Klinik Mata BekasiBintik cokelat atau freckles di mata biasanya tidaklah berbahaya, tapi tersedia sedikit mungkin bagi bintik ini untuk berkembang jadi kanker. Lantas, bagaimana cara memahami freckles ini berbahaya atau tidak? Perlukah menghilangkan freckles yang nampak di mata?

Apakah freckles di mata berbahaya?
Freckles terhadap mata Anda tidaklah tidak sama dengan tahi lalat yang nampak terhadap permukaan kulit. Bintik-bintik ini terbentuk akibat penumpukan pigmen atau zat pemberi warna yang disebut melanosit.

Beberapa orang punyai freckles sejak lahir, tapi tersedia pula orang yang baru memilikinya sejalan pertambahan usia. Sebagian besar freckles yang nampak di mata biasanya tidak berbahaya supaya dokter jarang menganjurkan untuk menghilangkan bintik cokelat ini.

Berdasarkan wilayah terbentuknya, bintik-bintik freckles terbagi jadi tiga jenis, yakni:

  • Nevus konjungtiva, terbentuk di bagian mata yang berwarna putih.
  • Nevus iris, berada di bagian mata yang berwarna.
  • Nevus koroid, terdapat terhadap retina yang tersedia di belakang mata.

Sebanyak 1 dari 10 orang punyai kondisi ini. Jadi, Anda tidak perlu panik kalau mendapati terdapatnya bintik cokelat terhadap mata Anda. Cukup jalankan pemantauan rutin dengan dokter untuk menegaskan freckles tidak berpotensi jadi kanker.

Kapan Anda perlu menghilangkan freckles di mata?
Keberadaan freckles tidak dapat mengganggu penglihatan maupun manfaat lainnya. Namun, Anda senantiasa direkomendasi untuk memantau pertumbuhan freckles secara rutin untuk mengantisipasi perubahan yang tidak wajar.

Periksakan kondisi mata Anda setidaknya tiap tiap enam bulan sekali. Jika freckles tidak mengalami perubahan wujud maupun ukuran, Anda dapat kurangi frekuensi pengecekan jadi satu kali dalam setahun.

Anda tidak perlu menjalani prosedur apa pun untuk menghilangkan freckles di mata kalau kondisinya senantiasa serupa tiap tiap kunjungan. Akan tetapi, waspadalah terhadap tanda-tanda tak lumrah seperti:

  • Freckles makin tambah besar, beralih bentuk, atau beralih warna
  • Mata terasa nyeri
  • Fungsi penglihatan terganggu
  • Muncul kilatan-kilatan sinar waktu melihat

Dibandingkan type freckles lainnya, nevus koroid berisiko lebih tinggi berkembang jadi kanker melanoma. Mengacu Ocular Melanoma Foundation, satu dari tiap tiap 500 nevus koroid dapat berkembang jadi ganas dalam kurun waktu 10 tahun.

Baca Juga :

Kelopak Mata Anda Kering? 4 Kondisi Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Cara menghilangkan freckles di mata
Pada lebih dari satu masalah yang jarang, dokter dapat menganjurkan prosedur medis untuk menghilangkan freckles di mata. Prosedur ini berisiko menyebabkan rusaknya terhadap mata, jadi dokter hanya menyarankannya sebagai pilihan terakhir.

Ada berbagai macam prosedur medis untuk menghilangkan freckles terhadap mata. Di antaranya radiasi, terapi laser, operasi, atau terhadap masalah yang terlampau berbahaya, operasi pengangkatan bola mata.

Operasi adalah metode menghilangkan freckles di mata yang paling umum. Dengan memakai alat khusus, dokter membuat sayatan dengan panjang safe 2 milimeter. Kemudian, bintik cokelat yang dicurigai berwujud kanker diangkat dari mata.

Bagian putih mata dapat mengalami sedikit defek (kecacatan). Biasanya, defek selanjutnya diperbaiki melalui transplantasi membran amniotik dari plasenta. Membran amniotik digunakan sebab mempunyai kandungan aspek pertumbuhan dan dapat menghimpit peradangan.

Dokter kemudian dapat menjahit bagian putih mata dan menutup permukaannya supaya rata. Setelah operasi selesai, cara seterusnya adalah merawat mata memakai obat tetes mata khusus sepanjang dua minggu pascaoperasi.

Freckles yang nampak di mata terhadap dasarnya tidak berbahaya. Namun, Anda dapat memilih untuk menghilangkan freckles di mata kalau pertumbuhannya terasa mengkhawatirkan.

Operasi pengangkatan freckles terhadap mata dapat menyebabkan rusaknya terhadap mata Anda. Jadi, pastikan Anda telah berkonsultasi dengan dokter sebelum menempuh prosedur ini.