Vision Therapy – Keratitis merupakan salah satu gangguan penglihatan yang seringkali terjadi, sebab terdapat peradangan pada kornea mata. Pada umumnya, keadaan seperti ini gejala awalnya adalah mata merah yang disertai dengan mata nyeri. Penyebabnya sendiri cukup bermacam-macam, mulai dari mengalami cedera hingga terkena infeksi. Apabila Anda ingin segera menyembuhkannya, lebih baik segera mendatangi ahli atau spesialis mata untuk mendapatkan vision therapy yang tepat. Ketika membicarakan tentang keratitis, maka pastinya akan berkaitan dengan yang namanya bagian mata yaitu kornea.

Kornea merupakan lapisan terluar dari organ mata yang memiliki tugas untuk memberikan perlindungan mata dari berbagai partikel yang bisa masuk dan melukai mata, seperti halnya kuman dan debu. Lalu, bagaimana bisa kornea mata ini mengalami sebuah peradangan? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut ini yang akan membahas lebih lanjut mengenai apa itu gangguan penglihatan keratitis.

Gangguan Penglihatan Keratitis

Keratitis merupakan keadaan pada saat kornea mata mengalami suatu peradangan. Kondisi seperti ini seringkali terjadi ketika seseorang memakai lensa kontak. Karena ternyata penggunaan lensa kontak dalam jangka waktu yang lama, bahkan bisa sampai dipakai hingga tidur adalah kebiasaan yang sangat mungkin untuk berpotensi merusak mata.

Kornea mata merupakan bagian yang sangat penting dari organ mata, yang mana ketika terdapat infeksi maupun luka yang terjadi pada kornea bisa menjadi penyebab dari fungsi mata yang terganggu. Oleh karena itu, sangat penting untuk segera pergi ke spesialis mata untuk mendapatkan penanganan vision therapy yang tepat jika mengalami perih maupun gejala mata merah yang tidak lekas membaik.

Apa Penyebab Keratitis?

Jika dilihat dari penyebabnya keratitis bisa dibedakan menjadi dua jenis, yakni gerak tipis akibat infeksi dan keratitis non infeksius.

  • Keratitis Infeksius, merupakan jenis keratitis yang dikarenakan infeksi kuman, seperti virus, jamur, bakteri, hingga parasit. Selain itu, juga terdapat beberapa kuman yang bisa beresiko menyebabkan keratitis, seperti virus Herpes Simplex, Varicella Zoster, dan adenovirus. Jamur candida, Aspergillus, dan fusarium, untuk bakterinya adalah Staphylococcus aureus dan pseudomonas aeruginosa, serta parasit jenis acanthamoeba. Infeksi keratitis ini bisa menular dari kontak langsung, contohnya pada saat seseorang menyentuh mata sesudah menyentuh ruam herpes maupun objek yang telah terinfeksi kuman tanpa terlebih dahulu mencuci tangan.
  • Keratitis Non Infeksius, biasanya jenis keratitis ini disebabkan karena kekurangan vitamin A, penggunaan lensa kontak yang kurang tepat, penurunan daya tahan tubuh, sindrom mata kering, paparan sinar matahari berlebihan, dan cedera pada kornea karena goresan benda asing. Jenis keratitis yang satu ini tidak bisa menular. Penyebab keratitis non infeksius yang paling sering adalah karena terdapat cedera maupun goresan. Tetapi goresan seperti ini sangat penting untuk diwaspadai supaya tidak menimbulkan infeksi pada kornea mata.

Baca Juga: Mengapa Seseorang Bisa Mengalami Low Vision?

Seperti Apa Gejala Keratitis?

Ciri-ciri keratitis bisa bermacam-macam tergantung dari penyebab dan kondisi kornea mata. Selain mata merah dan rasa perih, terdapat berbagai gejala lain yang biasanya dialami oleh pasien keratitis, yakni:

  • Mata gatal
  • Mata lebih sensitif pada cahaya
  • Mata bengkak
  • Mata berair dan mengeluarkan kotoran
  • Kesulitan untuk membuka mata
  • Merasa silau
  • Sensasi mengganjal pada mata
  • Muncul sensasi Terbakar pada mata
  • Penglihatan yang buram atau tidak fokus
  • Terlihat ada hipopion atau kumpulan nanah pada mata

Penting untuk diingat bahwa apa jika tidak segera ditangani dengan baik, akan ada komplikasi komplikasi yang bisa terjadi karena keratitis, misalnya seperti penurunan kemampuan fungsi penglihatan baik sementara maupun permanen.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah klinik kesehatan mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.