Ortho K – Penglihatan yang sehat terjadi ketika cahaya yang memasuki mata mengenai retina, dan kemudian mengirim informasi pada otak apa yang anda lihat. Ketika cahaya menyentuh retina, cahaya tersebut membiaskan dan mengirimkan sinyal saraf ke otak yang menerjemahkan hal-hal yang dilihat ke dalam bentuk gambar. Sehingga anda dapat memahami dengan baik apa yang sedang dilihat. Apabila kornea memiliki bentuk yang tidak teratur maka dapat menyebabkan cahaya yang masuk ke mata dibiaskan secara tidak benar. Ketika hal ini terjadi, otak tidak dapat menerima informasi yang dikirimkan dan memahami gambar dengan baik sehingga menyebabkan penglihatan menjadi kabur. Kondisi tersebut dikenal sebagai kesalahan bias.

Kesalahan bias atau dikenal juga sebagai kesalahan refraktif, merupakan gangguan penglihatan mata. Kesalahan refraktif yang paling umum adalah miopi atau rabun jauh. Rabun jauh seringkali disebut dengan mata minus yang memengaruhi kemampuan mata  seseorang untuk melihat objek dari kejauhan, namun objek yang lebih dekat tetap terlihat jernih. Seseorang yang mengalami mata minus memiliki penglihatan yang buram dan kabur ketika melihat dalam jarak yang jauh. Salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah Ortho K.

Apa Itu Ortho K ?

Ortho k merupakan sebuah metode perawatan kesehatan mata yang mutakhir. Lensa ortho k ini adalah cara yang efektif bagi orang dengan mata minus untuk mencapai penglihatan yang jelas tanpa mengenakan lensa kontak atau kacamata. Ortho k akan memungkinkan anda untuk meninggalkan kacamata dan lensa kontak dalam melakukan aktifitas di siang hari. Metode perawatan mata ortho k dilakukan tanpa perlu operasi atau dikenal dengan istilah non bedah.

Ortho-k mengacu pada lensa kontak permeabel gas yang dengan lembut membentuk kembali kornea saat anda tidur. Di pagi hari, cukup lepas lensa ortho k dan lanjutkan hari anda dengan penglihatan yang jelas. Karena lensa ortho k telah membentuk kembali kornea anda pada malam sebelumnya. Orthokeratology, atau ortho k adalah proses koreksi penglihatan semalaman yang membuat anda bebas dari kacamata pada siang hari. Metode ini memberi kenyamanan tidak harus memakai kacamata atau lensa kontak di siang hari. Selain itu ortho k telah terbukti memperlambat atau bahkan menghentikan perkembangan mata minus pada anak.

Baca Juga: Pengetahuan Penting tentang Mata Minus dan Terapi Mata Minus

Seberapa Efektifkah Ortho K?

Lensa ortho k meratakan kornea anda dengan lembut, memungkinkan cahaya masuk dan membiaskan dengan benar. Metode ini memberi anda penglihatan yang lebih baik dan lebih jelas. Ortho k bahkan telah terbukti memperlambat perkembangan mata minus dengan rata-rata 50%, manfaat penting yang mencegah kondisi memburuk. Mata minus yang sering terjadi pada anak-anak, merupakan masalah yang semakin meningkat.  Hal tersebut disebabkan meningkatnya jumlah waktu yang dihabiskan anak-anak di dalam ruangan untuk menatap layar digital, dengan paparan cahaya alami yang terbatas. Banyak orang tua khawatir dengan kebutuhan anak mereka untuk resep penglihatan baru setiap tahun, dan orang tua dan anak-anak terganggu oleh meningkatnya ketebalan lensa kacamata mereka. Oleh karena itu, ortho k menjadi solusi yang efektif untuk mata minus.

Selain itu, ortho k juga memberikan kebebasan kepada setiap orang yang tidak ingin diganggu oleh kacamata yang tidak nyaman. Bingkai selalu terjatuh atau tertinggal, dan kacamata atau perbaikan pengganti dapat menyebabkan biaya yang tidak murah. Lensa ortho k hanya dikenakan di malam hari ketika istirahat. Metode ini merupakan solusi yang baik dan nyaman bagi setiap orang yang memiliki permasalahan mata minus.

Apabila anda membutuhkan metode perawatan kesehatan mata dengan ortho k, segera hubungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan yang lengkap dengan peralatan medis yang canggih. Staff professional akan membantu anda mendapatkan perawatan kesehatan mata yang nyaman dan terpercaya. Segera dapatkan layanan kesehatan mata bersama Vio Optical Clinic dengan menghubungi kontak person kami di halaman ini.