Klinik Mata Jakarta Memiliki gangguan penglihatan atau kesehatan mata sudah pasti sangat menganggu aktivitas. Selain tidak bisa melihat dengan jelas, adanya gangguan kesehatan pada mata tak jarang membuat konsentrasi menjadi buyar sehingga pekerjaan menjadi tidak selesai, Jika dibiarkan ini pastinya membawa dampak buruk baik untuk kesehatan maupun kehidupan anda.

Mata merupakan salah satu organ vital manusia yang paling rawan. Maka dari itu harus dirawat dengan baik dan dijaga kebersihannya. Walaupun demikian, masih banyak orang yang mengalami gangguan penglihatan mulai dari mata minus, silinder, rabun dan masih banyak lai. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh banyak faktor, namun yang paling sering adalah karena adanya kebiasaan kurang baik.

Penananganan pada mata atau penglihatan yang bermasalah tidak boleh asal-asalan. Harus dilakukan pemeriksaan mendalam untuk mengetahui penyebabnya, dan barulah bisa diambil langkah tindakan. Dari sekian banyak jenis gangguan penglihatan, mata minus mungkin menjadi salah satu yang paling banyak dialami. Untuk menanganinya ada beberapa cara diantaranya dengan prosedur Ortho K atau juga bisa dengan Lasik.

Apa Perbedaan Ortho K dan Lasik?

Ortho K dan Lasik merupakan dua prosedur media yang dilakukan untuk menangani kelainan pada mata. Akan tetapi kedua metode pengobatan ini memiliki prosedur penanganan yang sangatlah berbeda. Ortho K yang merupakan singkatan dari Orthokeratologi merupakan prosedur pengobatan pada kelainan mata dengan menggunakan lensa kontak khusus.

Baca juga : Apa Itu Orthokeratology?

Penggunaan lensa ini bertujuan untuk membentuk ulang permukaan kornea dan menghilangkan kelainan refraksi sehingga mata bisa melihat dengan lebih jelas. Selain untuk pengobatan, Ortho K juga bisa menghambat penambahan atau kenaikan minus khususnya pada anak-anak. Dengan menggunakan terapi Ortho K anda tidak perlu menjalani prosedur pembedahan yang dianggap banyak orang lebih menyeramkan.

Sedangkan lasik merupakan prosedur pembedahan pada bagian mata dengan tujuan untuk menangani berbagai macam gangguan penglihatan misalnya rabun dekat, rabun jauh, dan astigmatisme. Operasi lasik dilakukan dengan menggunakan sinar laser ultraviolet, hal ini dilakukan untuk menghilangkan jaringan kornea mata serta membentuk kornea mata baru dengan tujuan membuat penglihatan menjadi membaik.

Prosedur lasik ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang ingin memperbaiki penglihatan dengan cara cepat. Operasi lasik hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 sampai 15 menit saja. Pasien dijamin tidak akan merasa sakit karena selama masa operasi mata diberikan obat tetes yang membuatnya mati rasa.

Lebih Bagus Mana Antara Ortho K dan Lasik?

Secara umum kedua prosedur pengobatan ini memiliki kelebihan masing-masing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pasien. Untuk penderita kelainan mata yang takut dengan prosedur pembedahan, terapi Ortho K bisa menjadi pilihan tepat. Ini karena metode pengobatan hanya menggunakan lensa kontak yang bahkan bisa dilakukan sendiri dirumah. Akan tetapi proses penyembuhan memang membutuhkan waku tidak sebentar.

Sedangkan untuk pasien yang ingin langsung sembuh dari kelainan matanya, prosedur bedah lasik adalah pilihan tepat. Prosedur lasik hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 sampai 15 menit saja dengan masa penyembuhan yang cukup. Hasil dari lasik juga permanen sehingga anda bisa lebih cepat lepas dari kacamata.

Itulah ulasan seputar prosedur Ortho K vs Lesik yang perlu anda ketahui. Masing-masing prosedur pengobatan baik Ortho K maupun Lasik, dua-duanya sama-sama bagus. Ortho K lebih kepada terapi sehingga membutuhkan proses penyembuhan yang sedikit lama untuk bisa sembuh. Sedangkan Lasik langsung pada tindakan operasi sehingga hasil yang diberikan juga lebih cepat.