Vision Therapy – Terapi penglihatan atau vision therapy tidak hanya mengenai penggunaan aktivitas penglihatan untuk meningkatkan sistem visual anda. Hal ini juga berhubungan dengan penggunaan lensa khusus pada kacamata untuk membantu seseorang dengan berbagai masalah penglihatan. Kacamata biasanya akan diresepkan oleh ahli optometri, yang dirancang khusus untuk anda agar bisa meningkatkan ketajaman visual.

Manfaat dan Fungsi Kacamata

Kacamata merupakan alat yang bertujuan untuk membantu seseorang agar bisa membaca dan melihat suatu objek dengan jelas. Kacamata juga berfungsi untuk menghindari kontak secara langsung dari paparan sinar UV, debu dan sinar biru pada perangkat digital. Kacamata sangat dibutuhkan oleh seseorang dengan permasalahan penglihatannya seperti menurunnya ketajaman visual. Selain itu, kacamata sangat bermanfaat bagi seseorang yang memiliki masalah kelainan refraksi atau hanya untuk melindungi mata. umumnya, kacamata terdiri dari dua komponen yang berbeda diantaranya frame dan lensa.

Frame atau rangka kacamata bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Bahkan anda bisa mengikuti trend model frame terkini yang disukai. Sedangkan, untuk bagian lensa tidak harus mengikuti anjuran kebutuhan kondisi gangguan mata yang anda derita. Dengan lensa, anda bisa merasakan manfaat kacamata yang akan membantu penglihatan yang jelas. apalagi sekarang ini banyak anak di usia muda yang memiliki masalah penglihatan mata karena penggunaan teknologi yang berlebihan seperti bermain gadget terlalu lama. Sehingga diperlukan kacamata anti radiasi untuk menjaga mata dari paparan sinar biru perangkat digital. Hal ini bertujuan agar mata anda bisa terhindar dari risiko gangguan penglihatan.

Baca Juga: Menurunnya Ketajaman Visual Akibat dari Low Vision

Jenis Lensa Kacamata

Pemilihan jenis lensa kacamata yang tepat adalah suatu hal yang mutlak bagi setiap pengguna kacamata. Pemakaian kacamata sangatlah penting dan dibutuhkan oleh setiap orang yang memiliki berbagai masalah penglihatan, seperti rabun dekat, rabun jauh, dan lain sebagainya. Terdapat beragam jenis lensa kacamata yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Jenis lensa yang bisa dipilih berdasarkan fungsinya yaitu:

1. Lensa kacamata single vision

Lensa kacamata tunggal hanya terdiri dari satu titik fokus yang memiliki tujuan untuk memperbaiki gangguan penglihatan untuk satu ukuran saja. Jenis lensa kacamata seperti ini biasanya digunakan untuk seseorang dengan keluhan, seperti rabun jauh dengan lensa minus. Kemudian rabun dekat atau hipermetropia dengan lensa positif atau plus, serta penglihatan berbayang atau astigmatisma dengan lensa silinder. Jenis lensa kacamata tunggal tersedia dalam berbagai material atau bahan, seperti plastik atau kaca.

2. Lensa kacamata multifocal

Lensa kacamata multifocal didesain khusus untuk bisa mengoreksi penglihatan dalam jarak jauh dan jarak dekat. Jenis lensa kacamata ini ditujukan bagi orang dengan masalah penglihatan presbiopi. Masalah gangguan penglihatan seperti ini umumnya terjadi karena berkurangnya kemampuan fokus mata pada objek dekat. Dimana hal seperti ini sering muncul seiring bertambahnya usia. Jenis lensa kacamata multifocal yang bisa dipilih terdiri dari berbagai jenis seperti:

  • Lensa kacamata bifocal

Lensa yang memiliki dua titik fokus pada bagian atas lensa. Hal tersebut bertujuan untuk memperjelas penglihatan pada jarak jauh. Kemudian lensa pada bagian bawah yang berfungsi untuk memperjelas penglihatan pada jarak dekat.

  • Lensa kacamata trifokal atau progesif

Lensa kacamata dengan tiga titik fokus yang berbeda. Dimana pada bagian atas berfungsi untuk memperjelas penglihatan jarak jauh. Kemudian pada bagian tengah bertujuan untuk memperjelas penglihatan jarak menengah. Serta pada bagian bawah berfungsi untuk memperjelas penglihatan dalam jarak dekat. Lensa kacamata trifokal biasanya disebut juga dengan lensa kacamata progresif.

  • Lensa kacamatanon-progressive

Lensa ini adalah kebalikan dari lensa kacamata progresif, yang mana memungkinkan seseorang untuk bisa melihat tiga titik fokus yang berbeda tanpa adanya garis pembatas. Jenis lensa kacamata ini seringkali dikenal juga sebagai no-line bifocal atau no-line trifocal.

  • Lensa kacamata kantor

Jenis lensa kacamata satu ini dirancang khusus bagi orang-orang yang kerap beraktivitas di depan layar monitor komputer dalam waktu yang lama.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera hubungi atau kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.