Klinik Mata Jakarta – Aphantasia adalah sebuah fenomena di mana orang tidak dapat memvisualisasikan citra. Sementara kebanyakan orang dapat membayangkan sebuah gambar pemandangan atau wajah dalam pikiran mereka, penderita Aphantasia tidak bisa. Bayangkan hari itu adalah hari musim panas yang hangat dan Anda sedang duduk di sisi kolam renang. Matahari bersinar dan ada anak-anak yang tertawa dan bermain air. Sehingga, untuk kondisi seperti ini Anda bisa membawanya pergi ke klinik mata terbaik seperti VIO OPTICAL.

Apa yang Dilihat oleh Orang dengan Aphantasia?

Jika Anda mengalami Aphantasia, Anda mungkin tidak dapat memvisualisasikan jenis gambar apa pun di kepala Anda. Aphantasia diyakini jarang terjadi, dan mempengaruhi sekitar 1% hingga 3% populasi. Orang-orang ini tidak memiliki “mata pikiran”, atau imajinasi mereka pada dasarnya buta. Kemampuan untuk memvisualisasikan peristiwa dan gambar memainkan peran penting dalam kehidupan manusia.

Orang sering memvisualisasikan pemandangan, orang, pengalaman, imajinasi, objek, dan acara yang direncanakan, di antara hal-hal lainnya. Ketika Anda berpikir tentang seorang teman, misalnya, Anda mungkin akan langsung membayangkan wajah mereka di dalam pikiran Anda. Orang dengan Aphantasia tidak dapat memvisualisasikan gambaran mental seperti itu. Jika Anda meminta orang dengan Aphantasia untuk membayangkan sesuatu, mereka mungkin dapat mendeskripsikan objek tersebut, menjelaskan konsepnya, dan menyebutkan fakta-fakta yang mereka ketahui tentang objek tersebut. Namun, mereka tidak akan dapat mengalami gambaran mental apa pun yang menyertai pengetahuan ini.

Tanda-Tanda Aphantasia

Apakah Anda merasa bahwa Anda mungkin menderita Aphantasia? Pertimbangkan pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Pikirkan seorang teman atau anggota keluarga. Coba bayangkan wajah mereka dalam pikiran Anda. Seberapa jelas Anda dapat melihat ciri-ciri, wajah, rambut, dan bentuk tubuh mereka?
  • Seberapa jelas Anda bisa membayangkan gerakan dan gerak tubuh mereka yang khas?
  • Seberapa jelas Anda dapat membayangkan pakaian orang tersebut?
  • Jika Anda kesulitan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Anda mungkin menderita Aphantasia.

Apakah Aphantasia adalah Jenis Autisme?

Beberapa bukti menunjukkan bahwa orang dengan Aphantasia mungkin juga lebih mungkin mengalami ciri-ciri yang terkait dengan autisme, termasuk gangguan keterampilan sosial dan penurunan daya imajinasi. Meskipun Aphantasia mungkin lebih sering terjadi pada autisme, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah Aphantasia terkait dengan kondisi mental lainnya. Aphantasia bukanlah suatu bentuk penyakit mental, melainkan merupakan variasi dalam pemrosesan dan pengalaman kognitif.

Baca Juga: Vision Therapy untuk Langkah Awal Pemulihan Penglihatan yang Lebih Baik

Beberapa dari mereka yang terkena dampak kondisi ini juga melaporkan kesulitan saat mengenali wajah atau menavigasi ruang. Ada juga yang berpendapat bahwa kurangnya memori visual ini mungkin memiliki beberapa keuntungan. Karena aphantasia menyebabkan kurangnya citra visual, orang mungkin tidak akan terganggu oleh ingatan yang mengganggu atau kilas balik yang mengganggu. Namun, setidaknya satu penelitian telah menemukan bahwa memiliki Aphantasia tidak melindungi orang dari gejala trauma.

Aphantasia dan Memori

Ketika orang biasanya mengisyaratkan sebuah memori, mereka sering kali dapat membayangkan peristiwa-peristiwa seolah-olah mereka sedang memutar ulang video dari pengalaman tersebut. Mereka sering mengingat citra spesifik yang menonjol tentang memori tersebut. Bagi penderita Aphantasia, ingatan tentang peristiwa seringkali hanya terdiri dari daftar fakta. Meskipun sifat dan dampak pasti dari kondisi ini belum jelas, penelitian menunjukkan bahwa aphantasia mungkin memiliki dampak negatif pada ingatan.

Seseorang dengan Aphantasia mungkin mengingat hari pernikahan mereka, nama-nama orang yang hadir, dan bahkan cuaca pada hari itu, tetapi mereka tidak dapat membentuk gambaran mental tentang kejadian-kejadian dalam peristiwa tersebut. Sehingga, lebih baik untuk segera memeriksakannya ke klinik mata dengan kualitas tinggi seperti VIO OPTICAL dengan Ortho K sebagai andalannya.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO OPTICAL adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui berbagai layanannya yang berkualitas tinggi.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.