Vio Optical Clinic – Di era digital saat ini, sudah menjadi hal yang normal bagi orang untuk menghabiskan banyak waktu di depan layar, baik untuk bekerja atau bersantai. Peningkatan waktu di depan layar ini dapat menyebabkan masalah umum yang dikenal sebagai ketegangan mata, yang juga dikenal sebagai sindrom penglihatan komputer, adalah suatu kondisi yang terjadi ketika mata Anda menjadi lelah dan teriritasi akibat penggunaan yang terlalu lama. Sehingga, tidak kalah penting untuk selalu memeriksakan kondisi mata ke klinik mata pilihan terbaik Anda.

Berikut ini adalah beberapa penyebab umum ketegangan mata meliputi:

  • Menatap layar dalam waktu lama: Menatap layar digital dalam waktu yang lama dapat membuat mata Anda tegang karena fokus yang terus menerus dan paparan cahaya biru yang dipancarkan oleh perangkat elektronik.
  • Kondisi Pencahayaan yang Buruk: Pencahayaan yang tidak memadai atau berlebihan dapat menyebabkan ketegangan mata. Pencahayaan yang redup dapat memaksa mata Anda bekerja lebih keras, sementara pencahayaan yang terlalu terang dapat menyebabkan silau dan ketidaknyamanan.
  • Resep Kacamata yang Salah: Mengenakan kacamata resep yang salah atau tidak memakainya saat dibutuhkan dapat menambah beban pada mata Anda.
  • Pekerjaan Dekat yang Berlebihan: Melakukan pekerjaan yang membutuhkan fokus yang intens dalam jarak dekat, seperti membaca atau menjahit, dapat membuat otot-otot mata Anda tegang, sehingga menyebabkan kelelahan mata.

Gejala Ketegangan Mata

Gejala-gejala umum ketegangan mata meliputi:

  • Mata lelah atau sakit
  • Sakit kepala
  • Penglihatan kabur atau ganda
  • Mata kering atau berair

Meredakan Gejala Mata Tegang

Bahkan dengan tindakan pencegahan, ketegangan mata sesekali masih dapat terjadi. Berikut adalah beberapa strategi untuk meredakan gejalanya:

  • Istirahatkan Mata Anda: Beristirahatlah sejenak untuk mengistirahatkan mata Anda secara teratur. Pejamkan mata Anda selama beberapa menit atau lakukan latihan mata seperti berkedip dengan cepat atau fokus pada objek yang jauh untuk mengendurkan otot-otot mata.
  • Gunakan Kompres Hangat: Letakkan kompres hangat dengan lembut di atas kelopak mata yang tertutup selama beberapa menit. Rasa hangat dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan pada mata dan menenangkan mata yang lelah.
  • Gunakan Air Mata Buatan: Tetes mata pelumas, atau air mata buatan, dapat membantu meringankan kekeringan dan meredakan ketegangan mata untuk sementara. Pilihlah obat tetes yang bebas pengawet dan gunakan sesuai petunjuk.
  • Latihlah Teknik Relaksasi: Menggabungkan teknik relaksasi seperti pernapasan dalam, meditasi, atau yoga dapat membantu mengurangi tingkat stres secara keseluruhan, termasuk ketegangan pada mata Anda.

Peran Kacamata dan Kontak dalam Ketegangan Mata

Mengatasi masalah penglihatan sangat penting untuk mengurangi ketegangan mata:

  • Pentingnya memiliki resep terbaru: Pemeriksaan mata secara teratur di klinik mata, sehingga ahli mata akan memastikan kacamata atau lensa kontak Anda memberikan koreksi penglihatan yang akurat.
  • Lensa dan pelapis khusus: Lapisan anti-reflektif, lensa penyaring cahaya biru, atau kacamata komputer dapat membantu meminimalkan silau, menyaring cahaya biru yang berbahaya, atau mengoptimalkan fokus untuk penggunaan layar.

Baca Juga: Bisa Menyetir di Malam Hari Tanpa Khawatir Mata Buram, Bagaimana Caranya?

Mengapa Anda Perlu Menemui Spesialis Mata?

Sangatlah penting untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan mata, seperti spesialis mata, jika Anda mengalami gejala mata lelah yang menetap atau memburuk. Spesialis mata dilatih untuk mendiagnosis dan mengobati berbagai kondisi mata, termasuk yang berkaitan dengan ketegangan mata. Mereka memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan mata yang optimal karena bisa memantau kesehatan mata. Pemeriksaan mata secara teratur memungkinkan spesialis mata menilai kesehatan mata Anda secara keseluruhan dan mendeteksi potensi masalah. Diagnosis dini kondisi mata, seperti glaukoma atau katarak, dapat mengarah pada perawatan yang lebih efektif dan hasil yang lebih baik.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah klinik mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.