Klinik Mata BekasiSakit mata menular atau konjungtivitis (conjunctivitis), atau yang dikenal terhitung bersama dengan sebutan pinkeye, adalah peradangan pada jaringan yang menutupi anggota depan mata dan melapisi anggota di dalam kelopak mata. Cegah penyebaran dan segera obati sakit mata menular bersama dengan mengenali penyebabnya.

Konjungtivitis adalah penyakit mata menular yang paling lazim ditemui yang bisa disebabkan oleh lebih dari satu faktor. Infeksi virus dan bakteri adalah segi utama yang sebabkan suasana ini bisa menular bersama dengan gampang berasal dari satu

orang ke orang lainnya. Selain virus dan bakteri, konjungtivitis terhitung bisa disebabkan oleh kotoran, asap, klorin yang digunakan pada kolam renang, alergi pada debu, maupun iritasi yang biasanya berjalan pada para pengguna lensa kontak. Namun, konjungtivitis yang disebabkan oleh iritasi atau alergi tidak menular.

Obat Sakit Mata Menular dan Pencegahannya

Sakit mata menular yang disebabkan oleh infeksi virus adalah yang paling gampang menular dan seringnya disebabkan oleh virus yang bernama Adenovirus. Adenovirus adalah virus yang sebabkan lebih dari satu masalah kesehatan, terhitung flu,

sakit tenggorokan, bronkitis, diare, demam, dan pneumonia. Konjungtivitis menular terhitung bisa disebabkan oleh bakteri. Penularan konjungtivitis bisa berjalan berasal dari tangan ke mata, berasal dari benda yang telah terkontaminasi virus atau bakteri, dan berasal dari saluran pernapasan.

Sakit mata menular ditunjukkan bersama dengan kemunculan gejala-gejala tertentu, layaknya mata merasa gatal atau perih, berwarna kemerahan pada daerah putih mata atau sisi di dalam kelopak mata, dan mata berair. Gejala lain yang barangkali

terhitung dirasakan terhitung keluarnya cairan berwarna putih, hijau (belek), atau kuning yang menjadi kerak di bulu mata. Penglihatan bisa menjadi kabur dan mata menjadi lebih peka pada cahaya.

Cara Mencegah dan Mengobati Sakit Mata Menular

Sakit mata menular bisa dihindari bersama dengan rajin membersihkan tangan untuk mengurangi risiko penularan. Beberapa langkah pencegahan lain terhitung bisa Anda lakukan, seperti:

Hindari sangat sering menyentuh wajah, sebab virus bisa masuk lewat mata, hidung dan mulut.
Bagi para pengguna lensa kontak, disarankan untuk perhatikan dan memelihara kebersihan lensa dan perangkat tambahan lainnya. Jangan sharing menggunakan lensa kontak mata Anda bersama dengan orang lain.

Jika memungkinkan, gunakanlah kacamata daripada kenakan lensa kontak.
Hindari sharing menggunakan handuk, lap mandi, sarung bantal, maskara, maupun pensil mata bersama dengan penderita sakit mata menular.

Baca Juga :

Mengenal Lebih Jauh Retinopathy of Prematurity (ROP)

Selalu membersihkan tangan sesudah melakukan kontak bersama dengan penderita sakit mata menular.
Jangan menggunakan tetes mata yang diberikan pada mata terinfeksi ulang kepada mata yang tidak terinfeksi.
Usahakan Anda maupun anak yang tengah terkena sakit mata menular untuk selamanya berada di rumah, hingga fase penularan berakhir atau suasana anak membaik.

Pengobatan sakit mata menular akan ditentukan berdasarkan penyebab infeksinya. Untuk meredakan gejala, kompres dingin dan air mata buatan bisa disarankan sebagai pelumas sehingga mata selamanya merasa nyaman dan tidak kering. Obat

antihistamin barangkali disarankan untuk mengurangi rasa gatal yang sangat mengganggu. Anda barangkali akan diminta untuk berhenti menggunakan lensa kontak mata hingga suasana ini membaik.

Obat sakit mata menular akibat infeksi virus biasanya tidak diperlukan. Penanganannya cuma berwujud kompres dingin dan air mata buatan, serta memelihara kebersihan mata. Obat antivirus diberikan pada persoalan sakit mata menular yang lebih

serius layaknya herpes zoster pada mata. Antibiotik akan diberikan sebagai obat sakit mata menular yang diakibatkan oleh infeksi bakteri dan ada di dalam wujud obat tetes atau obat oles. Untuk konjungtivitis akibat alergi biasanya Anda akan diberikan obat antialergi dan obat tetes mata sesudah sumber alergi dibersihkan berasal dari mata.

Obat untuk sakit mata menular pada bayi akan sedikit tidak sama bersama dengan orang dewasa. Segera temui dokter begitu Anda merasakan atau mendapatkan gejala di atas untuk beroleh penanganan dan menghindari penyebaran sakit mata menular ke orang lain.