Ortho K – Orthokeratology atau ortho-k adalah proses pemasangan lensa kontak khusus yang digunakan untuk membentuk kembali kornea. Ortho-k menggunakan lensa kontak gas-permeable yang dirancang untuk digunakan dalam semalam untuk memperbaiki kelainan penglihatan. Orthokeratology adalah proses yang bekerja mirip dengan kawat gigi, dimana serangkaian lensa kontak khusus dipasang dan dikenakan semalam. Selanjutnya, kornea anda akan dibentuk kembali, dan anda memiliki visi yang jelas di pagi hari. Metode ini adalah alternatif yang baik untuk menangani keluhan gangguan penglihatan.

Mengenal Ortho-K Lebih Lanjut

Orthokeratology adalah perawatan yang memperlambat perkembangan miopia dan membalikkan miopia atau astigmatisme pada orang dewasa. Ortho-k melibatkan lensa kontak keras permeabel yang dibuat khusus dan dikenakan selama beberapa jam selama beristirahat atau tidur di malam hari. Ortho-k menawarkan solusi yang mudah bagi setiap orang dalam menangani gangguan penglihatan akibat kelainan refraksi.

Lensa ortho-k membentuk kembali kornea, yang merupakan bagian yang jelas di atas pupil yang membantu memantulkan cahaya kembali ke retina. Kelainan pada kornea dapat menyebabkan perubahan bentuk lensa, sehingga memungkinkan seseorang menderita gangguan penglihatan yang ditandai dengan penglihatan kabur atau buram. Kesalahan refraktif yang dialami ditangani melalui proses non-bedah, yang menarik minat banyak orang untuk memilih ortho-k.  Bertujuan untuk membentuk kembali kornea yang kemudian mempertahankan bentuknya, sehingga penglihatan jauh lebih jelas tanpa kacamata atau lensa kontak.

Bagaimana Ortho-K Bekerja?

Ortho-k digunakan untuk mengobati dan bahkan menghilangkan kondisi seperti miopia, hiperopia, dan astigmatisme. Perawatan ortho-k ini adalah salah satu metode yang efektif untuk memperlambat miopia progresif pada anak-anak. Lensa orto-k dengan lembut mengubah lengkungan kornea guna memperbaiki kelainan pada penglihatan anda. Dengan bagian tengah lensa yang lebih dekat ke mata, lensa ortho-k memberikan tekanan yang lembut pada kornea dalam proses pembentukan ulang. Kemudian kornea akan berubah bentuk agar sesuai dengan bentuk kornea pada umumnya. Kesalahan refraksi atau kelainan penglihatan, umumnya terjadi karena bentuk kornea yang terlalu melengkung. Kornea yang dibentuk kembali akan memfokuskan kembali cahaya ke retina dengan baik, dan menghasilkan penglihatan yang lebih jelas.

Baca Juga: Korelasi yang Tepat Antara Mata Minus dan Terapi Mata Minus

Langkah pertama yang dilakukan adalah mengukur kelengkungan kornea menggunakan topografi kornea. Prosedur ini dilakukan untuk menghasilkan peta topografi permukaan mata anda secara tepat. Saat pasien tidur, lensa dengan lembut dan bertahap membentuk kembali permukaan mata. Ketika pasien bangun dan mengeluarkan lensa kontak, mereka dapat melihat dengan jelas sepanjang hari tanpa mengenakan kacamata atau lensa kontak lainnya.

Lensa ortho-k aman, non-invasif, dan reversible dan mnjadi alternatif yang baik bagi mereka yang tidak dapat atau tidak ingin menjalani operasi. Selain itu, ortho-k merupakan pilihan yang baik untuk anak-anak, atlet, dan orang-orang yang tidak dapat atau tidak ingin menjalani operasi.

Keunggulan Ortho-K

Ortho-k menyediakan cara revolusioner dalam menangani masalah penglihatan karena kelainan refraksi dan ketidakteraturan bentuk kornea. Lensa ini memungkinkan seseorang untuk memiliki penglihatan yang jelas sepanjang hari tanpa kacamata atau lensa untuk  melakukan rutinitas sehari-hari. Beberapa keunggulan dari lensa ortho-k berikut ini akan memberikan manfaat bagi kesehatan mata anda.

  1. Ortho-k memperbaiki kesalahan bias dalam semalam dengan membentuk kembali kornea
  2. Efek dari ortho-k bertahan sepanjang hari, sehingga anda dapat melihat dengan jelas saat menjalani rutinitas harian
  3. Ortho-k menyediakan metode koreksi penglihatan non-bedah yang bagus untuk pasien yang enggan menjalani operasi
  4. Teknologi ortho-k yang telah berkembang dapat mengobati berbagai masalah penglihatan. Seperti rabun jauh, presbiopia, dan astigmatisme
  5. Ortho-k meningkatkan kesehatan mata yang aman dan lebih nyaman daripada opsi lain
  6. Lensa ortho-k sangat bagus untuk pasien yang membutuhkan koreksi penglihatan tetapi mengalami kesulitan dengan mengenakan kacamata atau lensa kontak harian tradisional

Apabila anda membutuhkan layanan orthokeratology (ortho-k), Vio Optical Clinic adalah pilihan terbaik. Dengan prosedur pemeriksaan secara menyeluruh, kami memberikan layanan kesehatan mata terbaik untuk anda. Vio Optical Clinic didukung oleh staff profesional dan peralatan medis yang lengkap. Segera hubungi kontak person atau kunjungi Vio Optical Clinic untuk mendapatkan layanan kesehatan mata terbaik bagi anda dan keluarga.