Orthokeratology – Kesalahan bias yang tidak dikoreksi merupakan salah satu penyebab hilangnya kemampuan visual dimana miopia adalah yang paling umum terjadi. Berdasarkan data penelitian, diperkirakan bahwa miopia saat ini telah mempengaruhi sekitar 30% dari populasi dunia. Dimana perkembangan miopia pada remaja dan anak anak juga meningkat. Oleh karena itu, menemukan sebuah terapi yang efektif untuk memperlambat perkembangan miopia sangatlah diperlukan. Dewasa ini, orthokeratology (ortho-k) menjadi satu metode perawatan untuk koreksi miopia yang populer dan bahkan mampu mengendalikan perkembangan miopia pada anak-anak dan remaja. Saat ini, ortokeratologi dianggap sebagai salah satu cara yang paling menjanjikan untuk mengendalikan kemajuan dan perkembangan miopia sejak dini.

Apa itu Orthokeratology?

Orthokeratology atau bisa disebut dengan ortho-k, adalah metode yang digunakan untuk memperbaiki miopia (rabun jauh). Dengan mengenakan lensa kontak permeable gas yang kaku semalaman, sehingga tidak perlu lagi menggunakan lensa korektif selama beraktifitas di siang hari. Lensa gas permeable (GP) yang dikhususkan untuk ortho-k dipakai pada waktu tidur dan dipakai saat anda tidur. Sepanjang malam, lensa akan membentuk kembali kornea anda dengan lembut sehingga penglihatan anda menjadi jelas di pagi hari berikutnya. Untuk mempertahankan ketajaman visual yang tajam setiap hari, anda harus mengenakan lensa orthokeratology setiap malam.

Lensa orthokeratology (ortho-k) juga dikenal sebagai sebuah perawatan non-bedah. Metode perawatan ortho-k menggunakan lensa kontak yang tepat dan berbentuk khusus untuk sementara membentuk kembali kornea. Proses tersebut berlangsung untuk menghilangkan miopia sehingga anda dapat melihat lebih baik dari kejauhan tanpa mengenakan kacamata atau lensa kontak biasa sepanjang hari. Lensa orthokeratology sangat efektif bagi anda dengan miopia dan ingin terlepas dari ketergantungan pada kacamata atau lensa kontak konvensional.

Baca Juga: Peran Penting dari Ortho K Dalam Mengatasi Miopia

Prosedur Orthokeratology

Langkah pertama dalam tahap perawatan orthokeratology dengan mengukur pembiasan mata, guna mengetahui tingkat miopia, miopia atau astigmatisme yang dimiliki. Selanjutnya, diperlukan pemetaan bentuk kornea mata menggunakan alat yang disebut topografi kornea. Berdasarkan peta digital mata tersebut, dokter mata anda akan menentukan bentuk lensa ortho-k sesuai dengan hasil pemetaan kornea anda. Kemudian serangkaian lensa ortho-k yang dirancang khusus sesuai dengan spesifikasi yang tepat untuk mata anda akan dibuat. Awalnya, lensa ortho-k dipakai sekitar delapan jam setiap hari sampai kornea dibentuk kembali. Dengan melakukan koreksi pada kesalahan refraksi sehingga dapat meningkatkan kemampuan visual anda.

Lensa ortho-k dipakai ketika anda tidur di malam hari, dan kemudian di lepas pada pagi hari. Setelah itu, lensa mungkin hanya perlu dipakai beberapa jam sehari selama sekitar tiga hari seminggu untuk menjaga kornea dalam bentuk yang baik. dengan pemakaian secara rutin dan berkala, ortho-k dapat membantu menghambat perkembangan miopia pada anak. Selain itu, ortho-k dapat digunakan oleh setiap orang dalam segala usia. Bahkan bagi para atlet olahraga ataupun seseorang yang bekerja di lingkungan berdebu dan membutuhkan ketajaman visual yang baik, ortho-k akan sangat membantu. Karena lensa orthokeratology mampu meningkatkan ketajaman visual serta menjaga visual yang jelas bagi setiap orang.

Siapa yang Bisa Menggunakan Orthokeratology?

Orang yang paling cocok untuk ortho-k adalah meraka yang memiliki miopia kurang dari -4,00 dioptri dan astigmatisme kurang dari -1,50 dioptri. Ortho-k aman untuk orang-orang dari segala usia. Lensa orthokeratology menjadi alternatif yang bagus bagi mereka yang terlalu muda untuk mempertimbangkan LASIK. Mereka yang mengalami perkembangan tingkat miopi, dan mereka yang terlibat dalam olahraga dimana kacamata dan leensa kontak dianggap kurang praktis. Namun perlu untuk diperhatikan, bahwa anda tetap perlu melakukan konsultasi dengan dokter mata sebelum menggunakan orthokeratology.

Vio Optical Clinic merupakan klinik kesehatan mata terpercaya dengan pelayanan yang professional. Kami memberikan pemeriksaan secara menyeluruh guna mengetahui kondisi kesehatan mata anda dengan baik. Vio Optical Clinic menyediakan berbagai layanan kesehatan mata seperti Orthokeratology, Low vision treatment, contact lens, dan lainnya. Segera dapatkan layanan kesehatan mata terbaik bersama Vio Optical Clinic dengan menghubungi kami di sini.