Ortho K – Pentingnya peran dari sistem penglihatan membuat banyak orang harus menjaganya dengan baik. Meski begitu, tidak sedikit permasalahan atau gangguan penglihatan yang sering dialami. Kelainan refraksi menjadi salah satu masalah penglihatan yang paling umum terjadi. Dimana penderitanya membutuhkan lensa korektif untuk bisa melihat dengan jelas. Namun, saat ini ada metode baru yang inovatif dan lebih efektif, orthokeratology atau ortho-k. Pelajari apa itu ortho-k dan keuntungan yang bisa didapatkan pada ulasan berikut.

Apa Itu Ortho-K?

Orthokeratology (ortho-k), juga dikenal sebagai keratoplasty, adalah metode yang menggunakan lensa kontak keras permeabilitas tinggi khusus. Lensa ortho-k dipakai pada malam hari selama tidur. Fungsinya untuk mengubah kelengkungan kornea, sehingga mengubah daya bias kornea mata. Keuntungannya adalah memberikan penglihatan yang jelas di siang hari tanpa memakai kacamata atau lensa kontak. Ortho-k juga secara efektif memperlambat hingga menghentikan perkembangan miopia. Ini telah menjadi salah satu pilihan paling populer dan efektif di antara berbagai metode dalam pengendalian miopia.

Lensa ortho-k adalah lensa kontak permeabel gas kaku atau RGP yang memiliki dua manfaat utama. Yang pertama adalah Anda tidak perlu memakai kacamata di siang hari, dan memperoleh penglihatan yang jelas serta nyaman. Kedua, dapat menghambat perkembangan miopia dengan pemakaian rutin. Bahkan menghentikan miopia yang dialami seseorang. Dengan inovasi teknologi yang semakin canggih, desain ortho-k lebih nyaman, aman dan efektif sebagai koreksi penglihatan. Teknologi yang dimiliki ortho-k saat ini dapat mengontrol risiko komplikasi kornea sehingga lebih aman.

Untuk Siapa Metode Ortho-K?

Orthokeratology (ortho-k) merupakan alternatif baru yang memiliki banyak keunggulan. Ini adalah alternatif untuk memperbaiki gangguan penglihatan tanpa perlu operasi (non-bedah). Sehingga ortho-k coco bagi pasien dengan miopia tidak stabil (pada pasien muda) atau ketika kornea terlalu tipis yang tidak cocok untuk operasi. Seseorang yang ingin dapat melakukan olah raga tertentu yang melarang penggunaan kacamata atau lensa kontak seperti olah raga air, bisa memilih prosedur ortho-k ini . ortho-k adalah solusi inovatif yang baik untuk semua orang, yang mana bisa meningkatkan kemampuan visual dengan baik.

Ortho-k juga cocok bagi orang yang tidak ingin memakai kacamata atau lensa kontak pada siang hari. Kemudian orang yang berpartisipasi dalam acara olahraga dengan kontak fisik yang dekat. Seseorang yang bekerja di lingkungan berdebu dan tidak nyaman menggunakan lensa kontak. Hingga anak-anak dan remaja yang tidak ingin miopia semakin meningkat. Dimana ortho-k efektif dalam menghentikan perkembangan miopia pada anak termasuk miopia progressif.

Baca Juga: Tips Melakukan Terapi Mata Minus di Rumah Untuk Cegah Perkembangannya

Apakah Ortokeratologi Diindikasikan Untuk Anak-Anak?

Lensa ortho-k yang aman dan nyaman digunakan bahkan selama anda tidur, juga bisa digunakan oleh anak-anak. Lensa ortho-k ini bisa menjadi metode koreksi penglihatan untuk anak-anak dari usia 8 tahun. Untuk anak-anak yang berlatih olahraga air atau olahraga kontak, ini adalah solusi yang ideal. Pada pasien muda, ortho-k menjadi opsi perawatan mata yang sangat menarik karena keunggulannya. Anak-anak yang rabun dan memilih memakai lensa ortho-k, maka memungkinkan untuk memperlambat perkembangan miopia.

Itulah tadi sekilas informasi mengenai orthokeratology atau ortho-k. Sebuah metode perawatan mata untuk koreksi masalah penglihatan. Lensa khusus yang nyaman dan aman digunakan yang menawarkan anda hasil yang lebih efektif untuk koreksi penglihatan.

Apabila anda membutuhkan layanan ortho-k (ortho-k), Vio Optical Clinic adalah pilihan terbaik. Dengan prosedur pemeriksaan secara menyeluruh, kami memberikan layanan kesehatan mata terbaik untuk anda. Vio Optical Clinic didukung oleh staf profesional dan peralatan medis yang lengkap. Segera kunjungi Vio Optical Clinic untuk mendapatkan layanan kesehatan mata terbaik bagi anda dan keluarga.