Klinik Mata Bekasi Memiliki gangguan penglihatan seperti mata minus atau rabun dan harus bergantung dengan kacamata sudah pasti tidak enak. Selain repot harus membawa kacamata kemana-mana, menggunakan kacamata dalam jangka waktu lama tak jarang membuat gangguan penglihatan semakin parah. Maka dari itu perlu dilakukan tindakan penanganan sesegera mungkin.

Untuk anda mengalami gangguan penglihatan dan ingin lepas dari kacamata, ada beberapa prosedur pengobatan yang bisa anda lakukan. Salah satunya adalah dengan melakukan terapi Ortho K. Ortho K atau dalam istilah medis disebut dengan Orthokeratologi merupakan prosedur penanganan kelainan mata dengan menggunakan terapi lensa kontak khusus yang bernama gas permeable (RGP).

Penggunaan lensa ini bertujuan untuk membentuk kembali kornea mata sehingga mata bisa melihat dengan lebih jelas tanpa menggunakan kacamata. Terapi ini dilakukan pada malam hari atau saat tidur selama kurang lebih 6 – 8 jam, sehingga saat bangun penglihatan anda bisa lebih membaik daripada sebelumnya.

Prosedur Ortho K Aman dan Tidak Sakit

Prosedur Ortho K dimulai dengan pengukuran refraksi mata untuk mengetahui kelainan penglihatan apa yang anda alami dan seberapa parahnya. Setelah itu dokter akan memetakan bentuk permukaan depan mata menggunakan alat yang disebut dengan topografi kornea. Dari sini dokter akan menentukan bentuk ideal kornea anda.

Baca juga : Ortho K vs Lasik

Setelah selesai pemetaan, dokter akan membuat lensa kontak khusus sesuai dengan spesifikasi mata anda. Pada awal terapi, dokter akan menganjurkan pasiennya untuk memakai kontak lensa Ortho K selama sekitar 8 jam setiap hari saat tidur sampai kornea dibentuk kembali. Jika dianggap membaik, dokter akan menyarankan pengurangan durasi pengunaan lensa selama sekitar tiga hari dalam satu minggu.

Lensa kontak Ortho K akan bekerja memperbaiki bentuk kornea mata anda pada malam hari atau saat tidur. Pada saat tidur, lensa tersebut akan dengan perlahan membentuk permukaan kornea bagian depan, mendatarkan kornea sehingga pengguna bisa melihat lebih jelas pada pagi harinya.

Prosedur Ortho K merupakan terapi yang sangat aman tidak menimbulkan rasa sakit salam sekali. Penggunaan lensa kontak juga tidak bersifat permanen sehingga anda bisa berhenti menggunakan kapanpun anda inginkan dan kondisi kornea mata akan kembali seperti semula dan tidak akan berpengaruh jika ingin melakukan prosedur lainnya.

Semua Jenjang Usia Bisa Mengunakan Terapi Ortho K

Prosedur terapi Ortho K yang aman dan tidak menimbulkan rasa sakit membuat siapapun bisa menggunaka terapi ini mulai dari anak-anak hingga orang dewasa atau lansia. Ortho K digunakan untuk mengoreksi mata minus dan silinder. Dengan menggunakan terapi ini pada saat malam hari, anda bisa mendapatkan penglihatan yang lebih bagus pada keesokan harinya.

Walaupun bisa digunakan oleh semua jenjang usia, akan tetapi terapi Ortho K sangat disarankan untuk mengoreksi penglihatan pada anak-anak. Terapi Ortho K yang dilakukan pada anak-anak bisa menurunkan skala mata minus atau bahkan membantu untuk menghambat pertumbuhan minus pada anak. Hal ini karena penglihatan pada anak-anak masih bisa berubah-ubah hingga pada usia 20 tahun.

Itulah informasi penting seputar terapi penglihatan dengan prosedur Ortho K yang perlu anda ketahui. Prosedur terapi ini tengah diminati karena aman dan bisa memperbaiki penglihatan bahkan saat anda tidur sekalipun. Maka dari itu untuk anda yang memiliki masalah kesehatan mata dan ingin lepas dari kacamata, terapi Ortho K bisa menjadi pilihan tepat.