Vio Optical Clinic – Banyak orang-orang yang mengalami low vision yang mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti memasak, berbelanja, mengelola keuangan, menonton televisi, membaca, dan kebutuhan perawatan diri. Mereka mungkin memiliki kekhawatiran tentang mencari atau mempertahankan pekerjaan, berurusan dengan teman dan anggota keluarga, berkeliling, dan berpartisipasi dalam kegiatan rekreasi, keagamaan, dan sosial. Orang tua mungkin memiliki kekhawatiran tentang pilihan akademis, karier, dan kehidupan anak tunanetra mereka.

Beberapa orang mungkin merasakan depresi. Jika Anda atau seseorang yang Anda rawat mengalami tanda-tanda depresi, segera hubungi ahli kesehatan untuk mendapatkan bantuan. Selain itu, mintalah dukungan dan rujukan dari ahli kesehatan mata Anda untuk mendapatkan nasihat, terapi, dan pilihan untuk mengatasi penglihatan yang berkurang. Ada banyak pilihan alat bantu penglihatan rendah dan banyak strategi yang telah terbukti untuk membantu seseorang menyesuaikan diri dengan penglihatan rendah. Hal ini dapat membantu orang memaksimalkan penglihatannya dan juga kemandiriannya.

Beberapa saran yang paling umum untuk mengatasi low vision adalah sebagai berikut:

Gunakan warna-warna yang kontras

Misalnya, gunakan taplak meja berwarna gelap dengan piring berwarna putih agar Anda dapat melihat tepi meja dan makanan dengan lebih jelas. Gunakan piring berwarna gelap untuk makanan berwarna terang, dan piring putih untuk makanan berwarna gelap. Beri label pada semuanya. Label atau stiker tebal dengan berbagai bentuk akan mudah dikenali dengan sedikit latihan.

Buatlah lebih besar

Banyak perusahaan menawarkan perangkat dengan tampilan layar yang besar, jam tangan dengan tampilan yang diperbesar, dan tombol-tombol yang lebih besar dan lebih mudah dibedakan satu sama lain. Hal ini dapat mempermudah Anda mengetahui waktu, mengganti saluran televisi, dan bahkan menimbang berat badan.

Jaga agar tetap teratur

Menempatkan barang di tempat yang tepat akan memudahkan Anda untuk menemukannya di lain waktu! Membangun organisasi dan disiplin akan membutuhkan waktu, tetapi setelah menjadi kebiasaan, kegiatan sehari-hari akan menjadi lebih mudah.

Cari bantuan

Mungkin langkah yang paling sulit dilakukan adalah meminta bantuan. Ada banyak orang di banyak toko yang bersedia dan mampu membantu orang dengan low vision. Bahkan orang yang lewat pun sering kali dengan senang hati membantu jika diminta. Ada juga banyak kelompok pendukung low vision yang beroperasi di pusat-pusat lansia, perpustakaan, dan rumah sakit yang akan menyambut Anda. Pergi ke klinik mata yang bisa mengatasi gangguan penglihatan seperti low vision.

Baca Juga: Perubahan Mata Saat Kehamilan: Wajib Tahu Bagaimana Kondisi Kesehatan Mata Ibu Hamil

Gunakan sistem teman

Penglihatan dekat sering terjadi pada orang dewasa yang menua. Karena salah satu efek samping dari low vision adalah perasaan kesepian, menemukan teman atau sistem pendukung di komunitas Anda bisa sangat membantu. Anda akan dapat mempelajari kiat dan trik yang telah berhasil bagi orang lain dalam situasi yang sama.

Berbaik hatilah pada diri sendiri

Mengatasi low vision tidaklah mudah. Mengembangkan trik dan metode Anda sendiri membutuhkan waktu dan usaha. Bersikaplah mudah terhadap diri sendiri dan teruslah mencoba. Pada akhirnya, dengan waktu dan kesabaran, Anda akan menemukan solusi terbaik untuk gangguan penglihatan spesifik Anda.

Berlatih

Setelah Anda memiliki metode yang tepat, latihlah metode tersebut. Misalnya saja seperti belajar mengendarai sepeda, semakin sering Anda berlatih, maka akan semakin mudah. Lebih baik untuk berlatih menggunakan alat bantu penglihatan, sehingga penglihatan Anda akan akan membaik dan semakin terbantu untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata yang berkaitan dengan low vision? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.