Bagi anda yang memiliki mata menggunakan kacamata adalah satu keharusan. Dimana kacamata menjadi alat bantu untuk bisa melihat dengan baik dan jelas. Kacamata harus digunakan demi penglihatan yang bisa fokus dengan baik. Karena seseorang yang mengalami mata minus tidak memiliki fokus cahaya yang baik. Dimana cahaya yang diterima oleh mata tidak terfokus dengan baik tepat di retina. Hasilnya, penglihatan menjadi buram terutama saat melihat objek yang berada jauh. Untuk itu, kacamata berperan penting dalam membantu anda untuk bisa memiliki kualitas penglihatan yang baik.

Mata minus atau yang dikenal juga sebagai rabun jauh, terjadi akibat bola mata yang terlalu panjang atau disebabkan oleh kornea yang melengkung terlalu curam. Hal tersebut akan membuat cahaya yang harusnya jatuh tepat di retina justru berada di depan retina mata anda. Cahaya yang diterima oleh mata akan merangsang saraf mata untuk mengolahnya menjadi sinyal listrik yang akan dikirim ke otak. Yang mana kemudian sinyal listrik tersebut diolah menjadi gambar yang anda lihat. Namun, ketika cahaya tersebut jatuh di depan retina, maka sel saraf mata anda tidak bisa memprosesnya dengan baik. Dimana kemudian menyebabkan benda yang posisinya jauh akan terlihat buram atau tampak kabur.

Memakai kacamata sangatlah dibutuhkan untuk membantu memberikan penglihatan yang lebih jelas. Meski begitu, ada sebagian orang yang mempercayai mitos yang kurang tepat seputar pemakaian kacamata. Seperti sering melepas kacamata yang katanya bisa menyembuhkan mata minus yang dialami. Padahal kenyataannya, sering melepas kacamata tidak memiliki pengaruh atau bahkan bisa menyembuhkan mata minus. Kondisi mata minus anda tidak akan terpengaruh oleh seberapa sering anda melepas ataupun menggunakan kacamata. Hal ini tidak akan menambah ataupun mengurangi tingkat minus yang anda alami.

Baca Juga: Seperti Apa Pemeriksaan Mata yang Lengkap Itu?

Menggunakan kacamata terlalu sering dan terus menerus tidak bisa menambah tingkat minus yang anda alami. Mitos seputar pemakaian kacamata secara terus menerus bisa menambah minus pada mata tidaklah benar. Bagaimanapun, kacamata merupakan alat bantu optik yang berfungsi untuk mengoreksi kelainan fokus penglihatan atau kelainan refraksi yang dialami. Terlebih lagi, kacamata dibutuhkan supaya kondisi mata anda tetap rileks dan tidak lelah. Karena ketika anda memiliki mata minus atau kelainan refraksi tapi tidak memakai kacamata, maka akan menyebabkan mata mudah lelah. Hal ini karena mata akan bekerja lebih ekstra untuk bisa melihat dengan baik. Oleh karena itu, kacamata sangatlah penting dalam membantu penglihatan anda.

Berbagai penelitian yang dilakukan telah menunjukkan bahwa tidak ada hubungan atau keterkaitan antara jumlah minus mata seseorang dengan intensitas penggunaan kacamata. Perlu diingat dengan baik bahwa fungsi kacamata adalah untuk membantu mengatur jarak pandang bagi anda yang menderita gangguan mata. Ini dibutuhkan untuk membantu mata bisa fokus dengan baik serta menjaga agar mata anda tetap rileks dan tidak lelah. Sangat penting untuk menjaga penglihatan tetap jernih. Untuk itu, penggunaan alat bantu optik seperti kacamata adalah langkah tepat yang ditempuh.

Jika anda ingin bisa terlepas dari pemakaian kacamata, sebaiknya anda menjaga kesehatan mata dengan baik. Anda bisa rutin mengonsumsi vitamin untuk mata ataupun sayur dan buah yang baik bagi kesehatan mata. Selain itu, diperlukan pemeriksaan mata yang dilakukan secara rutin. Hal ini bertujuan untuk melakukan pencegahan dan mengetahui kondisi kesehatan mata anda dengan baik.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata yang terpercaya dan profesional? Segera kunjungi Vio Optical Clinic yang menawarkan berbagai layanan kesehatan mata terbaik untuk anda dan keluarga. Kami memberikan layanan kacamata dan berbagai soft lenses dengan kualitas dan standar kesehatan terbaik. Vio Optical Clinic memiliki peralatan medis yang memadai dan canggih serta para staff professional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Dapatkan layanan kesehatan mata terpercaya hanya bersama Vio Optical Clinic.