Terapi Mata Minus – Kesehatan mata sangatlah penting dan berpengaruh terhadap penglihatan yang dimiliki seseorang. Apabila mata tidak sehat, maka penglihatan bisa jadi buram, kabur dan tidak jelas. Menurunnya kualitas penglihatan anda akan berpengaruh terhadap rutinitas yang anda lakukan. Anda akan kesulitan dalam melihat objek atau benda yang ada di sekitar anda, bisa saja hal tersebut akan membuat anda melakukan kesalahan. Gangguan kesehatan mata yang umumnya sering terjadi adalah mata minus. Bahkan mata minus tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, anak-anak juga memiliki risiko tinggi terhadap mata minus.

Mata minus seringkali dialami seseorang dan tanpa disadari telah memiliki tingkat yang tinggi. Kebiasan yang kita lakukan setiap hari, tanpa disadari dapat memicu timbulnya mata minus. Semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan gadget yang telah menjadi kebutuhan hidup setiap orang. Seringkali kita jumpai banyak orang yang memainkan gadget baik untuk bermain di social media, bermain game ataupun sekedar mencari informasi dan lain sebagainya. Menatap layar handphone dalam jangka waktu yang lama, ditambah posisi duduk yang tidak sempurna berakibat pada gangguan mata minus. Tidak hanya itu, menatap layar komputer, tv, membaca buku terlalu lama dapat menjadi penyebab mata minus.

Apa Itu Mata Minus?

Mata minus juga dikenal dengan miopi merupakan gangguan kesehatan mata yang menyebabkan mata tidak dapat melihat benda yang berada jauh. Sinar yang direfleksikan dari sebuah objek masuk ke mata melalui kornea dimana kemudian cahaya tersebut difokuskan oleh lensa mata ke retina. Pada mata yang normal, lensa mata dan kornea akan membiaskan cahaya yang masuk sehingga bayangan objek difokuskan tepat di retina. Sedangkan pada mata minus, cahaya yang masuk tidak dapat fokus di retina, namun terletak jauh di depannya. Hal itu disebabkan karena kornea yang terlalu cembung atau panjang bola mata yang terlalu besar. Sehingga memicu terjadinya mata minus, pada saat melihat objek dari jarak jauh, objek akan terlihat tidak fokus atau buram.

Baca Juga: Vision Therapy sebagai Solusi Tepat untuk Penderita Dry Eye

Mata minus memberikan dampak yang kurang baik bagi kehidupan anda apabila tidak dikenali secara dini. Dalam hal ini, seseorang yang memiliki mata minus dapat menurunkan produktifitas mereka. Seperti yang sering terjadi pada anak-anak dengan mata minus, dimana mereka cenderung kesulitan dalam membaca. Hal tersebut juga berpengaruh dalam proses belajar anak, sehingga berakibat pada menurunnya nilai akademik mereka. Untuk itu, kenali gejala-gejala berikut ini agar anda dapat mendeteksi mata minus secara dini.

  1. Kesulitan saat melihat sesuatu dari jarak jauh namun jelas saat melihat jarak dekat
  2. Memicingkan mata saat melihat sesuatu
  3. Kesulitan melihat saat mengendarai kendaraan
  4. Perlu duduk dekat dengan papan tulis (miopia pada anak) untuk melihat jelas
  5. Ketika menonton televisi harus dekat agar dapat terlihat jelas
  6. Mata terasa tegang
  7. Mata terasa lelah
  8. Sakit kepala
  9. Sering mengucek mata
  10. Mata sering berkedip

Terapi Mata Minus

Dalam mengatasi permasalahan mata minus, anda dapat melakukan terapi mata minus pada layanan kesehatan mata. Biasanya, dalam terapi mata minus akan disarankan menggunakan kacamata atau lensa kontak. Kacamata dan lensa kontak akan disesuaikan dengan tingkat mata minus yang dialami. Selain itu, anda juga dapat mencari terapi mata minus yang lebih efektif seperti orthokeratology. Penggunaan lensa orthokeratology ataupun Ortho K semakin populer dalam terapi mata minus. Selain melakukan terapi mata minus, anda juga perlu menerapkan pola hidup dan gaya hidup sehat. Perbanyak mengonsumsi buah dan sayur dengan vitamin A dan mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat memicu mata minus.

Anda membutuhkan terapi mata minus terbaik? Segera hubungi Vio Optical Clinic di sini, klinik kesehatan mata professional dan terpercaya. Dilengkapi dengan berbagai peralatan medis canggih dan lengkap. Pemeriksaan menyeluruh yang dilakukan oleh staff professional. Percayakan kesehatan mata anda bersama Vio Optical Clinic.