Vision Therapy – Hipermetropi atau yang juga dikenal dengan penyakit rabun dekat ini, Suatu kondisi pada saat mata tidak bisa melihat berbagai objek yang dekat dengan jelas. Tetapi, apabila anda melihat objek dengan jarak yang jauh,  justru Anda bisa melihatnya dengan cukup jelas. Pada umumnya, rabun dekat ini akan dialami oleh seseorang yang telah menginjak usia kurang lebih 40 tahun ke atas.

Tetapi, ternyata sebagian anak-anak juga tidak jarang terlahir dengan kondisi rabun dekat. Rabun dekat pastinya akan berdampak pada kehidupan pengidapnya, sebab untuk melakukan kegiatan sehari-hari menjadi lebih terbatas. Inilah mengapa betapa pentingnya vision therapy untuk mengurangi berbagai gejala yang dirasakan atas rabun dekat.

Sebaiknya pada usia anak-anak, rabun dekat harus ditangani dengan lebih serius. Tersebut dikarenakan apabila tidak diatasi dengan tepat sejak dini, ternyata akan menimbulkan berbagai gangguan penglihatan lain seperti mata juling atau strabismus dan mata malas atau ambliopia. Ada begitu banyak faktor yang pada akhirnya membuat seseorang terkena rabun dekat. Apabila masalah seperti ini tidak segera ditangani, bukan Tidak mungkin bahwa nantinya penglihatan anda akan menjadi lebih cepat lelah.

Bagaimana Gejala Rabun Dekat?

Sebelum anda memutuskan Apakah benar-benar terkena rabun dekat atau tidak, lebih baik mengetahui terlebih dahulu berbagai gejala orang yang mengidap mata rabun dekat, diantaranya:

  • Dirasakan mata anda akan menjadi lelah apabila Harus melihat berbagai objek yang cukup dekat dari penglihatan dan mata Anda akan sedikit lebih jelas ketika anda melihat berbagai objek yang terletak cukup jauh dari mata.
  • Anda harus memicingkan mata dan terasa sedikit mengencangkan otot mata apabila sedang melihat berbagai objek dari jarak yang dekat.
  • Mungkin terkadang anda merasakan nyeri di area mata maupun sekitarnya, serta merasa mata Anda akan lebih cepat lelah ketika sedang menggunakan Gadget dengan jarak yang dekat.

Apa yang Menyebabkan Rabun Dekat?

Rabun dekat atau Hipermetropi bisa saja terjadi apabila sebuah bayangan cahaya yang masuk ke dalam pandangan tidak jatuh tepat pada retina, melainkan jatuh di belakang retina. Bukan hanya usia yang menjadi satu-satunya faktor penyebab dari gangguan penglihatan rabun dekat. Terdapat begitu banyak faktor yang bisa menyebabkan rabun dekat terjadi pada penglihatan, antara lain:

  • Korea yang tidak memiliki lengkungan dengan baik dan mata yang terlalu pendek
  • Lensa mata yang terletak cukup jauh daripada mata yang normal
  • Dampak dari Berbagai gangguan penglihatan lain, seperti contohnya tumor mata
  • Genetika atau faktor keturunan juga dapat menjadi salah satu faktor yang membuat seseorang mengalami gangguan penglihatan rabun dekat.

Baca Juga: Kenali 2 Jenis Low Vision dan Dampaknya pada Penglihatan Pengidapnya

Penanganan Mata Rabun Dekat

Apabila pada saat ini anda adalah salah satu pengidap penglihatan rabun dekat, maka tidak perlu khawatir. Karena pada saat ini sudah ada begitu banyak berbagai tindakan penanganan yang dapat dilakukan untuk pasien gangguan penglihatan rabun dekat. Salah satunya adalah dengan melakukan vision therapy, seperti penggunaan kacamata atau lensa kontak. Tetapi, perlu diperhatikan apabila anda menggunakan lensa kontak, sangat penting untuk berkonsultasi dengan ahli mata terlebih dahulu, serta harus menjaga kebersihan diri supaya tidak semakin memperparah gangguan penglihatan anda.

Pada saat ini, juga sudah tidak jarang lagi metode operasi mata untuk menghilangkan gangguan penglihatan rabun dekat. Paling penting, jangan pernah menyepelekan konsumsi makanan yang bernutrisi baik untuk mata, seperti wortel, telur, almond, brokoli, alpukat, dan selada.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata yang berkaitan dengan rabun dekat? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.