningkatkan kualitas penglihatan anak yang lebih jelas. Ortho-k merupakan prosedur luar biasa untuk orang dewasa yang ingin melihat dengan jelas tanpa harus memakai kacamata atau lensa kontak. Ortho-K sangat bagus untuk mereka yang berusia di atas 40 dan mulai memiliki masalah visual yang cenderung mengalami penurunan. Dengan ortho-k, mereka dapat memiliki visual yang tetap jelas tanpa alat bantu lainnya.

Presbiopia adalah perubahan alami lensa di dalam mata. Biasanya, sekitar usia 40, orang-orang mulai memperhatikan bahwa sulit untuk melihat dari dekat, misalnya membaca atau melihat jam tangan mereka. Orang yang tadinya bisa melihat dengan jelas dari kejauhan, sekarang menyadari sulit untuk melihat dari dekat. Orang yang rabun jauh dan hanya harus memakai kacamata hanya untuk jarak, sekarang perhatikan bahwa mereka mengalami kesulitan melihat dari dekat melalui kacamata mereka. Mereka sering memperhatikan bahwa lebih mudah dibaca tanpa kacamata.

Apabila anda membutuhkan layanan kesehatan mata terpercaya maka segera kunjungi Vio Optical Clinic atau hubungi kontak personnya. Vio menyediakan layanan kesehatan mata seperti ortho-k, low vision treatment dan lain sebagainya. Dengan pemeriksaan yang menyeluruh serta peralatan lengkap, kami memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Tunggu apa lagi? Segera kunjungi Vio Optical Clinic untuk kesehatan mata anda.