Ortho-K – Miopia telah menjadi masalah kelainan refraksi yang semakin umum. Permasalahan penglihatan ini telah menjadi masalah kesehatan masyarakat di seluruh dunia yang jumlah penderitanya terus meningkat. Miopia dapat dipengaruhi oleh berbagai hal termasuk lingkungan hingga faktor genetik. Penting untuk mencegah dan menghambat miopia berkembang semakin parah. Salah satu cara efektif untuk menghambat bahkan menghentikan perkembangan miopi yaitu dengan ortho-k.

Apa Itu Ortho-K?

Ortho-k atau orthokeratology adalah metode koreksi penglihatan tanpa operasi yang efektif. Metode ini menggunakan sepasang lensa kontak khusus yang membentuk ulang kornea saat pasien tidur. Melalui pemakaian lensa rutin setiap malam saat tidur, anda akan mendapatkan penglihatan yang sempurna di pagi hari ketika lensa dilepas. Lensa ortho-k adalah lensa khusus yang hanya dipakai saat tidur di malam hari untuk mengoreksi penglihatan dengan memperbaiki bentuk kornea secara signifikan. Ortho-k adalah pilihan koreksi penglihatan yang efektif untuk bisa melihat dengan baik sepanjang hari.

Bagaimana Cara Kerja Ortho-K?

Lensa ortho-k adalah lensa khusus yang ditujukan untuk memperbaiki masalah kelainan refraksi. Lensa ini memiliki lekukan pada bagian dalam yang secara khusus disesuaikan untuk setiap pasien. Desain lensa ortho-k disesuaikan dengan kebutuhan pasien. Hal tersebut tergantung pada kondisi pasien apakah mereka mengalami rabun, hiperopia dan astigmatisme. Apabila lensa biasa umumnya dipakai saat anda beraktivitas di pagi hari, ortho-k justru dipakai saat tidur di malam hari. Lensa ortho-k mampu mensuplai oksigen ke dalam mata, sehingga aman dipakai selama tidur.

Lensa ortho-k berfungsi untuk membentuk ulang kornea dengan lembut. Saat dipakai di malam hari, lapisan terluar mata yaitu epitel kornea, akan mulai menyesuaikan dengan bentuk lensa. Selanjutnya menghasilkan perubahan kelengkungan kornea yang mampu meningkatkan kenyamanan visual dengan penglihatan yang benar-benar normal. Efek koreksi penglihatan tersebut dapat berlangsung sepanjang hari. Anda dapat menjalani berbagai aktivitas dengan penglihatan yang jelas tanpa perlu bergantung pada kacamata atau lensa kontak. Untuk hasil optimal, ortho-k harus diterapkan rutin setiap malam.

Ortho-K Memperlambat Perkembangan Miopia

Ortho-k telah terbukti dapat memperlambat perkembangan miopia dengan efektif. Mengoreksi penglihatan saja tidaklah cukup, karena miopia cenderung berkembang terutama selama masa kanak-kanak. Pada orang dewasa yang menderita miopia dengan tingkat dioptri (D) tinggi, berisiko terkena penyakit mata yang parah. Seperti kondisi ablasio retina, degenerasi makula rabun jauh, dan glaukoma. Kondisi-kondisi tersebut dapat menyebabkan kehilangan penglihatan hingga kebutaan di kemudian hari. Oleh karena itu, memperlambat dan menghentikan perkembangan miopia penting dilakukan.

Baca Juga: Cegah Minus Bertambah Parah dengan Terapi Mata Minus Ortho-K

Ortho-k menjadi perawatan tepat untuk mengelola miopia dan mencegahnya berkembang ke tingkat yang berbahaya. Ortho-k telah terbukti efektif dalam memperlambat perkembangan miopia dan sangat nyaman bagi pemakainya. Lensa khusus pembentuk kornea ini menggunakan lensa kontak terapeutik. Sehingga, dengan memakai lensa ortho-k semalaman mampu memberikan penglihatan yang sempurna di siang hari. Lensa ortho-k menginduksi perubahan kelengkungan kornea dan kornea mempertahankan bentuk barunya. Hasilnya tidak hanya mencapai penglihatan yang jelas tanpa bantuan visual, tapi juga memperlambat miopia berkembang.

Kelebihan Ortho-K

Ortho-k adalah perawatan untuk koreksi penglihatan yang memiliki berbagai keunggulan. Ortho-k adalah satu-satunya metode yang memungkinkan penglihatan sempurna tanpa kacamata atau lensa kontak. Ini adalah pilihan yang sempurna untuk orang yang tidak ingin atau tidak dapat menjalani operasi dan membutuhkan kebebasan bergerak. Selain itu, efek lensa ortho-k dapat dibalik, ketika tidak lagi digunakan mata akan kembali ke keadaan normal sebelum perawatan dimulai.

Keuntungan menarik ortho-k yaitu ini adalah metode yang dapat memperlambat pertumbuhan miopia terutama pada anak-anak dan remaja. Ortho-k adalah metode ideal untuk mengoreksi masalah penglihatan anak-anak dan remaja. Tidak hanya dapat memberi mereka kebebasan untuk bermain atau berolahraga, tetapi juga berperan penting untuk mencegah terjadinya masalah visual. Ini adalah pilihan tepat sebagai pencegahan perkembangan miopia khususnya miopia progresif. Keunggulan ortho-k lainnya adalah tingkat keamanan dan kenyamanannya.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.