Klinik Mata Bekasi – Dewasa ini mengenakan kacamata tidak hanya jadi terapi, tapi juga menjadi gaya. Ada banyak orang dengan mata normal namun mereka mengenakan kacamata. Meskipun begitu, tidak bisa dipungkiri kalau kacamata ini memberikan banyak manfaat bagi Anda yang mengenakannya. Baik untuk Anda yang memiliki mata minus, ataupun bagi Anda yang memiliki mata normal.

Bagi Anda yang memiliki mata minus, sudah tentu kacamata menjadi alat bantu untuk melihat dengan lebih baik. Dan bagi Anda yang matanya masih normal, kacamata ini membuat Anda terlihat fashionable. Terlebih kacamata juga membuat mata Anda terhindar dari debu dan material berbahaya lain baik dalam keseharian, ataupun dalam berkendara.

Tahukah Anda, ada banyak sekali mitos tentang kacamata. Mitos-mitos ini ada yang masuk akal, tapi ada juga yang sama sekali diluar pemikiran. Bahkan mungkin sebagian diantaranya sudah pernah Anda dengar. Tentu saja hal ini sangat menarik untuk dibahas. Penasaran apa saja mitos mitos tersebut? Simak paparannya di bawah ini.

Sering Melepaskan Kacamata Bisa Membuat Minus Mata Semakin Parah

Mitos pertama yang berhubungan dengan kacamata adalah bertambahnya minus jika sering membuka kacamata. Percaya atau tidak, hal ini tentu tidak masuk akal bukan? Pasalnya para ahli mata menuturkan bahwa intensitas Anda melepas kacamata sama sekali tidak berpengaruh terhadap minus mata. Mereka mengutarakan bahwa satu-satunya hal yang mempengaruhi minus mata seseorang adalah faktor keturunan dan lingkungan.

Baca juga : Tips Mudah Mengatasi Mata Kering (Dry Eye Syndrome)

Jika Anda memiliki mata minus sejak kecil, sangat besar kemungkinan kalau minus tersebut akan bertambah. Hal ini dikarenakan proses perkembangan mata masih berjalan. Mata yang belum stabil sangat rentan terhadap kerusakan seperti ini. Itulah fakta yang dipaparkan para ahli. Jadi jika Anda ingin melepas kacamata untuk sementara waktu, hal ini sama sekali tidak masalah untuk dilakukan.

Sering Mengenakan Kacamata Membuat Mata Semakin Minus

Mitos kedua ini justru kebalikan dari mitos yang pertama. Terlalu sering mengenakan kacamata berpotensi membuat minus mata semakin parah. Benarkah? Ternyata jawabannya masih sama. Para ahli berpendapat, sama sekali tidak ada hubungan antara intensitas penggunaan kacamata dengan tingkat keparahan minus mata seseorang.

Justru fungsi sebenarnya kacamata ini adalah untuk membantu melihat dan mengatur jarak pandangan. Tujuannya? Tentu saja supaya mata si penderita mata minus tidak cepat lelah. Jadi kalau disebutkan penggunaan kacamata menyebabkan mata minus makin parah, ini sama sekali tidak beralasan dan tidak terbukti secara medis.

Mengenakan Kacamata Minus Orang Lain Akan Membuat Mata Anda Tertular

Mitos lain yang beredar di masyarakat Indonesia adalah kacamata sebagai media penularan. Banyak orang di negeri ini yang takut mengenakan kacamata minus milik orang lain dengan alasan takut matanya tertular. Apakah hal ini benar? Ternyata ini hanya mitos, tidak ada satupun bukti yang menyatakan kalau mengenakan kacamata orang lain bisa membuat minusnya menular.

Jadi tidak akan masalah kalau Anda mencoba kacamata miliki rekan Anda. Tapi yang pasti, jangan mengenakannya terlalu lama. Jika tidak terbiasa hal ini justru malah membuat Anda semakin pusing. Terlebih jika mata Anda tidak minus sama sekali. Inilah yang seringkali menjadi pemicu mata minus jika dilakukan secara berkepanjangan.

Itulah sedikit pembahasan yang bisa kami paparkan terkait mitos kacamata. Mitos ini seringkali membuat orang menjadi takut untuk melakukannya. Tapi sekarang Anda tidak usah takut karena ternyata mitos mitos tersebut tidak terbukti sama sekali secara medis. Yang pasti, segera lakukan pemeriksaan kepada dokter ahli jika terjadi gangguan pada mata Anda.