Klinik Mata Jakarta – Eye floaters adalah bintik-bintik kecil di bidang penglihatan Anda yang mungkin terlihat seperti bintik hitam atau garis berlekuk-lekuk. Apa yang menyebabkan floaters mata? Floater pada mata biasanya muncul ketika zat seperti jeli yang mengisi bagian belakang mata Anda mencair dan menggumpal. Proses ini secara alami terjadi seiring dengan bertambahnya usia Anda. Anda biasanya tidak perlu mengkhawatirkan floaters pada mata, kecuali jika Anda melihat adanya peningkatan jumlah bintik-bintik yang tiba-tiba dan melihat kilatan cahaya. Hal tersebut mengharuskan Anda untuk pergi ke klinik gangguan mata. Tanda-tanda ini dapat mengindikasikan penyebab yang lebih parah dari floaters mata, yaitu ablasi retina.

Retina terletak di bagian belakang mata Anda. Baca terus untuk mengetahui tentang mata yang mengapung, termasuk penyebab dan kapan Anda harus khawatir.

Apa yang Dimaksud dengan Eye Floaters?

Floater mata pada dasarnya adalah bintik-bintik yang mengambang di bidang penglihatan Anda. Bintik-bintik ini dapat muncul sebagai sarang laba-laba, bintik-bintik, garis berlekuk-lekuk, atau benang. Eye floaters muncul ketika vitreus, atau zat seperti jeli yang mengisi bagian belakang mata, mulai mencair. Proses ini biasanya terjadi seiring berjalannya waktu.

Apa Saja Gejalanya?

Beberapa orang sangat mudah mengalami floaters. Hal ini mungkin disebabkan oleh kepribadian, pekerjaan, atau tingkat kesadaran visual Anda. Sebagian lainnya hampir tidak pernah menyadarinya. Mata floaters dapat terlihat seperti:

  • Gelembung
  • Gumpalan
  • Bintik-bintik
  • Benang

Mata berbayang umumnya tidak menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan, tetapi beberapa orang dapat memengaruhi kemampuan membaca. Orang sering kali pergi ke dokter mata (spesialis mata), dengan mengatakan bahwa mereka menepuk-nepuk serangga yang sebenarnya tidak ada di sana atau melihat bintik pada penglihatan mereka.

Apa yang Menyebabkan Eye Floaters?

Mata floaters adalah bagian dari proses penuaan. Seiring bertambahnya usia, vitreous mulai merekat, membentuk bayangan pada retina, lapisan jaringan yang terletak di bagian belakang bola mata. Retina mengubah apa yang Anda lihat menjadi sinyal listrik ke otak Anda. Bayangan ini disebut dengan mata floaters. Penyebab lain dari mata berbayang antara lain:

  • Ablasi retina: Hal ini terjadi ketika retina bergerak keluar dari posisi normalnya, melepaskan sedikit kilatan cahaya. Ablasi retina dapat menyebabkan peningkatan jumlah mata yang mengapung secara tiba-tiba. Jika tidak diobati, kondisi mata ini dapat menyebabkan kebutaan.
  • Uveitis: Ini adalah peradangan pada mata, yang biasanya terjadi ketika Anda mengalami infeksi mata. Uveitis merusak uvea, atau lapisan tengah mata Anda. Gejalanya meliputi penglihatan kabur, nyeri mata, dan sensitivitas terhadap cahaya.
  • Ablasi vitreus: Cairan seperti gel dalam mata Anda dapat terlepas. Seiring bertambahnya usia, serat-seratnya perlahan-lahan akan terlepas dari retina. Serat-serat ini dapat menimbulkan bayangan yang tampak seperti beberapa mata yang mengapung.

Baca Juga: Apakah Boleh Mengemudi Setelah Terdiagnosis Mengalami Katarak?

Faktor Risiko

Siapa pun dapat mengalami floaters mata, tetapi beberapa orang memiliki risiko lebih tinggi daripada yang lain. Faktor risiko meliputi:

  • Diabetes
  • Rabun jauh
  • Kehamilan dan perubahan hormon
  • Pembedahan untuk mengatasi katarak, atau kekeruhan pada lensa mata Anda
  • Trauma pada kepala atau mata (misalnya, cedera olahraga atau kecelakaan mobil)

Terkadang, Anda mungkin tidak menyadari adanya floaters pada mata, sedangkan pada orang lain, gejalanya akan terlihat lebih jelas. Floaters umumnya tidak menyakitkan, tetapi dapat mengganggu atau menjengkelkan. Jika floaters mempengaruhi penglihatan Anda, diskusikan gejala yang Anda alami dengan spesialis mata pada klinik gangguan mata untuk menentukan apakah Anda memerlukan perawatan.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah klinik gangguan mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.