Klinik Gangguan Mata – Mata terkenal sebagai bagian tubuh yang pertama kali mengalami perubahan akibat penuaan. Kulit kelopak mata Anda dapat melemah seiring berjalannya waktu dan mulai mengendur, melorot, dan terlihat menggelambir. Hal ini sangat normal dan biasanya disebabkan oleh hilangnya dua protein yang sangat penting, yaitu elastin dan kolagen.

Namun, pada beberapa kasus, satu kelopak mata bisa lebih menggelambir daripada kelopak mata lainnya, atau kedua kelopak mata turun ke bawah secara signifikan. Kondisi ini, yang disebut ptosis, tidak hanya memengaruhi penampilan estetika wajah, tetapi juga dapat menyebabkan masalah penglihatan.

Untuk itu, harus segera membawanya pergi ke klinik gangguan mata, agar segera mendapatkan penanganan dan pengobatan. Salah satu penyebab paling umum dari masalah kosmetik ini adalah penuaan, tetapi terkadang kelopak mata yang menggelambir dapat berhubungan dengan kondisi medis yang mendasarinya.

Apa itu Kelopak Mata Turun (Ptosis)?

Ptosis, umumnya dikenal sebagai kelopak mata yang menggelambir, adalah suatu kondisi yang ditandai dengan posisi kelopak mata bagian atas yang tidak normal. Biasanya, kelopak mata ini menutupi sekitar 1mm kornea. Namun, pada beberapa kasus, kelopak mata dapat turun hingga menutupi pupil. Kondisi ini dapat memengaruhi salah satu atau kedua kelopak mata. Ptosis bukan hanya masalah estetika, tetapi juga dapat mengurangi atau bahkan menghalangi penglihatan normal.

Ada beberapa alasan yang dapat menyebabkan kelopak mata bagian atas menggelambir. Ada juga berbagai jenis kelopak mata yang dapat terjadi. Kondisi ini dapat terjadi sejak lahir (ptosis kongenital) atau Anda dapat mengalaminya di kemudian hari (ptosis yang didapat).

Penyebab Ptosis Kongenital

Sebagian anak terlahir dengan kelopak mata yang terkulai, dan hal ini disebut ptosis kongenital atau droopiness. Pada sebagian besar kasus, hal ini disebabkan oleh perkembangan otot yang tidak tepat yang bertanggung jawab untuk mengangkat kelopak mata. Anak-anak yang memiliki kelopak mata terkulai, juga lebih berisiko mengalami ambliopia. Ini adalah kondisi di mana penglihatan mata yang terkena berkurang. Kondisi ini lebih dikenal dengan sebutan mata malas.

Baca Juga: Tips Aman Pakai Make Up Mata: Menjaga Mata yang Sehat dan Cantik

Mengapa Seseorang Mengalami Ptosis?

Kelopak mata terkulai, atau ptosis yang didapat, merupakan kondisi yang dapat terjadi di kemudian hari. Kondisi ini dapat disebabkan oleh penuaan, cedera mata, atau akibat masalah medis. Berikut ini adalah informasi lebih lanjut tentang kemungkinan penyebab kelopak mata terkulai pada orang dewasa.

  • Penyebab paling umum kelopak mata terkulai pada orang dewasa adalah proses penuaan alami. Semakin tua usia Anda, otot dan kulit kelopak mata akan semakin lemah dan meregang.
  • Trauma mata. Beberapa cedera mata dapat merusak saraf yang bertanggung jawab untuk mengangkat kelopak mata yang pada gilirannya akan menyebabkan kelopak mata menggelambir. Anda juga dapat mengalami ptosis karena menggosok mata secara berlebihan.
  • Pembedahan mata. Kadang-kadang, ptosis kelopak mata atas terjadi sebagai efek samping dari operasi mata tertentu. Misalnya, operasi katarak, pada beberapa kasus, dapat menyebabkan peregangan otot kelopak mata dan akibatnya kelopak mata terkulai.
  • Penyakit medis. Kondisi kesehatan tertentu dapat menyebabkan kerusakan saraf pada otot kelopak mata dan membuat kelopak mata bagian atas terkulai.

Seringkali, kelopak mata atas mengendur dan terkulai hanya karena penuaan. Namun, Anda harus selalu berkonsultasi dengan pergi ke klinik gangguan mata, ketika Anda mengalami ptosis kelopak mata. Hal ini terutama penting jika kondisi ini muncul secara tiba-tiba dan disertai komplikasi lain seperti nyeri atau penglihatan ganda.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah klinik gangguan mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui berbagai layanan

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.