Ortho K – Anda yang mengalami kesalahan refraksi dan menginginkan solusi yang efektif dan aman, ortho-k adalah pilihan tepat. Orthokeratology (ortho-k) adalah pembentukan kembali kornea untuk memperbaiki kesalahan refraksi yang memengaruhi ketajaman visi. Lensa yang dibuat khusus dipakai semalaman untuk memberikan penglihatan yang jelas sepanjang hari. Ortho-k juga bisa digunakan untuk memperbaiki dan memperlambat miopia (rabun jauh) pada anak-anak, dan untuk mengoreksi presbiopia (rabun dekat terkait usia) pada orang dewasa. Apa saja manfaat yang bisa dihadirkan ortho-k untuk mata anda, simak ulasan berikut ini.

Kenali Apa Itu Ortho-K Lebih Lanjut

Orthokeratology atau yang disingkat dengan istilah Ortho-K adalah perawatan non-bedah (tanpa operasi) untuk membentuk kembali kornea mata. Tujuannya yaitu untuk mengurangi tingkat rabun jauh (miopia) dan astigmatisme yang memengaruhi kondisi penglihatan seseorang. Perawatan ini dilakukan dengan memakai lensa penahan khusus untuk meratakan kornea secara lembut selama tidur. Setelah lensa penahan dilepas saat bangun tidur, kornea mempertahankan bentuknya yang rata dan memungkinkan penglihatan yang jernih tanpa kacamata atau lensa kontak sepanjang hari. Cara kerjanya mirip dengan cara brace memperbaiki gigi yang cacat. Lensa penahan ini harus dipakai secara konsisten untuk mempertahankan bentuk kornea yang diinginkan untuk penglihatan yang lebih optimal.

Banyak ahli optometri telah mempraktikkan teknologi ini untuk mengobati rabun jauh dan astigmatisme untuk pasien dari segala usia. Ini sangat menarik bagi anda dengan gaya hidup aktif seperti atlet dan perenang karena kebebasan dari kacamata atau lensa kontak siang hari. Manfaat paling menarik dari lensa ortho-k adalah mengontrol perkembangan miopia terutama progressif miopia yang dialami oleh anak-anak. Dalam upaya untuk mencegah perkembangan miopia, lensa ortho-k sangat direkomendasikan. Ini merupakan metode tepat untuk anak-anak dengan perkembangan cepat dalam rabun jauh dan miopia yang muncul dengan faktor genetik yaitu orang tua yang rabun jauh.

Bagaimana Mekanika Ortho-K?

Banyak orang yang percaya bahwa lensa ortho-k berfungsi sebagai cetakan untuk menekan kornea menjadi bentuk baru yang lebih efektif dalam membiaskan cahaya. Sebenarnya, lensa ortho-k ini tidak menyentuh kornea secara langsung. Lensa ortho-k mengapung di atas film air mata yang sangat tipis, menggunakan gaya hidrolik lembut untuk membentuk kembali kornea. Lensa kontak biasa memiliki bentuk kubah bulat sempurna. Namun lensa ortho-k menggunakan desain geometris terbalik di mana area tengah lensa diratakan. Gaya hidrolik yang diterapkan pada film air mata menginduksi tekanan ke tengah lapisan jaringan atas kornea, yang disebut epitel.

Baca Juga: Pelajari dengan Baik Bagaimana Kondisi Mata Minus dan Terapi Mata Minus

Karena sel epitel saling berhubungan, cairan yang terisi dapat berpindah antar sel. Ketika tekanan diterapkan ke sel pusat, cairan bergerak ke sel perifer. Akibatnya, bagian tengah epitel menjadi lebih tipis, dan pinggiran menebal. Penting untuk diingat bahwa sel-sel di epitel tidak terjepit, diubah, atau rusak. Sel-sel sentral hanya mengalami dehidrasi. Setelah lensa ortho-k dilepas, sel secara bertahap kembali ke bentuk aslinya saat terhidrasi lagi. Dengan meratakan kornea dengan cara ini, rabun jauh akan diperbaiki, menghasilkan penglihatan siang hari yang sempurna. Lensa ortho-k bisa menjaga kondisi alami kornea untuk memperlambat perkembangan miopia.

Apa Perbedaan Lensa Ortho-K dari Lensa Kontak Biasa?

Lensa Ortho-k adalah lensa terapeutik, bukan sekadar alat untuk memperbaiki penglihatan. Dengan membentuk kembali kornea, mereka meningkatkan fungsi mata. Sebaliknya, kebanyakan lensa kontak tradisional hanya memperbaiki penglihatan tetapi tidak memperbaikinya. Setelah melepas lensa ortokeratologi dari mata Anda, Anda akan menikmati penglihatan yang lebih baik selama 24 hingga 72 jam. Banyak pasien dapat melewatkan satu hari dan menikmati penglihatan yang jelas. Lensa kontak biasa memperbaiki penglihatan hanya selama masih ada di mata Anda.

Dengan ortokeratologi, pasien menikmati kemudahan dalam bergerak tanpa harus memakai alat bantu visual seperti kacamata atau lensa kontak pada siang hari. Ini sangat nyaman bagi orang yang suka berolahraga dan aktif secara fisik, dan bagi siapa saja yang tinggal dalam kondisi cuaca yang sangat kering, panas, atau dingin. Setiap lensa ortho-k dibuat khusus untuk setiap pasien. Dalam pemeriksaan mata, dokter mata menggunakan topografer kornea yaitu perangkat digital untuk mengukur dan memetakan permukaan kornea untuk mengukur bentuk tepat kornea orang tersebut.

Apabila anda membutuhkan layanan orthokeratology (ortho-k), Vio Optical Clinic adalah pilihan terbaik. Dengan prosedur pemeriksaan secara menyeluruh, kami memberikan layanan kesehatan mata terbaik untuk anda. Vio Optical Clinic didukung oleh staff professional dan peralatan medis yang lengkap. Segera kunjungi Vio Optical Clinic untuk mendapatkan layanan kesehatan mata terbaik bagi anda dan keluarga.