Klinik Mata Jakarta – Kebanyakan orang memahami pentingnya melindungi kulit mereka dari sinar matahari. Sayangnya, hanya sedikit yang ingat untuk melindungi mata mereka selama cuaca kering dan panas. Anda perlu memperhatikan mata Anda saat suhu udara meningkat. Mata sangat rentan terhadap kondisi panas dan kering. Tidak jarang orang-orang akan mengalami ketidaknyamanan saat berganti musim, mulai dari mata kering hingga mata berair. Jika sampai mengganggu aktivitas hingga berhari-hari sangat penting untuk membawanya pergi ke pusat terapi mata untuk mendapatkan pengobatan dan penanganan yang tepat.

Bagaimana Panas Bisa Mempengaruhi Penglihatan?

Berada di bawah sinar matahari terlalu lama dapat mempengaruhi penglihatan Anda. Kurangnya kelembaban akibat dehidrasi dapat menyulitkan mata Anda memproduksi air mata secara alami. Hal ini dapat menyebabkan mata kering musiman. Jika Anda sudah menderita sindrom mata kering, kondisi panas dan kering dapat memperburuk gejala mata yang teriritasi, perih, merah, dan gatal. Anda mungkin memutuskan untuk duduk di depan AC atau kipas angin untuk menghindari panas. Meskipun mungkin terasa menyenangkan pada saat itu, namun hal ini juga dapat menyebabkan mata menjadi lebih kering.

Anda mungkin ingin menyimpan air mata buatan untuk memberikan kelegaan sementara yang sangat dibutuhkan mata Anda. Beberapa kondisi mata akibat cuaca panas yang dapat mempengaruhi individu dari segala usia meliputi:

  • Alergi mata: Cuaca panas dan tingginya kadar polutan dan iritasi di udara meningkatkan risiko terkena alergi mata. Gejalanya dapat berupa gatal, kemerahan, dan sensasi terbakar. Sangat penting untuk pergi ke pusat terapi mata jika alergi semakin parah.
  • Mata kering: Kondisi panas dan kering dapat menyebabkan air mata menguap dengan cepat, yang dapat menyebabkan gejala mata kering seperti robek, sensasi terbakar, iritasi, dan kemerahan.
  • Bintitan: Ini adalah infeksi bakteri pada kelopak mata. Gejalanya meliputi pembengkakan di sekitar kelopak mata, kemerahan, dan nyeri. Kondisi ini cukup umum terjadi pada anak-anak; namun, orang dewasa juga lebih rentan mengalaminya selama musim panas dan kemarau.
  • Konjungtivitis: Selama musim panas, kondisi ini, yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus, lebih sering terjadi. Gejalanya meliputi mata berair, keluarnya kotoran, kemerahan, dan sensasi benda asing. Jika Anda atau seseorang di rumah Anda menderita konjungtivitis, Anda perlu memahami bahwa penyakit ini sangat menular. Konjungtivitis dapat menular dari satu orang ke orang lain melalui kontak atau berbagi benda-benda seperti kosmetik, sprei bantal, dan handuk.

Baca Juga: Zat Gizi Terbaik untuk Membantu Jaga Mata yang Sehat

Cara Menjaga Mata Saat Pergantian Musim Ekstrem

Selama Anda melakukan beberapa langkah sederhana untuk melindungi mata Anda selama cuaca panas dan kering, Anda masih bisa bersenang-senang di bawah sinar matahari.

Memakai Kacamata Hitam

Anda mungkin memahami pentingnya melindungi kulit Anda dari radiasi sinar UV. Namun, tahukah Anda bahwa Anda juga harus melindungi mata Anda? Radiasi ultraviolet berasal dari matahari. Radiasi ini dapat memantul pada permukaan tertentu, seperti pasir atau air. Untuk melindungi mata Anda dari UVR, Anda harus mengenakan kacamata hitam dengan perlindungan ultraviolet 100 persen saat berada di luar ruangan. Anda mungkin juga ingin mengenakan topi bertepi lebar.

Memakai Kacamata saat Berenang

Tidak ada yang lebih menyenangkan selain berenang di kolam renang saat cuaca panas dan kering. Namun, kolam renang dapat membuat mata Anda terasa perih karena bahan kimia yang digunakan untuk menjaga kebersihan air. Bahan kimia ini dapat merobek lapisan yang menjaga mata Anda tetap sehat dan lembab, yang dapat menyebabkan penglihatan kabur, rasa berpasir di mata, dan kemerahan.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah pusat terapi mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.