Low Vision – Memiliki gangguan penglihatan bisa membuat seseorang kesulitan dalam melakukan aktivitasnya. Seseorang bisa sulit untuk membaca, melakukan kegiatan olahraga, mengenali wajah bahkan kesulitan navigasi di luar ruangan. Low vision merupakan gangguan penglihatan yang harus diwaspadai karena dampaknya yang dapat menurunkan kualitas hidup seseorang. Pada anak-anak, tanda-tanda gangguan penglihatan seperti low vision seringkali tidak disadari. Padahal kondisi low vision bisa membahayakan kemampuan visualnya. Ketahui masalah low vision pada anak atau pediatric low vision berikut ini.

Ketahui Apa itu Low Vision

Seseorang dengan low vision memiliki penglihatan yang terukur tetapi mengalami kesulitan dalam melakukan tugas-tugas yang berorientasi visual. Mereka umumnya mengalami penurunan penglihatan yang signifikan. Mereka juga bisa mengalami penurunan bidang penglihatan (penglihatan perifer), atau bahkan keduanya. Orang dengan low vision atau penglihatan rendah ini tidaklah buta dan biasanya bisa mempertahankan beberapa penglihatan yang masih bisa digunakan.

Low vision atau dikenal juga sebagai penglihatan rendah tidak dapat dikoreksi baik dengan kacamata maupun lensa kontak. Perawatan low vision adalah tentang rehabilitasi penglihatan rendah. Dimana perawatan low vision ini tentang menemukan cara baru untuk menyelesaikan tugas-tugas kehidupan sehari-hari. Bagi seorang anak, rehabilitasi penglihatan rendah ini termasuk mengoptimalkan fungsi visual. yang mana hal tersebut bertujuan untuk memungkinkan pengembangan literasi, termasuk kemampuan membaca dan menulis. Melalui rehabilitasi penglihatan rendah, mereka dapat memaksimalkan fungsi visual yang tersisa.

Low Vision pada Anak atau Pediatrik Low Vision

Pediatric low vision atau penglihatan rendah pada anak adalah kehilangan atau penurunan penglihatan. Dimana kondisi ini terjadi pada seseorang di bawah 21 tahun, yang tidak dapat diperbaiki dengan koreksi refraksi, perawatan medis, atau prosedur bedah. Ketajaman visual semakin memburuk seiring waktu jika tidak segera memperoleh perawatan yang tepat. Pasien dengan low vision atau penglihatan rendah seringkali kesulitan melakukan tugas sehari-hari seperti membaca, mengemudi, hingga mengenali wajah seseorang. Ini bisa menjadi kondisi yang cukup serius dan berisiko pada memburuknya penglihatan.

Baca Juga: Perawatan Efektif Orthokeratology untuk Perbaiki Masalah Penglihatan

Pediatric low vision bisa didefinisikan sebagai kehilangan penglihatan atau gangguan penglihatan permanen pada anak-anak. Low vision yang terjadi pada anak dapat diakibatkan oleh masalah perkembangan visual. Gangguan penglihatan ini menjadi hambatan dalam mencapai tujuan pendidikan, kesulitan dengan interaksi sosial, dan hilangnya kemandirian mereka. Pada anak-anak, low vision mungkin disalahartikan sebagai disabilitas intelektual dan gangguan perilaku, dan mungkin ditutupi oleh masalah kesehatan sistemik yang mengaburkan diagnosisnya. Oleh karena itu, pemahaman yang baik tentang cara mendeteksi dan mengelola pediatric low vision dapat memiliki dampak penting.

Apa Saja Penyebab Low Vision pada Anak?

Low vision pada anak-anak dapat disebabkan oleh berbagai kondisi dan banyak faktor. Seperti, katarak pediatrik, glaukoma pediatrik, nistagmus, kelainan refraksi tinggi, trauma, serta kelainan retina dan saraf optik. Banyak dari kondisi ini tidak dapat diubah, bahkan kemungkinan kondisi tersebut bisa progresif atau non-progresif. Low vision pada anak mungkin disebabkan oleh kelainan struktural sistem visual yang dapat berkembang sebagai sindrom genetik atau sistemik. Ini juga dapat terjadi sebagai akibat dari gangguan penglihatan serebral.  Penting sekali untuk memeriksakan kesehatan mata anak secara rutin untuk mencegah masalah perkembangan visual yang dapat mempengaruhi keterampilan visualnya.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.